I.E.K
Rabu, 15 Januari 2020 - 16:20 WIB

Pelindo IV Datangkan CC untuk KNP dan Pelabuhan Ternate

Foto/Roni.M/ECONOMICZONE
Foto/Roni.M/ECONOMICZONE
Dummy

ECONOMIC ZONE - Manajemen PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) kembali akan mendatangkan alat berupa 2 unit Container Crane (CC) Panamax untuk ditempatkan di Kendari New Port (KNP) dan Pelabuhan Ternate. Saat ini kedua alat tersebut sedang dalam proses pengiriman dan diperkirakan tiba di lokasi masing-masing pada Februari 2020.

“Pengadaan alat tersebut merupakan program investasi Perseroan multiyears 2018-2019 yang baru akan tiba di Januari ini dan beroperasi pada Februari nanti,” kata Direktur Utama PT Pelindo IV, Farid Padang di Makassar, Selasa (14/1).

Hingga semester I 2020, Pelindo IV masih akan mendatangkan sejumlah alat guna mendukung aktivitas bongkar muat di sejumlah pelabuhan kelolaan. “Hingga akhir tahun lalu kami juga sudah mendatangkan sejumlah alat yang ditempatkan di beberapa pelabuhan, di antaranya di Makassar New Port (MNP), Pelabuhan Bitung, Pantoloan dan Pelabuhan Sorong,” katanya.

Mulai Februari hingga Juni 2020 nanti, Perseroan memang akan mendatangkan sebanyak 23 unit alat yakni Container Crane (CC) Panamax, Head Truck 6×4 dan chassis, Tronton, Reach Stacker (RS), Speed Boat dan Rubber Tired Gantry (RTG).

Alat-alat tersebut akan ditempatkan antara lain di MNP, Terminal Petikemas Bitung (TPB), Pelabuhan Kendari, Ternate, Sorong, Parepare, Tolitoli, Nunukan, Merauke, Manokwari, Jayapura dan Terminal Petikemas Makassar (TPM).

Dia berharap selain untuk meningkatkan aktivitas di pelabuhan, alat yang akan didatangkan nanti juga untuk mendukung rencana Perseroan yang menjadikan tahun ini sebagai tahun produksi.

General Manager (GM) Pelindo IV Cabang Kendari, Debby Duakaju mengatakan dengan kedatangan 1 unit CC Panamax lagi, total ada 2 unit CC yang beroperasi di KNP.

KNP yang mulai beroperasi sejak Mei 2019 merupakan pelabuhan yang dirancang dengan kapasitas jangka panjang yakni 1,2 juta TEUs dan didesain untuk kapal besar dan percepatan ekspor dari klaster tengah Sulawesi.

“Selain CC, saat ini juga ada 2 unit Reach Stacker (RS), 5 unit Head Truck dan 1 unit Forklift 7 ton yang dioperasikan di KNP,” ujar Debby.

Manajemen Pelindo IV menyiapkan KNP menjadi terminal petikemas modern menuju pelayanan berbasis digital port.

 

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
12 jam yang lalu
Erick Thohir Tak Ikut Uji Klinis, Jubir BUMN: Ada Syarat yang Tidak Terpenuhi
Menteri BUMN, Erick Thohir mengaku tidak ikut mendaftar untuk jadi relawan vaksin COVID-19 buatan Sinovac yang kini sudah masuk tahap ke uji klinis 3.
 
Nasional
12 jam yang lalu
KAI-Kejaksaan Teken MoU di Atas Kereta Api
PT Kereta Api Indonesia (Persero) bersama Kejaksaan Republik Indonesia menandatangani Nota Kesepahaman tentang Kerja Sama dan Koordinasi Dalam Rangka Mendukung Pelaksanaan Tugas dan Fungsi.
 
Nasional
13 jam yang lalu
Penandatanganan Akta Jual-Beli, Babak Baru Pembentukan Holding Rumah Sakit BUMN
Dalam rangka pembentukan holding rumah sakit BUMN, Pertamedika IHC melakukan penandatangan akta jual beli dengan tujuh BUMN pemilik tujuh PT Rumah Sakit BUMN.
 
Nasional
08/08/2020 08:17 WIB
Promo Foodiskon GoFood Manjakan Pecinta Kuliner Indonesia
Layanan pesan-antar makanan terbesar di Asia Tenggara GoFood kembali memanjakan masyarakat Indonesia untuk mendapatkan pengalaman kuliner yang #LebiHepi dengan promo Foodiskon yang sedang berlangsung hingga  29 September 2020.
 
Nasional
07/08/2020 14:18 WIB
Jumlah Penumpang Pesawat Bandara AP2 Naik 46 Persen di Awal Bulan Agustus
PT Angkasa Pura II (Persero) selaku pengelola 19 bandara dan personel stakeholder berkomitmen penuh menjaga dipatuhinya protokol kesehatan berstandar global di antaranya sesuai World Travel and Tourism Counci (WTTC) yang juga merujuk ke Airport Council International (ACI).
 
Nasional
07/08/2020 14:12 WIB
Trafik Penumpang Angkasa Pura I Tumbuh 110 Persen pada Juli 2020
PT Angkasa Pura I (Persero) mencatat pertumbuhan trafik penumpang pada Juli 2020 sebesar 110% dibanding Juni 2020.
 
Nasional
07/08/2020 14:07 WIB
Perindo dan Jamdatun Kerjasama Penguatan Hukum
Perusahaan Umum Perikanan Indonesia (Perum Perindo) meneken kerjasama di bidang hukum dengan Jaksa Agung Muda Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara atau Jamdatun.
Dummy