I.E.K
Selasa, 11 Februari 2020 - 18:56 WIB

RDP BUMN Kepelabuhanan, Integrasikan Intermoda dan Saling Terkoneksi

Foto/Ist/ECONOMICZONE
Foto/Ist/ECONOMICZONE

ECONOMIC ZONE - Dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) yang dipimpin Wakil Ketua Komisi VI DPR RI, Gde Sumarjaya Linggih meminta PT Pelindo I hingga IV untuk meningkatkan kinerja perusahaan dan mengembangkan jasa pelabuhan antara lain dengan peningkatan sistem jaringan dan layanan transportasi yang terintegrasi secara intermoda dan terkoneksi ke seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Komisi VI juga meminta agar Pelindo I hingga IV memerhatikan aspek dwelling time agar dapat mempermudah proses ekspor dibandingkan proses impor.

“PT Pelabuhan Indonesia juga diminta untuk mengimplementasikan digitalisasi industri 4.0 dalam rangka mendukung pelayanan bisnis terbaik, serta melakukan deregulasi sistem ekspor impor yang terkait dengan kemudahan pelayanan jasa kepelabuhanan,” kata Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero), Farid Padang kepada wartawan, Selasa (11/2).

Pelindo IV tahun ini memiliki enam pelabuhan yang akan ditingkatkan statusnya dari pelabuhan penumpang menjadi terminal petikemas atau pelabuhan multipurpose. Enam pelabuhan tersebut yaitu Pelabuhan Sorong, Tarakan, Ternate, Kendari, Manokwari dan Pelabuhan Merauke. 

“Untuk Pelabuhan Sorong akan dilakukan pengembangan dermaga, perkerasan Container Yard (CY) atau lapangan penumpukan seluas 5 ha dan investasi alat. Sedangkan di Pelabuhan Tarakan, Ternate, Kendari, Manokwari dan di Pelabuhan Merauke, dilakukan pengembangan dermaga, perkerasan CY, reklamasi CY, pembuatan mooring dolphin dan catwalk, juga untuk pengadaan alat di pelabuhan,” terangnya.

Sebenarnya 9 pelabuhan ditingkatkan statusnya dari hanya pelabuhan penumpang menjadi terminal petikemas atau pelabuhan multipurpose. “Hanya saja, tiga pelabuhan lainnya sudah selesai, yakni Pelabuhan Ambon, Pantoloan dan Pelabuhan Jayapura. Tinggal 6 pelabuhan lagi yang ditarget rampung dalam tahun ini,” pungkasnya.

 

Komentar

Berita Lainnya

 
Nasional
3 jam yang lalu
Kementerian BUMN Gelar Rapat Koordinasi Pengembangan Benoa Maritim
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, menggelar rapat koordinasi pengembangan Benoa Maritim Tourism Hub pada Kamis(13/2/2020) bertempat di Nusa Dua, Bali.
 
Nasional
17/02/2020 18:30 WIB
Program Berbagi ‘Berkah MyPertamina 2020’ dengan Hadiah Miliaran
 Mendukung skema pembayaran non tunai ini, PT Pertamina (persero) pun turut mengadakan program Berbagi Berkah My Pertamina
 
Nasional
16/02/2020 18:53 WIB
Batik Air Sambut Kedatangan Awak Pesawat yang Menjemput WNI dari Natuna
Batik Air menyambut kedatangan 18 awak pesawat yang telah selesai menjalani rangkaian protokol kesehatan yaitu karantina dan observasi, di natuna, Kepulauan Riau.
 
Nasional
16/02/2020 07:52 WIB
RedDoorz Penuhi Resolusi Awal Tahun Jelajahi Destinasi Wisata di Indonesia
Awal tahun merupakan saat ketika banyak orang memiliki banyak harapan dan keinginan yang ingin diwujudkan sepanjang tahun.
 
Nasional
13/02/2020 18:15 WIB
Terobosan Baru Dirut Garuda yang Langsung Turun Ke Masyarakat Disambut Positif
Terobosan Direktur Utama (Dirut) Garuda Irfan Setiaputra yang turun langsung menemui para pengusaha travel di sambut baik oleh masyarakat.
 
Nasional
13/02/2020 15:24 WIB
PT. Bukit Asam Terapkan Manajemen Anti Suap
PT. Bukit Asam Tbk. Menerapkan standar Internasional Anti-Bribery Management System atau Manajemen Anti Suap. Penerapan ini ditandai dengan penandatanganan Komitmen Bersama Pembangunan, oleh jajaran Direksi Bukit Asam di Tanjung Enim, pada Selasa (11/2).
 
Nasional
13/02/2020 15:12 WIB
Adira Insurance Gandeng Universitas Multimedia Nusantara
Untuk turut berkontribusi mempersiapkan generasi yang mampu bersaing di Indonesia, PT. Asuransi Adira Dinamika Tbk (Adira Insurance) kembali menggulirkan Adira Insurance Cooperative Education Program (AICOP).