Gilbert Sem Sandro
Sabtu, 18 Januari 2020 - 12:37 WIB

Jokowi tegaskan Masterplan Banjir di Jakarta Sudah Ada

Foto/AldhiChandra/ECONOMICZONE
Foto/AldhiChandra/ECONOMICZONE
Dummy

ECONOMIC ZONE - Presiden Joko Widodo mengatakan masterplan untuk banjir Jakarta sudah ada sejak tahun 1973. Hal ini di ungkapkan Jokowi di sebabkan curah hujan yang masih tinggi di wilayah Ibukota dan sekitarnya.

Untuk mengantisipasinya, Jokowi menegaskan Pemerintah Provinsi dengan Pemerintah Pusat, khususnya Kementerian harus bersinergi untuk penanganan banjir. Selain itu penanganan air dari hulu ke hilir harus diutamakan.

"Masterplan banjir untuk Jakarta ini sebetulnya sudah ada tahun 73. Sudah ada harus melakukan apa, apa, ada semuanya. Jadi nggak usah ada ide-ide baru, master plannya sudah ada kok. Sungai semuanya dilebarkan, teknisnya mau pakai normalisasi, naturalisasi silakan, tapi dilebarkan semua sungai itu yang tengah, semua sungai harus dilebarkan," kata Jokowi kepada wartawan di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (17/1/2020).

Menurut Jokowi, sungai-sungai di Jakarta perlu dilebarkan. Teknis pembagiannya pengerjaannya, Jokowi menyerahkan ke Pemprov dan Kementerian.

"Bukan hanya Ciliwung saja ada Pesanggrahan, ada Buaran, Kali Cipinang, Kali Sunter dan lain-lainnya. Semuanya perlu dilebarkan. Itu tanyakan Kementerian PU pembagiannya dengan pemerintah provinsi seperti apa yang di Jawa Barat seperti apa, yang di Banten seperti, apa yang di Jakarta seperti apa," ujar Jokowi.

Menanggapi hal itu Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan beberapa kanal banjir di Jakarta yakni barat dan timur disebut Basuki menjadi bagian dari masterplan yang dimaksud presiden Jokowi.

"Jadi ada kanal banjir barat, kanal banjir timur itu berdasarkan masterplan semua agar air tidak tumpah di Jakarta," jelas Basuki kepada para awak Media.

Untuk saat ini, Basuki menuturkan akan mengatasi normalisasi Sungai Ciliwung terlebih dahulu untuk mengantisipasi banjir di Jakarta.

"Kemudian Ciliwung, nah ini yang kita tangani," lanjut Basuki.

 

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
09/04/2020 19:26 WIB
PSBB Mulai Diberlakukan 10 April 2020, Ini Delapan Sektor yang Dikecualikan
Setelah mendapat restu dari Menteri Kesehatan RI, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta telah mengkaji penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Ibu Kota DKI Jakarta. PSBB tersebut direncanakan dilaksanakan mulai Jumat, 10 April 2020.
 
Nasional
09/04/2020 19:21 WIB
PSBB, Layanan MRT Jakarta Berubah menjadi 06.00 WIB hingga 18.00 WIB
Sehubungan dengan terus mengingkatnya penyebaran Covid-19, masyarakat di imbau untuk selalu menggunakan masker ketika berada atau berkegiatan di luar rumah, tanpa terkecuali, termasuk ketika akan memasuki stasiun dan menggunakan layanan MRT Jakarta.
 
Nasional
09/04/2020 19:17 WIB
Gandeng Telkomsel, Pengguna Aplikasi Halodoc Bebas Akses Layanan Telemedicine Tanpa Kuota Selama Masa Penanggulangan COVID-19
Berkolaborasi dengan Telkomsel, layanan telemedicine di aplikasi Halodoc kini dapat diakses tanpa kuota oleh pelanggan Telkomsel selama masa penanggulangan COVID-19.
 
Nasional
08/04/2020 19:51 WIB
Garuda Indonesia Beri Layanan “Priority Access” Bagi Tenaga Medis Covid-19
Bertepatan dengan diperingatinya World Health Day, kami menghadirkan apresiasi khusus kepada awak tenaga medis Indonesia yang saat ini sedang berjuang dalam upaya penanganan pandemi COVID-19 di Indonesia melalui penyediaan fasilitas priority access yang dapat dinikmati baik sebelum…
 
Nasional
08/04/2020 08:00 WIB
Pegadaian Bantu Ambulans dan Peralatan Medis Untuk Pandemi Covid-19
PT Pegadaian (Persero) menyerahkan bantuan ambulans yang telah dimodifikasi dan peralatan medis ke PMI DKI Jakarta. Modifikasi satu unit ambulans PMI DKI Jakarta merupakan tindak lanjut untuk membantu mengatasi berbagai kendala yang dihadapi tim paramedis di lapangan.
 
Nasional
08/04/2020 07:34 WIB
Pelindo II Salurkan Bantuan Rp400 Juta Tanggulangi Pandemi Covid-19
Untuk membantu penanggulangan pandemi Corona (Covid-19), PT Pelabuhan Indonesia II (Persero)/IPC memberikan bantuan dana bantuan senilai Rp400 juta yang diserahkan kepada Yayasan BUMN Hadir untuk Negeri.
 
Nasional
07/04/2020 20:34 WIB
Halodoc Gandeng POGI Hadirkan Telekonsultasi Khusus Kandungan
Berkolaborasi dengan Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI), Halodoc menambahkan kanal layanan konsultasi khusus kehamilan dan kesehatan reproduksi di layanan chat with doctor di platform Halodoc, melalui penandatanganan perjanjian kerja sama yang diresmikan hari ini…
Dummy