I.E.K
Rabu, 05 Februari 2020 - 18:15 WIB

PLN Bangun Sutet 500 kV: Tidak Ada Kompensasi Karena Eksisting

Foto/Dok-PLN/ECONOMICZONE
Foto/Dok-PLN/ECONOMICZONE

ECONOMIC ZONE - Dalam rangka memperkuat keandalan listrik Jawa-Bali, PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) tengah menyelesaikan pembangunan Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) 500 kilo Volt (kV) jalur Balaraja hingga Kembangan. SUTET ini merupakan proyek prioritas untuk menyalurkan daya listrik dari Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Jawa 7 berkapasitas 2 x 1.000 MW yang ditargetkan beroperasi pada Desember 2020.

“Proyek ini menjadi sangat vital, karena ini akan menjadi jalur untuk menyalurkan listrik yang dihasilkan PLTU Jawa 7 ke sistem Interkoneksi Jawa Bali, khususnya untuk kawasan DKI Jakarta yang menjadi pusat ekonomi. Dengan jalur SUTET Balaraja-Kembangan harapannya akan menjadikan Sub Sistem Jakarta semakin andal,” kata General Manager PLN Unit Induk Interkonesi Sumatera Jawa, Henrinson dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu (5/2).

Menurutnya, Pengerjaan proyek SUTET dibagi menjadi dua bagian. Bagian pertama terdiri dari 52 tower yang terbentang dari Balaraja hingga Cikupa. Kemudian Bagian kedua dari Cikupa hingga Kembangan menggunakan jalur eksisting 150 kV. Untuk jalur SUTT 150 kV tersebut akan menggunakan jalur Saluran Kabel Tegangan Tinggi (SKTT ) 150 kV dari Kembangan hingga Cikupa yang telah selesai dibangun.

Untuk SUTET 500 kV Cikupa –Kembangan menggunakan jalur eksisting 150 kV, artinya tidak ada pembebasan lahan baru di jalur tersebut. “Jadi saat ini pengerjaannya meliputi , pembongkaran tapak tower, konduktor, dan isolator 150 kV. kemudian akan diganti dengan tower 500 kV,” tambahnya.

Sebelum melakukan pembangunan, PLN telah melaksanakan sosialisasi tentang proyek tersebut kepada warga yang berlokasi di Kabupaten Tangerang, khususnya Kecamatan Curug, Cikupa dan Kecamatan Kelapa Dua yang akan dilalui SUTET tersebut. Bahkan sosialisasi juga dilaksanakan di Kota Tangerang, khususnya di Kecamatan Pinang, Karang Tengah, Kecamatan Cipondoh, serta Kecamatan Serpong, Kota Tanggerang Selatan.

Dirinya menambahkan, sesuai dengan peraturan Menteri ESDM nomor 27 tahun 2018, Terkait dengan kompensasi. Maka untuk pembangunan SUTET 500 kV Cikupa –Kembangan yang menggunakan jalur eksisting tidak ada pembayaran kompensasi. Hal ini juga telah disampaikan dalam sosialisasi yang sudah dilakukan oleh PLN. Pembayaran Kompensasi hanya diberikan untuk jalur SUTET Balaraja-Cikupa.

“PLN berharap dukungan penuh dari seluruh stakeholder agar dapat bersinergi dalam pembangunan dapat berjalan lancar, sehingga dapat meningkatkan keandalan listrik kepada masyarakat khususnya Provinsi Banten dan DKI Jakarta,” pungkasnya.

 

 

Komentar

Berita Lainnya

 
Nasional
16/02/2020 07:52 WIB
RedDoorz Penuhi Resolusi Awal Tahun Jelajahi Destinasi Wisata di Indonesia
Awal tahun merupakan saat ketika banyak orang memiliki banyak harapan dan keinginan yang ingin diwujudkan sepanjang tahun.
 
Nasional
13/02/2020 18:15 WIB
Terobosan Baru Dirut Garuda yang Langsung Turun Ke Masyarakat Disambut Positif
Terobosan Direktur Utama (Dirut) Garuda Irfan Setiaputra yang turun langsung menemui para pengusaha travel di sambut baik oleh masyarakat.
 
Nasional
13/02/2020 15:24 WIB
PT. Bukit Asam Terapkan Manajemen Anti Suap
PT. Bukit Asam Tbk. Menerapkan standar Internasional Anti-Bribery Management System atau Manajemen Anti Suap. Penerapan ini ditandai dengan penandatanganan Komitmen Bersama Pembangunan, oleh jajaran Direksi Bukit Asam di Tanjung Enim, pada Selasa (11/2).
 
Nasional
13/02/2020 15:12 WIB
Adira Insurance Gandeng Universitas Multimedia Nusantara
Untuk turut berkontribusi mempersiapkan generasi yang mampu bersaing di Indonesia, PT. Asuransi Adira Dinamika Tbk (Adira Insurance) kembali menggulirkan Adira Insurance Cooperative Education Program (AICOP).
 
Nasional
13/02/2020 15:06 WIB
Alianz Life dan Maybank Indonesia Perkenalkan Asuransi SmartProtection
Allianz Life dan Maybank Indonesia perkenalkan perlindungan asuransi jiwa yaitu SmartProtection dan SmartProtection iB, untuk nasabah Maybank yang melakukan pinjaman untuk pembiayaan, baik dalam varian produk konvensional maupun syariah.
 
Nasional
12/02/2020 18:24 WIB
BUMN Gelar Program Magang Mahasiswa Bersertifikat, Wujudkan SDM Unggul
Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melalui Forum Human Capital Indonesia (FHCI) kembali melakukan Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB). Program ini dihadiri oleh direksi dari 143 BUMN, mahasiswa, rektor dari 300 PTN/PTS dari seluruh Tanah Air. 
 
Nasional
12/02/2020 18:20 WIB
Rebranding Logo Semen Indonesia Group
PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) melakukan rebranding menjadi Semen Indonesia Group (SIG). Aksi korporasi itu ditandai dengan peluncuran logo baru SIG yang diluncurkan di Jakarta Convention Centre (JCC), Selasa (11/2).