I.E.K
Senin, 03 Februari 2020 - 20:40 WIB

JAWARA Pertamina Berlaga Sebarkan Budaya Safety

Foto/Dok-Pertamina/ECONOMICZONE
Foto/Dok-Pertamina/ECONOMICZONE

ECONOMIC ZONE - Diguyur hujan lebat, tak menyurutkan semangat peserta Kompetisi JAWARA Tahun 2020 yang akan beradu kekuatan, kecekatan, dan kesadaran akan aspek Health, Safety, Security and Environment (HSSE). 

JAWARA merupakan acara tahunan peringatan Bulan K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja) yang diadakan oleh PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) III. 

“Kompetisi JAWARA menjadi salah satu upaya untuk menyebarkan budaya HSSE dalam perilaku individu. Kami berharap, aspek keamanan dan keselamatan tidak hanya dilakukan pada bulan ini saja tapi menjadi gaya hidup dalam setiap aktivitas baik operasional maupun sehari-hari,” jelas General Manager Pertamina MOR III Tengku Fernanda pada Pembukaan JAWARA hari ini di MTC Fireground Plumpang, Jakarta Utara, Senin (3/2).

Sejalan dengan Bulan K3 Nasional 2020, kompetisi JAWARA mengusung tema “Tingkatkan Kompetensi Pengelolaan Risiko HSSE untuk Membangun Budaya HSSE, Meningkatkan Daya Saing Perusahaan di Era Revolusi Industri 4.0 dan Mewujudkan Business Sustainability”.

Pada kompetisi JAWARA MOR III Tahun 2020, berbagai perlombaan yang menguji keterampilan, ketangkasan, dan pemahaman aspek HSSE Pertamina termasuk 12 Corporate Life Saving Rules. Kompetisi tahun ini terdiri dari Fireman Combat yakni uji stamina dan dan ketangkasan tim Pemadan Kebakaran, yang mengadaptasi tes kemampuan fisik pemadam kebakaran dari berbagai negara (Firefighter Physical Aptitude Test/FPAT). 

Selain itu, berbagai ketangkasan yang mendukung penerapan aspek HSSE juga dikompetisikan, antara lain kompetisi Lock Out Tag Out (LOTO). Yakni kegiatan yang dilakukan untuk mengisolasi energi berbahaya dari mesin, instalasi listrik, atau peralatan lain yang sedang dalam perawatan. Tujuannya agar melindungi pekerja atau orang lain yang berada di sekitar intstalasi tersebut dari bahaya. Dalam kegiatan ini, peserta selain mengunci sumber energi berbahaya, juga wajib mengunci dengan memberikan label atau tag tanda bahaya. Ada juga fun games, dan manifold fire, serta Pipeline Emergency Plan

Kompetisi diikuti 14 tim yang mewakili seluruh lokasi kerja di wilayah Marketing Operation Region III yang mencakup Jakarta, Banten, dan Jawa Barat. 

Sementara itu, sebagai rangkaian Bulan K3, pada Selasa (4/2) akan diadakan seminar Ergonomi Perkantoran di lingkungan kantor Pertamina MOR III. “Pertamina berkomitmen dalam menjunjung perilaku dan budaya HSSE yang manfaatnya akan dirasakan bagi diri sendiri, bagi keluarga, dan masyarakat di sekitar kita,” jelasnya.

 

 

Komentar

Berita Lainnya

 
Nasional
21/02/2020 23:19 WIB
PT Barata Optimis Penjualan Meningkat 50 Persen
Direktur Utama PT Barata, Fajar Hari Sampurno mengatakan industri manufaktur secara keseluruhan menurun sejak beberapa tahun terakhir. Sedangkan penurunan industri manufaktur di Indonesia penurunan tersebut nampak dari indikasi investasi yang berbentuk paket. 
 
Nasional
21/02/2020 23:11 WIB
Di Tahun 2019, Bluebird Berhasil Kembalikan 15.884 Barang Tertinggal ke Penumpang
Sebagai perusahaan transportasi terdepan yang telah memudahkan mobilitas masyarakat Indonesia selama puluhan tahun, Bluebird Group telah dikenal luas akan kejujuran dan integritas yang dimiliki oleh setiap pengemudinya, termasuk dalam hal pengembalian barang yang tertinggal di kendaraan…
 
Nasional
21/02/2020 23:06 WIB
Gojek Bagikan Ribuan Masker Gratis di Bandara Soekarno-Hatta
Gojek Indonesia membagikan ribuan masker gratis di Bandara Internasional Soekarno-Hatta sebagai salah satu upaya menangkal penyebaran virus Corona ke Indonesia.
 
Nasional
20/02/2020 17:57 WIB
Perum Jamkrindo Bukukan Kenaikan Laba 51 Persen Tahun 2019
Menutup tahun 2019, Perum Jamkrindo mencatatkan laba Rp765,71 miliar atau tumbuh 51 persen dari laba tahun 2018 sebesar Rp508,28 miliar.
 
Nasional
20/02/2020 17:52 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir Tunjuk Agus Martowardojo Jadi Komut BNI
Menteri BUMN, Erick Thohir menunjuk Agus DW Martowardojo menjadi Komisaris Utama PT Bank Nasional Indonesia (Persero) Tbk. Mantan Gubernur Bank Indonesia ini resmi menjadi Komut BNI usai Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang digelar perusahaan.
 
Nasional
20/02/2020 07:30 WIB
Budi Waseso Perkenalkan Jenderal Kopi Nusantara Buwas
Komisaris Jenderal Polisi (Purn) sekaligus Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso membuka usaha warung kopi, yang bernama Jenderal Kopi Nusantara Buwas.
 
Nasional
19/02/2020 22:57 WIB
Fitur EIS pada vivo S1 Pro
vivo S1 Pro membawa fitur teranyar yang disematkan pada smartphone ini. Salah satunya adalah fitur Electronic Image Stabilization (EIS), untuk memberikan pengalaman videografi yang maksimal dan hasil video yang lebih stabil kepada konsumen.