I.E.K
Rabu, 12 Februari 2020 - 16:05 WIB

Layanan Agen BRI Link, Buat Masyarakat Jarang Transaksi Ke Bank

Foto/Dok-BRI/ECONOMICZONE
Foto/Dok-BRI/ECONOMICZONE

ECONOMIC ZONE - Layanan keuangan Agen BRILink tanpa kantor (branchless banking) terbukti mendukung keuangan inklusif di tengah masyarakat. Keberadaannya telah mengurangi transaksi di jaringan kantor konvensional milik Bank BRI. Hingga akhir tahun 2019, tercatat transaksi di kantor cabang BRI menjadi 10,1% dari seluruh total transaksi atau turun dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu sebesar 14,9%.

“Salah satu faktor yang membuat masyarakat kian jarang bertransaksi di kantor cabang BRI diantaranya pesatnya pertumbuhan transaksi menggunakan e-channel BRI, salah satunya Agen BRILink yang mencapai 422.160 agen di seluruh Indonesia. Hingga akhir tahun 2019, jumlah transaksi finansial Agen BRILink mencapai 521 juta transaksi, atau tumbuh 37,6% year on year. Pertumbuhan yang pesat ini disebabkan oleh pengembangan fitur secara terus menerus sehingga masyarakat semakin dimudahkan dalam transaksi keuangan sehingga tidak perlu lagi datang ke kantor cabang konvensional,” kata Corporate Secretary Bank BRI, Amam Sukriyanto di Jakarta, Rabu (12/2).

Menurutnya, Perluasan cakupan wilayah juga mempengaruhi pesatnya pertumbuhan transaksi finasial Agen BRILink. Saat ini Agen BRILink sudah terdapat di 51.661 desa di seluruh Indonesia, dimana hal tersebut tentunya semakin mendekatkan akses keuangan kepada seluruh lapisan masyarakat. Ada beberapa alasan mengapa masyarakat mulai beralih bertransaksi melalui Agen BRILink dibandingkan di kantor cabang konvensional. 

“Yang pertama, tentunya akses atau faktor kedekatan dengan tempat tinggal berpengaruh. Disamping itu, apabila nasabah bertransaksi di Agen BRILink tidak perlu dandan atau berpakaian rapi, serta Agen BRILink mempunyai fleksibilitas dalam hal jam pelayanan dibandingkan dengan kantor cabang BRI,” jelasnya.

Faktor lain yang membuat nasabah BRI kian malas mendatangi kantor cabang adalah layanan digital banking milik Bank BRI. Hingga akhir tahun 2019 transaksi Mobile Banking BRI tercatat sebesar 370,5 juta transaksi atau tumbuh 16,7% yoy sedangkan Internet Banking BRI tercatat 1,1 miliar transaksi, tumbuh 103,4% yoy. Ini mencerminkan bahwa masyarakat semakin menggemari transaksi digital banking milik Bank BRI yang menawarkan kemudahan, kenyamanan dan keamanan.

 

Komentar

Berita Lainnya

 
Nasional
2 jam yang lalu
Meski Ada Lonjakan, Stok Pangan Bulog Selalu Tersedia
Pemerintah melalui Perum BULOG memastikan mampu mengatasi kebutuhan lonjakan pangan yang tak terduga.
 
Nasional
29/03/2020 08:50 WIB
Curhatan Erick Thohir Hadapi Covid-19
Apa Kabar? Semoga kalian tetap sehat dan terjaga di rumah kalian. Saya duduk di sini, bukan sebagai Menteri BUMN, tetapi sebagai, seorang ayah bagi 4 anak saya, seorang suami, dan juga seorang anak dari Ibu saya
 
Nasional
28/03/2020 20:33 WIB
Demi Mitigasi Covid-19, KAI Batalkan Sejumlah Perjalanan
KAI mengurangi perjalanan sebanyak 103 perjalanan KA per hari mulai 2 April 2020, sehingga jumlah perjalanan KA perharinya turun dari 532 KA per hari menjadi 429 KA per hari,” ujar VP Public Relations KAI, Yuskal Setiawan di Jakarta, ditulis Sabtu (28/3).
 
Nasional
28/03/2020 20:21 WIB
Kantor PLN Siapkan Bilik Desinfektan Untuk Karyawan Dan Tamu
PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) menyediakan bilik penyemprotan desinfektan untuk pegawai di kantor-kantor PLN. Hal ini merupakan tindakan preventif untuk mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19.
 
Nasional
28/03/2020 18:20 WIB
Bukit Asam Terima dan Salurkan Bantuan Alat Medis
PT Bukit Asam Tbk menerima bantuan alat kesehatan dari China Huadian yang merupakan mitra kerja PT Bukit Asam Tbk. Bantuan ini diserahkan oleh Representative China Huadian, Zhou Qingke kepada Direktur Utama PT Bukit Asam Tbk, Arviyan Arifin dengan disaksikan oleh Menteri BUMN, Erick…
 
Nasional
27/03/2020 19:17 WIB
vivo V19 Sudah Bisa di Beli Hari Ini
vivo Indonesia secara resmi mengumumkan penjualan vivo V19 mulai tanggal 25 Maret 2020. Setelah diperkenalkan secara resmi dan memulai masa pre-order pada 10 Maret lalu
 
Nasional
27/03/2020 19:06 WIB
Kampanye #TetapTerjaga, Langkah Terbaru Bluebird Dalam Hadapi Penyebaran Virus Corona
Menyusul dengan perkembangan dari status pandemic virus Corona atau COVID-19 secara global, khususnya himbauan social distancing di Indonesia, PT Blue Bird Tbk sebagai penyedia transportasi terdepan di Indonesia, pada hari ini Bluebird memperkenalkan program layanan Bluebird COD…