Aldhi Chandra
Kamis, 16 Januari 2020 - 15:01 WIB

Pemerintah Manfaatkan Tanah Milik Negara Bagi Pembangunan Public Housing

Foto/HediSuryono/ECONOMICZONE
Foto/HediSuryono/ECONOMICZONE

ECONOMIC ZONE - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat PUPR siap memanfaatkan tanah milik pemerintah untuk pembangunan public housing dan rumah negara. Untuk itu, Kementerian PUPR telah berkoordinasi dengan Kementerian terkait seperti Kementerian Keuangan dan Kementerian PPN/Bappenas untuk merealisasikan program penyediaan perumahan tersebut. 

Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR, Khalawi Abdul Hamid menyatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka menindaklanjuti RPJMN 2020–2024 dan implementasi 1 Juta Public Housing yang merupakan major project penyediaan perumahan di Indonesia. Dalam kegiatan tersebut juga dibahas mengenai identifikasi potensi dan mekanisme pemanfaatan tanah milik pemerintah untuk lokasi pembangunan public housing dan rumah negara.

“Pemerintah perlu menyediakan public housing dan rumah negara untuk masyarakat dan Aparatur Sipil Negara (ASN). Salah satunya adalah dengan memanfaatkan tanah milik pemerintah yang banyak tersebar di sejumlah wilayah di Indonesia,” ujar Khalawi, dalam siaran pers, Rabu (15/1).

Menurut Khalawi, permasalahan mengenai keberadaan rumah dinas saat ini kerap menjadi polemik di masyarakat. Banyak rumah dinas yang kini berubah fungsi dan dikuasai oleh pihak keluarga, bukan oleh pegawai yang bersangkutan.

“Banyak keluarga pensiunan yang tinggal di kompleks rumah dinas merasa seperti diusir dari tempat tinggalnya. Padahal sebenarnya rumah dinas itu merupakan hak bagi pegawai selama mereka bertugas, sedangkan ketika mereka pensiun maka rumah tersebut harus dikembalikan ke negara,” tandasnya.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Kementerian PUPR mengusulkan agar aset tanah negara yang tersebar di sejumlah kota besar di Indonesia dapat digunakan untuk lokasi pembangunan rumah dinas bagi ASN.

“Pembangunan rumah dinas dapat dilakukan secara vertikal di kota-kota besar. Rumah tersebut dapat dimanfaatkan oleh pegawai yang bersangkutan hingga memasuki masa pensiun dan harus ada aturan yang harus dipatuhi,” terangnya.

Khalawi menjelaskan, pemerintah melalui Program Sejuta Rumah (PSR) akan terus berupaya mewujudkan pembangunan perumahan untuk masyarakat. Pembangunan public housing dan rumah negara tersebut juga merupakan instruksi Presiden Joko Widodo kepada Menteri PUPR Basuki Hadimuljono untuk mempercepat penyediaan lebih dari 1,5 juta rumah layak bagi ASN/TNI/Polri, beberapa waktu lalu. “Ini merupakan wujud nyata kehadiran negara dalam penyediaan rumah bagi masyarakat,” katanya.

Direktur Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan, Isa Rachmatarwata menjelaskan, Ditjen Kekayaan Negara Kementerian Keuangan menyatakan dukungannya terhadap upaya pemanfaatan aset negara untuk pembangunan rumah bagi ASN. Menurutnya, pengelolaan aset negara harus dimanfaatkan secara optimal agar dapat mensejahterakan masyarakat. 

“Kami mendukung pemanfaatan aset Kementerian Keuangan untuk public housing dan rumah negara. Namun pengelolaannya harus dilakukan oleh negara dan perlu konsep pengelolaan yang komprehensif dan berkelanjutan. Ada tanah Eks BPPN seluas 17 hektar (Ha) di daerah Kalimalang yang dapat dimanfaatkan sebagai pilot project pembangunan public housing dan rumah negara tersebut,” terangnya.

Komentar

Berita Lainnya

 
Nasional
2 jam yang lalu
Jelang Imlek, vivo Gelar Promo Menarik Hoki Salebration
Menyambut Imlek 2020, vivo menghadirkan Hoki Salebration untuk setiap pembelian smartphone vivo. Promo menarik ini dihadirkan selama 22-30 Januari 2020 pada vivo Official Online Store di beberapa e-commerce partner vivo Indonesia. vivo S1 Pro New Version, sebagai produk teranyar…
 
Nasional
3 jam yang lalu
Menaker Ida Ingin Santri Melek Teknologi 4.0
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menginginkan kalangan santri dan pelajar untuk menguasai teknologi
 
Nasional
24 jam yang lalu
BRI : Karyawan Huawei Yang Diduga Terkena Virus Corona Ternyata Hanya Demam
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk memastikan karyawan Huawei yang dilarikan ke rumah sakit karena demam bukan disebabkan virus corona.
 
Nasional
23/01/2020 20:08 WIB
RedDoorz Luncurkan KoolKost di Indonesia
RedDoorz,  platform manajemen dan pemesanan hotel online terbesar dengan pertumbuhan tercepat di Asia Tenggara, hari ini meluncurkan KoolKost, sebuah layanan tempat tinggal atau kos yang terjangkau dan terkelola secara keseluruhan, yang memungkinkan pelanggan menyewa kamar dengan…
 
Nasional
23/01/2020 19:51 WIB
Splendid & Extraordinary Chinese New Year Celebration
Kemeriahan menyambut Tahun Baru Imlek 2020, Central Park dan Neo Soho Mall mempersembahkan rangkaian perayaan Imlek nan megah bertajuk “Orient Vibes” yang akan berlangsung mulai tanggal 16 Januari hingga 16 Februari 2020. Dengan menampilkan berbagai kemeriahan acara dan dekorasi…
 
Nasional
22/01/2020 21:14 WIB
Diamond Food Indonesia, Tercatat Melantai di Bursa Efek Indonesia
PT Diamond Food Indonesia Tbk. (DFI), salah satu perusahaan makanan dan minuman terdepan di Indonesia, hari ini menjadi perusahaan ke-7 yang tercatat pada Bursa Efek Indonesia di tahun 2020 dengan kode saham DMND. Harga perdana saham DMND ditetapkan sebesar Rp915 per saham. 
 
Nasional
22/01/2020 19:43 WIB
PT Pembangunan Perumahan Bersama ASDP Bangun Kawasan Labuan Bajo
PT. Pembangunan Perumahan (PP) (Persero) Tbk bersinergi bersama PT. Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan Indonesia Ferry (ASDP) untuk membangun sebuah Kawasan Marina Labuan Bajo.