I.E.K
Rabu, 15 Januari 2020 - 16:20 WIB

Pelindo IV Datangkan CC untuk KNP dan Pelabuhan Ternate

Foto/Roni.M/ECONOMICZONE
Foto/Roni.M/ECONOMICZONE

ECONOMIC ZONE - Manajemen PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) kembali akan mendatangkan alat berupa 2 unit Container Crane (CC) Panamax untuk ditempatkan di Kendari New Port (KNP) dan Pelabuhan Ternate. Saat ini kedua alat tersebut sedang dalam proses pengiriman dan diperkirakan tiba di lokasi masing-masing pada Februari 2020.

“Pengadaan alat tersebut merupakan program investasi Perseroan multiyears 2018-2019 yang baru akan tiba di Januari ini dan beroperasi pada Februari nanti,” kata Direktur Utama PT Pelindo IV, Farid Padang di Makassar, Selasa (14/1).

Hingga semester I 2020, Pelindo IV masih akan mendatangkan sejumlah alat guna mendukung aktivitas bongkar muat di sejumlah pelabuhan kelolaan. “Hingga akhir tahun lalu kami juga sudah mendatangkan sejumlah alat yang ditempatkan di beberapa pelabuhan, di antaranya di Makassar New Port (MNP), Pelabuhan Bitung, Pantoloan dan Pelabuhan Sorong,” katanya.

Mulai Februari hingga Juni 2020 nanti, Perseroan memang akan mendatangkan sebanyak 23 unit alat yakni Container Crane (CC) Panamax, Head Truck 6×4 dan chassis, Tronton, Reach Stacker (RS), Speed Boat dan Rubber Tired Gantry (RTG).

Alat-alat tersebut akan ditempatkan antara lain di MNP, Terminal Petikemas Bitung (TPB), Pelabuhan Kendari, Ternate, Sorong, Parepare, Tolitoli, Nunukan, Merauke, Manokwari, Jayapura dan Terminal Petikemas Makassar (TPM).

Dia berharap selain untuk meningkatkan aktivitas di pelabuhan, alat yang akan didatangkan nanti juga untuk mendukung rencana Perseroan yang menjadikan tahun ini sebagai tahun produksi.

General Manager (GM) Pelindo IV Cabang Kendari, Debby Duakaju mengatakan dengan kedatangan 1 unit CC Panamax lagi, total ada 2 unit CC yang beroperasi di KNP.

KNP yang mulai beroperasi sejak Mei 2019 merupakan pelabuhan yang dirancang dengan kapasitas jangka panjang yakni 1,2 juta TEUs dan didesain untuk kapal besar dan percepatan ekspor dari klaster tengah Sulawesi.

“Selain CC, saat ini juga ada 2 unit Reach Stacker (RS), 5 unit Head Truck dan 1 unit Forklift 7 ton yang dioperasikan di KNP,” ujar Debby.

Manajemen Pelindo IV menyiapkan KNP menjadi terminal petikemas modern menuju pelayanan berbasis digital port.

 

Komentar

Berita Lainnya

 
Nasional
2 jam yang lalu
Jelang Imlek, vivo Gelar Promo Menarik Hoki Salebration
Menyambut Imlek 2020, vivo menghadirkan Hoki Salebration untuk setiap pembelian smartphone vivo. Promo menarik ini dihadirkan selama 22-30 Januari 2020 pada vivo Official Online Store di beberapa e-commerce partner vivo Indonesia. vivo S1 Pro New Version, sebagai produk teranyar…
 
Nasional
3 jam yang lalu
Menaker Ida Ingin Santri Melek Teknologi 4.0
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menginginkan kalangan santri dan pelajar untuk menguasai teknologi
 
Nasional
24 jam yang lalu
BRI : Karyawan Huawei Yang Diduga Terkena Virus Corona Ternyata Hanya Demam
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk memastikan karyawan Huawei yang dilarikan ke rumah sakit karena demam bukan disebabkan virus corona.
 
Nasional
23/01/2020 20:08 WIB
RedDoorz Luncurkan KoolKost di Indonesia
RedDoorz,  platform manajemen dan pemesanan hotel online terbesar dengan pertumbuhan tercepat di Asia Tenggara, hari ini meluncurkan KoolKost, sebuah layanan tempat tinggal atau kos yang terjangkau dan terkelola secara keseluruhan, yang memungkinkan pelanggan menyewa kamar dengan…
 
Nasional
23/01/2020 19:51 WIB
Splendid & Extraordinary Chinese New Year Celebration
Kemeriahan menyambut Tahun Baru Imlek 2020, Central Park dan Neo Soho Mall mempersembahkan rangkaian perayaan Imlek nan megah bertajuk “Orient Vibes” yang akan berlangsung mulai tanggal 16 Januari hingga 16 Februari 2020. Dengan menampilkan berbagai kemeriahan acara dan dekorasi…
 
Nasional
22/01/2020 21:14 WIB
Diamond Food Indonesia, Tercatat Melantai di Bursa Efek Indonesia
PT Diamond Food Indonesia Tbk. (DFI), salah satu perusahaan makanan dan minuman terdepan di Indonesia, hari ini menjadi perusahaan ke-7 yang tercatat pada Bursa Efek Indonesia di tahun 2020 dengan kode saham DMND. Harga perdana saham DMND ditetapkan sebesar Rp915 per saham. 
 
Nasional
22/01/2020 19:43 WIB
PT Pembangunan Perumahan Bersama ASDP Bangun Kawasan Labuan Bajo
PT. Pembangunan Perumahan (PP) (Persero) Tbk bersinergi bersama PT. Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan Indonesia Ferry (ASDP) untuk membangun sebuah Kawasan Marina Labuan Bajo.