Gilbert Sem Sandro
Rabu, 29 Januari 2020 - 07:00 WIB

Angkasa Pura II Hadirkan Transportasi Listrik GrabCar

Foto/Dok-AP2/ECONOMICZONE
Foto/Dok-AP2/ECONOMICZONE

ECONOMIC ZONE - PT. Angkasa Pura II kembali menghadirkan layanan transportasi publik berbasis kendaraan listrik di Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Sebelumnya bersama Blue Bird, Angkasa Pura II memperkenalkan taksi listrik Tesla dan BYD, kali ini PT. Angkasa Pura II bekerja sama dengan Grab dengan menyediakan 20 unit GrabCar Elektrik. GrabCar Elektrik tersebut mulai beroperasi di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, pada Senin(28/1/2020).

Acara peluncuran transportasi tenaga listrik ini dihadiri oleh Menteri Perhubungan(Menhub) Budi Karya Sumadi dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia.

President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin menjelaskan, Bandara Soekarno-Hatta ingin menjadi pionir terdepan dalam hal penggunaan kendaraan listrik di sektor pelayanan publik, dan juga mendorong agar penggunaan kendaraan listrik dapat berkelanjutan.

“Angkasa Pura II bersama Blue Bird dan Grab memilih Bandara Soekarno-Hatta sebagai lokasi pertama di Indonesia dalam mengoperasikan armada mobil listrik sebagai transportasi umum. Dan juga kami ingin mensosialisasikan penggunaan mobil listrik di sektor pelayanan publik, sehimgga di tempat lain juga menyediakan hal yang sama," jelas Awaluddin saat memberikan keterangan.

Lebih lanjut Awaluddin menambahkan bahwa sekitar 200.000 penumpang dan 50.000 pekerja dan visitor (non passenger) datang setiap harinya di Bandara Soekarno-Hatta. Hal ini menjadikan Bandara Internasional tersebut, sebagai tempat yang strategis dalam mengkampanyekan penggunaan mobil listrik.

“Kami percaya kampanye penggunaan mobil listrik ini akan efektif sehingga mendukung pemerintah yang menargetkan 2 juta populasi mobil listrik di Indonesia pada 2025,” tambah Awaluddin.

Executive General Manager Bandara Internasional Soekarno-Hatta Agus Haryadi juga menerangkan, bahwa saat ini Soekarno-Hatta tengah menjalankan pembangunan fasilitas pengisian daya baterai mobil listrik untuk umum.

“Saat ini tengah dijajaki kemungkinan agar Bandara Soekarno-Hatta memiliki sekitar 30 titik pengisian kendaraan listrik yang bisa digunakan untuk umum,” terang agus.

Di Soekarno-Hatta sendiri saat ini sudah berjalan transportasi berbasis listrik seperti misalnya Skytrain, Kereta Bandara, skuter GrabWheels, Segway, Boogie Car, dan Baggage Towing Tractor yang dipakai di sisi udara (air side).

Komentar

Berita Lainnya

 
Nasional
19 jam yang lalu
Program Berbagi ‘Berkah MyPertamina 2020’ dengan Hadiah Miliaran
 Mendukung skema pembayaran non tunai ini, PT Pertamina (persero) pun turut mengadakan program Berbagi Berkah My Pertamina
 
Nasional
16/02/2020 18:53 WIB
Batik Air Sambut Kedatangan Awak Pesawat yang Menjemput WNI dari Natuna
Batik Air menyambut kedatangan 18 awak pesawat yang telah selesai menjalani rangkaian protokol kesehatan yaitu karantina dan observasi, di natuna, Kepulauan Riau.
 
Nasional
16/02/2020 07:52 WIB
RedDoorz Penuhi Resolusi Awal Tahun Jelajahi Destinasi Wisata di Indonesia
Awal tahun merupakan saat ketika banyak orang memiliki banyak harapan dan keinginan yang ingin diwujudkan sepanjang tahun.
 
Nasional
13/02/2020 15:12 WIB
Adira Insurance Gandeng Universitas Multimedia Nusantara
Untuk turut berkontribusi mempersiapkan generasi yang mampu bersaing di Indonesia, PT. Asuransi Adira Dinamika Tbk (Adira Insurance) kembali menggulirkan Adira Insurance Cooperative Education Program (AICOP).
 
Nasional
13/02/2020 15:06 WIB
Alianz Life dan Maybank Indonesia Perkenalkan Asuransi SmartProtection
Allianz Life dan Maybank Indonesia perkenalkan perlindungan asuransi jiwa yaitu SmartProtection dan SmartProtection iB, untuk nasabah Maybank yang melakukan pinjaman untuk pembiayaan, baik dalam varian produk konvensional maupun syariah.
 
Nasional
12/02/2020 18:24 WIB
BUMN Gelar Program Magang Mahasiswa Bersertifikat, Wujudkan SDM Unggul
Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melalui Forum Human Capital Indonesia (FHCI) kembali melakukan Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB). Program ini dihadiri oleh direksi dari 143 BUMN, mahasiswa, rektor dari 300 PTN/PTS dari seluruh Tanah Air. 
 
Nasional
12/02/2020 18:20 WIB
Rebranding Logo Semen Indonesia Group
PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) melakukan rebranding menjadi Semen Indonesia Group (SIG). Aksi korporasi itu ditandai dengan peluncuran logo baru SIG yang diluncurkan di Jakarta Convention Centre (JCC), Selasa (11/2).