Gilbert Sem Sandro
Sabtu, 01 Februari 2020 - 20:48 WIB

Pemerintah Indonesia Pulangkan Seluruh WNI di China

Foto/Ist/ECONOMICZONE
Foto/Ist/ECONOMICZONE

ECONOMIC ZONE - Pemerintah Indonesia memulangkan seluruh Warga Negara Indonesia (WNI) dari China.

WNI yang berada di Hubei, termasuk Kota Wuhan berjumlah sekitar 200-an jiwa. WNI tersebut akan di bawa ke Indonesia menggunakan pesawat Batik Air milik Lion air Group.

Hal ini dikonfirmasi oleh Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro. Danang menjelaskan bahwa pesawat “misi kemanusiaan” tersebut akan berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, pada Sabtu (01/02/2020) siang.

“ Pesawat akan berangkat jam 12.00 WIB,” ujar Danang saat di konfirmasi.

Sebelumnya Presiden Direktur Lion Air Group, Edward Sirait mengatakan, pemulangan para WNI dari Provinsi Hubei di China akan menggunakan pesawat Batik Air jenis Airbus A330.

" Pesawat itu akan diterbangkan kembali ke Indonesia pada hari yang sama pukul 13.00 waktu setempat, dan kemudian mendarat di Bandara Hang Nadim, Batam, pukul 19.00 waktu setempat," kata Edward.

Dilansir dari siaran pers Sekretariat Presiden, Presiden Joko Widodo menginstruksikan semua warga negara Indonesia di Hubei, China, yang menjadi pusat penyebaran virus corona, segera dievakuasi.

Presiden memerintahkan hal tersebut setelah bertemu Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan sejumlah menteri dan pejabat terkait, di bandar udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Kamis (30/01/2020).

“Tadi bapak presiden sudah memerintahkan agar evakuasi WNI di Provinsi Hubei dilakukan segera,” kata Retno, usai pertemuan, seperti dikutip siaran pers Sekretariat Presiden.

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Beijing melaporkan, Pemerintah China akan memfasilitasi semua keperluan proses evakuasi WNI di provinsi Hube.

Komentar

Berita Lainnya

 
Nasional
16/02/2020 07:52 WIB
RedDoorz Penuhi Resolusi Awal Tahun Jelajahi Destinasi Wisata di Indonesia
Awal tahun merupakan saat ketika banyak orang memiliki banyak harapan dan keinginan yang ingin diwujudkan sepanjang tahun.
 
Nasional
13/02/2020 18:15 WIB
Terobosan Baru Dirut Garuda yang Langsung Turun Ke Masyarakat Disambut Positif
Terobosan Direktur Utama (Dirut) Garuda Irfan Setiaputra yang turun langsung menemui para pengusaha travel di sambut baik oleh masyarakat.
 
Nasional
13/02/2020 15:24 WIB
PT. Bukit Asam Terapkan Manajemen Anti Suap
PT. Bukit Asam Tbk. Menerapkan standar Internasional Anti-Bribery Management System atau Manajemen Anti Suap. Penerapan ini ditandai dengan penandatanganan Komitmen Bersama Pembangunan, oleh jajaran Direksi Bukit Asam di Tanjung Enim, pada Selasa (11/2).
 
Nasional
13/02/2020 15:12 WIB
Adira Insurance Gandeng Universitas Multimedia Nusantara
Untuk turut berkontribusi mempersiapkan generasi yang mampu bersaing di Indonesia, PT. Asuransi Adira Dinamika Tbk (Adira Insurance) kembali menggulirkan Adira Insurance Cooperative Education Program (AICOP).
 
Nasional
13/02/2020 15:06 WIB
Alianz Life dan Maybank Indonesia Perkenalkan Asuransi SmartProtection
Allianz Life dan Maybank Indonesia perkenalkan perlindungan asuransi jiwa yaitu SmartProtection dan SmartProtection iB, untuk nasabah Maybank yang melakukan pinjaman untuk pembiayaan, baik dalam varian produk konvensional maupun syariah.
 
Nasional
12/02/2020 18:24 WIB
BUMN Gelar Program Magang Mahasiswa Bersertifikat, Wujudkan SDM Unggul
Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melalui Forum Human Capital Indonesia (FHCI) kembali melakukan Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB). Program ini dihadiri oleh direksi dari 143 BUMN, mahasiswa, rektor dari 300 PTN/PTS dari seluruh Tanah Air. 
 
Nasional
12/02/2020 18:20 WIB
Rebranding Logo Semen Indonesia Group
PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) melakukan rebranding menjadi Semen Indonesia Group (SIG). Aksi korporasi itu ditandai dengan peluncuran logo baru SIG yang diluncurkan di Jakarta Convention Centre (JCC), Selasa (11/2).