Aldhi Chandra
Sabtu, 01 Februari 2020 - 12:14 WIB

Resmi, 6 Ruas Tol Mengalami Kenaikan Tarif di 2020

Foto/Dok-Roni.M/ECONOMICZONE
Foto/Dok-Roni.M/ECONOMICZONE
Dummy

ECONOMIC ZONE - Awal tahun 2020 sejumlah ruas tol telah melakukan perubahan tarif 31 Januari kemarin. Ada enam ruas tol yang mengalami kenaikan tarif.

Namun walau sudah resmi mengalami perubahan, tarif di enam ruas tol di Indonesia tak semua naik, adapun kenaikan harga hanya terjadi pada kendaraan Golongan I dan II saja, sementara Golongan III, IV, dan V justru mengalami penurunan.

Berikut keenam ruas tol yang mengalami perubahan tarif mulai 31 Januari,  tol Cawang-Tomang-Pluit dan Cawang-Tanjung Priok-Ancol Timur-Jembatan Tiga/Pluit (Tol Dalam Kota)

Masih ada sejumlah ruas tol yang akan mengalami kenaikan tarif tahun ini. Bahkan ada yang dijadwalkan naik pada Februari 2020.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit mengatakan ada dua ruas tol yang dijadwalkan untuk naik tarifnya pada Februari 2020. Dua ruas tersebut ialah Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang (Cipularang) dan Padalarang-Cileunyi (Padaleunyi).

Danang bilang, saat ini pihaknya masih meminta Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) untuk menyiapkan yang dibutuhkah.

"Kita juga menyiapkan 2 ruas lagi, yang seharusnya mengalami penyesuaian di tahun 2020, yaitu Cipularang dan Padaleunyi. Itu Februari," kata Danang, Jakarta, Jumat (31/1/2020).

"Sehingga kita sekarang sudah mengumpulkan data untuk SPM, kita cek lapangan, kita meminta BPS nilai inflasi yang akan digunakan sebagai formula. Kemudian setelah SPM terbit, evaluasi, kemudian mereka harus lakukan perbaikan yang kurang-kurang," sambungnya.

Danang mengatakan, pihaknya tak akan memberikan izin kenaikan tarif tersebut bila BUJT belum menyelesaikan semua persyaratan.

"Jadwal aslinya Februari, tapi tergantung mereka. Kalau nggak bisa Februari pasti belum disetujui. Tapi rata-rata BUJT mereka, ini kan sama pendapatan, biasanya mereka semangat. Cuma kalau memang belum bisa, ya belum kita izinkan," katanya.

Selain 2 ruas tersebut, Danang juga mengatakan ada 5 ruas tol lain yang akan naik tarifnya di 2020 ini. Di antaranya ialah Merak-Tangerang, Palimanan-Kanci, Belawan-Medan-Tanjung Morawa (Belmera), Surabaya-Gempol, dan Pasir Koja-Soreang.

"(Jadi) Masih ada 5 lagi yang prosesnya harusnya tahun 2019, tapi kita proses terus," katanya

Danang belum bisa memastikan kapan tarif di ruas-ruas tersebut naik. Dia hanya mengatakan bahwa ada beberapa ruas yang prosesnya sudah pengajuan ke Menteri PUPR. Sisanya, masih dihitung penyesuaiannya.

"Ini ada yang proses perhitungan, ada yang proses pengajuan ke Pak Menteri. Karena kan semua harus dihitung, apalagi ada reklasifikasi golongan. Kan harus disimulasikan, jangan sampai kita dengan reklasifikasi golongan itu memberikan keuntungan lebih banyak, tambahan ke BUJT," tuturnya.

 

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
18/09/2020 20:09 WIB
Digital Platform Gojek Semakin Aman dalam Mendukung Usaha Mitra
Inisiatif #AmanBersamaGojek terbukti membuat mitra driver dan mitra merchant di ekosistem Gojek semakin merasa aman dalam memperoleh pendapatan di dunia digital.
 
Nasional
18/09/2020 20:01 WIB
Uni Eropa-Indonesia Tegaskann Kembali Komitmen Pengembangan Kapasitas Dan Pertumbuhan Ekonomi Hijau
Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa (kanan) bersama Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia H.E. Vincent Piket (kiri) meluncurkan EU-Indonesia Cooperation Publication 2020 secara virtual di Jakarta, Kamis (17/9).
 
Nasional
18/09/2020 19:58 WIB
Dengan Lapisan Blue Fin, Pendinginan AC AQUA Japan Lebih Efektif
Pandemi Covid-19 belum berakhir. Vaksin dan obat yang tepat pun belum ditemukan. Menghabiskan waktu dengan berkegiatan di rumah menjadi pilihan paling aman agar terhindar dari bahaya virus. Untuk mendukung kenyaman saat berada di rumah, produsen elektronik rumah tangga AQUA Japan…
 
Nasional
16/09/2020 20:17 WIB
Lima BUMN Tandatangani MoU Pengembangan “Indonesia Hotel Chain”
Dalam rangka menjadikan BUMN sebagai institusi bisnis yang kompetitif, salah satu inisiatif yang akan dilakukan adalah mengintegrasikan dan mengoptimalisasikan hotel-hotel milik BUMN.
 
Nasional
16/09/2020 20:14 WIB
Bandara Soetta Dinilai Jadi Salah Satu Bandara Paling Aman dari Covid-19
Berdasarkan evaluasi lembaga global Safe Travel Barometer, Bandara Internasional Soekarno-Hatta dinobatkan sebagai salah satu bandara di dunia dengan rating tertinggi dalam penerapan protokol kesehatan dan keamanan dalam mencegah penyebaran COVID-19.
 
Nasional
16/09/2020 20:10 WIB
Biaya Rapid Test di Delapan Bandara Angkasa Pura I Turun Jadi Rp85.000
PT Angkasa Pura I (Persero) menurunkan biaya layanan rapid test di Delapan bandara kelolaaannya menjadi Rp85.000 dari sebelumnya berkisar antara Rp150.000 hingga Rp200.000. Hal ini dilakukan untuk semakin memudahkan para pengguna jasa yang akan melakukan perjalanan udara.
 
Nasional
15/09/2020 21:24 WIB
Pandemi Melanda, Pengembang Masih Aktif Bangun Proyek
Pandemi covid-19 telah melanda Indonesia selama 5 bulan terakhir, namun belum menunjukan tanda penurunan jumlah kasus hingga saat ini. Meski begitu, pelaku usaha Properti tampaknya tidak mau pasrah dengan keadaan.
Dummy