Gilbert Sem Sandro
Kamis, 16 Januari 2020 - 18:40 WIB

XL Axiata Hadir Dengan Jaringan 4G di Daerah Terdepan, Terluar, Terdalam

Foto/Dok-XlAxiata/ECONOMICONE
Foto/Dok-XlAxiata/ECONOMICONE

ECONOMIC ZONE - Melalui skema USO (Universal Service Obligation), XL Axiata kembali hadir dengan jaringan 4G di area berkategori 3T (Terdepan, Terluar, dan Tertinggal) yang kali ini berlokasi di Desa Bandar Dalam, Kecamatan Bengkunat Belimbing, Kabupaten Pesisir Barat, Lampung.

Sebab, PT.XL Axiata Tbk (XL Axiata) berkomitmen kuat mendukung pemerintah dalam pemerataan dan percepatan pembangunan hingga daerah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T) di Sumatera

Bupati Pesisir Barat, Dr. Drs. Agus Istiqlal, S.H, M.H, dan Kabid Kominfo Pesisir Barat, Elvin Yolanda, S.IP MM hadir dalam acara peresmian BTS USO yang berlangsung pada, Selasa(1/2020) di Lampung.

Group Head XL Axiata West Region, Desy Sari Dewi mengatakan, di seluruh Sumatera dan kepulauan sekitarnya, saat ini XL Axiata telah mengoperasikan lebih dari 10 BTS program USO yang seluruhnya  4G.

"Saat Desember 2019 lalu, kami mulai mengoperasikan BTS USO di Kabupaten Natuna, Kabupaten Seluma, Bengkulu, serta di Kabupaten Musi Rawas Utara, Sumatera Selatan. Semua BTS USO itu merupakan bagian dari pembangunan dan pengoperasian jaringan USO di total 289 titik yang berlokasi di berbagai provinsi yang dilaksanakan XL Axiata sepanjang 2019," kata Desy.

Kemudian Desy mengharapkan keberadaan jaringan data 4G di setiap area, termasuk di Desa Bandar Dalam, Pesisir Barat tersebut bisa memacu roda perekonomian masyarakat setempat.

"Masyarakat bisa memanfaatkannya untuk mempromosikan yang potensi ekonomi daerah, atau meningkatkan produktivitas berbagai sektor, termasuk usaha kecil menengah. Selain itu, keberadaan layanan data setingkat 4G akan bisa menjembatani masyarakat sekitar dalam mengakses informasi yang setara dengan daerah lain," tambah Desy.

Head of Sales Lampung, Sumsel Outer, Bengkulu, Budi Utama Lubis mengatakan, sejak Maret 2017,  XL Axiata telah menghadirkan layanan 4G di Lampung dan masuk ke semua kota/kabupaten. Hingga saat ini, infrastruktur jaringan XL Axiata di Lampung didukung sekitar 2.500 BTS, termasuk sekitar 1.900 BTS data (3G dan 4G).

"Pelanggan di Lampung lebih dari 800 ribu, meningkat signifikan dibanding tahun sebelumnya. Hal ini menunjukkan kepercayaan besar dari masyarakat atas peningkatan kualitas jaringan XL Axiata di Lampung dan sekitarnya. Penggunaan data di Lampung juga terus tumbuh signifikan. Tercatat pada saat Natal dan Tahun Baru 2020, trafik data meningkat 13% dari kondisi normal," ujar Budi.

Budi juga menambahkan seluruh Sumatera dan kepulauan, saat ini XL Axiata juga terus melakukan perluasan infrastruktur jaringan layanan data, sejalan dengan fokus perusahaan untuk terus mendorong perkembangan dan pertumbuhan penggunaan layanan data di masyarakat. Tercatat lebih dari 24 ribu BTS, termasuk sekitar 18 ribu  BTS data (3G & 4G) di seluruh Sumatera dan kepulauan sekitarnya yang menjangkau lebih dari 150 kota/kabupaten.

"Saat ini jumlah pelanggan XL Axiata di Sumatera mencapai sekitar 19% dari jumlah pelanggan nasional, dengan jumlah pelanggan data mencapai lebih dari 95%,"tutup Budi.

Komentar

Berita Lainnya

 
Nasional
16 jam yang lalu
Paket 3 Jalan Tol Japek II Selatan Ditargetkan Beroperasi Lebaran 2020
PT Jasa Marga (Persero) Tbk. melalui kelompok usahanya PT Jasamarga Japek Selatan (JJS), optimis sebagian Paket 3 Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan dapat dilintasi saat libur Lebaran 2020 secara fungsional. Pekerjaan konstruksi Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan dimulai dari…
 
Nasional
16 jam yang lalu
Angkasa Pura II Kembangkan Bandara Soetta Jadi Destinasi Wisata dan Seni Budaya
Bandara Internasional Soekarno-Hatta menjadi gerbang masuknya wisatawan manca negara untuk berkunjung ke Indonesia. Jumlah wisman yang masuk melalui Soekarno-Hatta pada 2019 mencapai 3,52 juta orang dan diprediksi pada 2020 akan meningkat sekitar 13,6 persen menjadi 4 juta wisman. 
 
Nasional
18/01/2020 22:45 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir Berencana Petakan BUMN antara Bisnis dan Sosial
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, berencana memisahkan kategori BUMN. Yaitu, BUMN yang fokus pada aspek bisnis, dan juga BUMN yang berfokus pada aspek bisnis serta tanggung jawab sosial.
 
Nasional
18/01/2020 12:37 WIB
Jokowi tegaskan Masterplan Banjir di Jakarta Sudah Ada
Presiden Joko Widodo mengatakan masterplan untuk banjir Jakarta sudah ada sejak tahun 1973. Hal ini di ungkapkan Jokowi di sebabkan curah hujan yang masih tinggi di wilayah Ibukota dan sekitarnya.
 
Nasional
18/01/2020 12:35 WIB
Rencana Pencabutan Subsidi Elpiji 3 Kg Masih Tunggu Izin Jokowi
Rencana pencabutan Subsidi Elpiji 3 Kilogram (kg) pemerintah masih menunggu izin dari Presiden Joko Widodo. Subsidi akan diberikan langsung kepada yang berhak menerima.
 
Nasional
17/01/2020 16:21 WIB
KPR Gaeesss BTN Ditargetkan Capai Rp 11 Triliun
Executive Vice President Nonsubsidized Mortgage & Consumer Lending Division (NSLD) BTN Suryanti Agustinar mengatakan tidak bisa dipungkiri hingga kini konsumen usia muda atau yang lebih dikenal generasi milenial masih kesulitan mengakses layanan Kredit Kepemilikan Rumah maupun Apartemen…
 
Nasional
17/01/2020 16:17 WIB
Direktur Utama PT.ASABRI Bantah Dugaan Korupsi
Direktur Utama PT.Asuransi Sosial Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Asabri) , Sonny Widjaja bersama Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) dan Umum, Herman Hidayat memberikan keterangan press terkait pemberitaan korupsi PT. Asabri (Persero) di Gedung Asabri, Jakarta, Kamis (16/1/2020). …