Gilbert Sem Sandro
Kamis, 06 Februari 2020 - 14:12 WIB

Wijaya Karya Bangun Sarana Air Bersih di Wonosobo

Foto/Dok-Wika/ECONOMICZONE
Foto/Dok-Wika/ECONOMICZONE

ECONOMIC ZONE - Wijaya Karya (Wika) bekerja sama dengan Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan dan juga Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada Yogyakarta dalam membangun sarana dan prasarana air bersih bagi warga Desa Ropoh, Kecamatan Kepil, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. 

Hadir dalam peresmian penggunaan sarana dan prasana air bersih  sebagai bagian dari tanggung jawab sosial di Desa Ropoh, Wonosobo antara lain, Manajemen WIKA; Komisaris Independen, Suryo Hapsoro Tri Utomo, Sekretaris Perusahaan Mahendra Vijaya, Perwakilan Dinas PU, SDA, dan Taru, Pemprov Jawa Tengah, Forkopimda Kepil, Wonosobo beserta warga Desa Ropoh.

Sekretaris Wijaya Karya Mahendra Vijaya pada mengatakan, bahwa ide membuat proyek ini berangkat dari minimnya kondisi sanitasi lingkungan dan akses layanan air bersih bagi warga yang rata-rata berpencaharian sebagai petani hortikultura.

“Alhamdulillah terimakasih atas kerja samanya antara WIKA – UGM – Dinas PU, SDA, dan Taru Ruang Pemprov Jateng serta Pokmas Tirta Panca Wening, Sarana dan Prasarana Air Bersih bisa hadir di tengah-tengah masyarakat Ropoh untuk menopang kehidupan sehari-hari, termasuk untuk irigasi dan perikanan desa,” kata Mahendra saat di wawancarai dalam acara peresmian penggunaan sarana dan prasarana air bersih, di Wonosobo, Rabu (5/2/2020).

Lebih lanjut Mahendra menjelaskan pembangunan instalasi pengolahan air sederhana (IPAS) didesain agar air dari mata air dapat diolah terlebih dahulu sehingga air yang dialirkan menuju bak hidran utama sudah berupa air bersih.

"Bak IPAS sendiri terdiri dari bak penenang, bak penyaring, dan bak pengendap. Lalu pembangunan disesuaikan dengan lokasi mata air yang terdiri dari 5 lokasi dengan debit masing-masing sebesar Q1= 0,46 liter/detik, Q2 = 0,78 liter/detik, Q3 = 0,29 liter/detik, Q4 = 0,68 liter/detik, dan Q5 = 0.81 liter/detik," jelas Mahendra.

Kemudian Mahendra menambahkan, pembuatan Bak HU menjadi program pembangunan selanjutnya yang bertujuan untuk menampung air bersih  yang telah melalui pengolahan Bak IPAS.

"Air bersih pada Bak HU inilah yang akan digunakan oleh masyarakat. Jika Bak HU penuh, maka air yang meluap akan dialirkan menuju desa, sehingga air bersih yang meluap dari bak juga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat," tutup Mahendra

Komentar

Berita Lainnya

 
Nasional
3 jam yang lalu
Kementerian BUMN Gelar Rapat Koordinasi Pengembangan Benoa Maritim
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, menggelar rapat koordinasi pengembangan Benoa Maritim Tourism Hub pada Kamis(13/2/2020) bertempat di Nusa Dua, Bali.
 
Nasional
17/02/2020 18:23 WIB
Telkom Dukung Percepatan Digitalisasi ke Pelosok Indonesia
Pembangunan infrastruktur merupakan satu dari lima aspek utama yang menjadi fokus Pemerintah untuk lima tahun ke depan.
 
Nasional
16/02/2020 18:53 WIB
Batik Air Sambut Kedatangan Awak Pesawat yang Menjemput WNI dari Natuna
Batik Air menyambut kedatangan 18 awak pesawat yang telah selesai menjalani rangkaian protokol kesehatan yaitu karantina dan observasi, di natuna, Kepulauan Riau.
 
Nasional
16/02/2020 07:52 WIB
RedDoorz Penuhi Resolusi Awal Tahun Jelajahi Destinasi Wisata di Indonesia
Awal tahun merupakan saat ketika banyak orang memiliki banyak harapan dan keinginan yang ingin diwujudkan sepanjang tahun.
 
Nasional
13/02/2020 18:15 WIB
Terobosan Baru Dirut Garuda yang Langsung Turun Ke Masyarakat Disambut Positif
Terobosan Direktur Utama (Dirut) Garuda Irfan Setiaputra yang turun langsung menemui para pengusaha travel di sambut baik oleh masyarakat.
 
Nasional
13/02/2020 15:24 WIB
PT. Bukit Asam Terapkan Manajemen Anti Suap
PT. Bukit Asam Tbk. Menerapkan standar Internasional Anti-Bribery Management System atau Manajemen Anti Suap. Penerapan ini ditandai dengan penandatanganan Komitmen Bersama Pembangunan, oleh jajaran Direksi Bukit Asam di Tanjung Enim, pada Selasa (11/2).
 
Nasional
13/02/2020 15:12 WIB
Adira Insurance Gandeng Universitas Multimedia Nusantara
Untuk turut berkontribusi mempersiapkan generasi yang mampu bersaing di Indonesia, PT. Asuransi Adira Dinamika Tbk (Adira Insurance) kembali menggulirkan Adira Insurance Cooperative Education Program (AICOP).