I.E.K
Rabu, 12 Februari 2020 - 16:05 WIB

Layanan Agen BRI Link, Buat Masyarakat Jarang Transaksi Ke Bank

Foto/Dok-BRI/ECONOMICZONE
Foto/Dok-BRI/ECONOMICZONE

ECONOMIC ZONE - Layanan keuangan Agen BRILink tanpa kantor (branchless banking) terbukti mendukung keuangan inklusif di tengah masyarakat. Keberadaannya telah mengurangi transaksi di jaringan kantor konvensional milik Bank BRI. Hingga akhir tahun 2019, tercatat transaksi di kantor cabang BRI menjadi 10,1% dari seluruh total transaksi atau turun dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu sebesar 14,9%.

“Salah satu faktor yang membuat masyarakat kian jarang bertransaksi di kantor cabang BRI diantaranya pesatnya pertumbuhan transaksi menggunakan e-channel BRI, salah satunya Agen BRILink yang mencapai 422.160 agen di seluruh Indonesia. Hingga akhir tahun 2019, jumlah transaksi finansial Agen BRILink mencapai 521 juta transaksi, atau tumbuh 37,6% year on year. Pertumbuhan yang pesat ini disebabkan oleh pengembangan fitur secara terus menerus sehingga masyarakat semakin dimudahkan dalam transaksi keuangan sehingga tidak perlu lagi datang ke kantor cabang konvensional,” kata Corporate Secretary Bank BRI, Amam Sukriyanto di Jakarta, Rabu (12/2).

Menurutnya, Perluasan cakupan wilayah juga mempengaruhi pesatnya pertumbuhan transaksi finasial Agen BRILink. Saat ini Agen BRILink sudah terdapat di 51.661 desa di seluruh Indonesia, dimana hal tersebut tentunya semakin mendekatkan akses keuangan kepada seluruh lapisan masyarakat. Ada beberapa alasan mengapa masyarakat mulai beralih bertransaksi melalui Agen BRILink dibandingkan di kantor cabang konvensional. 

“Yang pertama, tentunya akses atau faktor kedekatan dengan tempat tinggal berpengaruh. Disamping itu, apabila nasabah bertransaksi di Agen BRILink tidak perlu dandan atau berpakaian rapi, serta Agen BRILink mempunyai fleksibilitas dalam hal jam pelayanan dibandingkan dengan kantor cabang BRI,” jelasnya.

Faktor lain yang membuat nasabah BRI kian malas mendatangi kantor cabang adalah layanan digital banking milik Bank BRI. Hingga akhir tahun 2019 transaksi Mobile Banking BRI tercatat sebesar 370,5 juta transaksi atau tumbuh 16,7% yoy sedangkan Internet Banking BRI tercatat 1,1 miliar transaksi, tumbuh 103,4% yoy. Ini mencerminkan bahwa masyarakat semakin menggemari transaksi digital banking milik Bank BRI yang menawarkan kemudahan, kenyamanan dan keamanan.

 

Komentar

Berita Lainnya

 
Nasional
20 jam yang lalu
Program Berbagi ‘Berkah MyPertamina 2020’ dengan Hadiah Miliaran
 Mendukung skema pembayaran non tunai ini, PT Pertamina (persero) pun turut mengadakan program Berbagi Berkah My Pertamina
 
Nasional
16/02/2020 18:53 WIB
Batik Air Sambut Kedatangan Awak Pesawat yang Menjemput WNI dari Natuna
Batik Air menyambut kedatangan 18 awak pesawat yang telah selesai menjalani rangkaian protokol kesehatan yaitu karantina dan observasi, di natuna, Kepulauan Riau.
 
Nasional
16/02/2020 07:52 WIB
RedDoorz Penuhi Resolusi Awal Tahun Jelajahi Destinasi Wisata di Indonesia
Awal tahun merupakan saat ketika banyak orang memiliki banyak harapan dan keinginan yang ingin diwujudkan sepanjang tahun.
 
Nasional
13/02/2020 15:12 WIB
Adira Insurance Gandeng Universitas Multimedia Nusantara
Untuk turut berkontribusi mempersiapkan generasi yang mampu bersaing di Indonesia, PT. Asuransi Adira Dinamika Tbk (Adira Insurance) kembali menggulirkan Adira Insurance Cooperative Education Program (AICOP).
 
Nasional
13/02/2020 15:06 WIB
Alianz Life dan Maybank Indonesia Perkenalkan Asuransi SmartProtection
Allianz Life dan Maybank Indonesia perkenalkan perlindungan asuransi jiwa yaitu SmartProtection dan SmartProtection iB, untuk nasabah Maybank yang melakukan pinjaman untuk pembiayaan, baik dalam varian produk konvensional maupun syariah.
 
Nasional
12/02/2020 18:24 WIB
BUMN Gelar Program Magang Mahasiswa Bersertifikat, Wujudkan SDM Unggul
Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melalui Forum Human Capital Indonesia (FHCI) kembali melakukan Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB). Program ini dihadiri oleh direksi dari 143 BUMN, mahasiswa, rektor dari 300 PTN/PTS dari seluruh Tanah Air. 
 
Nasional
12/02/2020 18:20 WIB
Rebranding Logo Semen Indonesia Group
PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) melakukan rebranding menjadi Semen Indonesia Group (SIG). Aksi korporasi itu ditandai dengan peluncuran logo baru SIG yang diluncurkan di Jakarta Convention Centre (JCC), Selasa (11/2).