Aldhi Chandra
Kamis, 16 Januari 2020 - 15:01 WIB

Pemerintah Manfaatkan Tanah Milik Negara Bagi Pembangunan Public Housing

Foto/HediSuryono/ECONOMICZONE
Foto/HediSuryono/ECONOMICZONE
Dummy

ECONOMIC ZONE - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat PUPR siap memanfaatkan tanah milik pemerintah untuk pembangunan public housing dan rumah negara. Untuk itu, Kementerian PUPR telah berkoordinasi dengan Kementerian terkait seperti Kementerian Keuangan dan Kementerian PPN/Bappenas untuk merealisasikan program penyediaan perumahan tersebut. 

Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR, Khalawi Abdul Hamid menyatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka menindaklanjuti RPJMN 2020–2024 dan implementasi 1 Juta Public Housing yang merupakan major project penyediaan perumahan di Indonesia. Dalam kegiatan tersebut juga dibahas mengenai identifikasi potensi dan mekanisme pemanfaatan tanah milik pemerintah untuk lokasi pembangunan public housing dan rumah negara.

“Pemerintah perlu menyediakan public housing dan rumah negara untuk masyarakat dan Aparatur Sipil Negara (ASN). Salah satunya adalah dengan memanfaatkan tanah milik pemerintah yang banyak tersebar di sejumlah wilayah di Indonesia,” ujar Khalawi, dalam siaran pers, Rabu (15/1).

Menurut Khalawi, permasalahan mengenai keberadaan rumah dinas saat ini kerap menjadi polemik di masyarakat. Banyak rumah dinas yang kini berubah fungsi dan dikuasai oleh pihak keluarga, bukan oleh pegawai yang bersangkutan.

“Banyak keluarga pensiunan yang tinggal di kompleks rumah dinas merasa seperti diusir dari tempat tinggalnya. Padahal sebenarnya rumah dinas itu merupakan hak bagi pegawai selama mereka bertugas, sedangkan ketika mereka pensiun maka rumah tersebut harus dikembalikan ke negara,” tandasnya.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Kementerian PUPR mengusulkan agar aset tanah negara yang tersebar di sejumlah kota besar di Indonesia dapat digunakan untuk lokasi pembangunan rumah dinas bagi ASN.

“Pembangunan rumah dinas dapat dilakukan secara vertikal di kota-kota besar. Rumah tersebut dapat dimanfaatkan oleh pegawai yang bersangkutan hingga memasuki masa pensiun dan harus ada aturan yang harus dipatuhi,” terangnya.

Khalawi menjelaskan, pemerintah melalui Program Sejuta Rumah (PSR) akan terus berupaya mewujudkan pembangunan perumahan untuk masyarakat. Pembangunan public housing dan rumah negara tersebut juga merupakan instruksi Presiden Joko Widodo kepada Menteri PUPR Basuki Hadimuljono untuk mempercepat penyediaan lebih dari 1,5 juta rumah layak bagi ASN/TNI/Polri, beberapa waktu lalu. “Ini merupakan wujud nyata kehadiran negara dalam penyediaan rumah bagi masyarakat,” katanya.

Direktur Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan, Isa Rachmatarwata menjelaskan, Ditjen Kekayaan Negara Kementerian Keuangan menyatakan dukungannya terhadap upaya pemanfaatan aset negara untuk pembangunan rumah bagi ASN. Menurutnya, pengelolaan aset negara harus dimanfaatkan secara optimal agar dapat mensejahterakan masyarakat. 

“Kami mendukung pemanfaatan aset Kementerian Keuangan untuk public housing dan rumah negara. Namun pengelolaannya harus dilakukan oleh negara dan perlu konsep pengelolaan yang komprehensif dan berkelanjutan. Ada tanah Eks BPPN seluas 17 hektar (Ha) di daerah Kalimalang yang dapat dimanfaatkan sebagai pilot project pembangunan public housing dan rumah negara tersebut,” terangnya.

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
24/04/2024 18:39 WIB
Kereta Cepat Whoosh Angkut Lebih dari 200 Ribu Penumpang Di Angkutan Lebaran Perdana 2024
Selama masa Angkutan Lebaran KCIC melayani penumpang First Class sebanyak 4.179 penumpang, Business Class 9.443 penumpang, dan Premium Economy sebanyak 208.687 penumpang.
 
Nasional
24/04/2024 16:37 WIB
KPU Tetapkan Prabowo-Gibran Sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI Terpilih 2024-2029
"Menetapkan pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02 Bapak Haji Prabowo Subianto dan Bapak Gibran Rakabuming Raka dengan perolehan suara sebanyak 96.214.691 suara atau 58,6% dari total suara sah nasional sebagai pasangan calon presiden dan wakil presiden terpilih…
 
Nasional
23/04/2024 20:10 WIB
Komitmen Penuhi Hak Karyawan yang Tertunda, PT Perkebunan Mitra Ogan Lakukan Sejumlah Langkah ini
PT Perkebunan Mitra Ogan (PTPMO) berkomitmen penuhi hak karyawan yang masih tertunda. Sejumlah langkah untuk meningkatkan pendanaan dan kinerja perusahaan telah disiapkan perusahaan.
 
Nasional
23/04/2024 20:04 WIB
Cetak Kinerja Positif di Tahun 2023, Hana Bank Catat Total Aset Rp46,9 Triliun
PT Bank KEB Hana Indonesia (“Hana Bank” atau “Bank”) berhasil mencatatkan kinerja yang positif di penutup tahun 2023. Bank mencatat total aset (diaudit) sebesar Rp46,9 triliun pada tahun 2023 ("FY2023"), naik 0,39% secara tahunan atau year-on-year (Y-o-Y)
 
Nasional
23/04/2024 17:44 WIB
Lanjutkan Komitmen Keberlanjutan untuk Masa Depan, Inisiatif #SayangBumi dari Acer Indonesia Melakukan Penanaman Ribuan Mangrove
Dalam rangka merayakan perjalanan 25 tahun Acer di Indonesia, Acer inisiatif #SayangBumi bekerja sama dengan SeaSoldier menggelar penanaman ribuan mangrove yang dihadiri oleh ratusan relawan dalam upaya menjaga pelestarian keanekaragaman hayati di Indonesia.
 
Nasional
22/04/2024 09:40 WIB
Gandeng Komunitas Mini 4WD, Bank DKI Dorong Transaksi Non Tunai
Bank DKI gandeng komunitas Mini 4WD dalam memperkenalkan aplikasi JakOne Mobile pada penyelenggaraan JakOne Mobile Indonesia Damper Class National Championship Round I yang diselenggarakan di Jakarta, 19-21 April 2024.
 
Nasional
22/04/2024 08:42 WIB
Mirae Asset: IHSG Diprediksi Masih Konsolidasi Hari Ini Karena Rupiah dan Aksi Jual Asing
IHSG ditutup melemah -1,11% ke 7.087 pada perdagangan Jumat (19/4). Sektor keuangan dan bahan baku menjadi pemberat indeks dengan saham-saham seperti BBRI, BMRI, TLKM dan ASII. Investor asing tercatat melakukan penjualan bersih senilai IDR904bn dengan porsi net sell terbesar pada…
Telkomsel