STR/Gibert Sem Sandro
Selasa, 14 Januari 2020 - 17:04 WIB

BUMN Jalin Kerja Sama Bisnis dengan Persatuan Emirat Arab

Foto/BPMI Setpres/ECONOMICZONE
Foto/BPMI Setpres/ECONOMICZONE

ECONOMIC ZONE - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, beserta Erick Thohir selaku Menteri BUMN menghadiri rapat bilateral antara Indonesia dengan Putra Mahkota Abu Dhabi, Sheiks Mohamed Bin Zayed di Istana Kepresidenan Qasr Al Watan, Abu Dhabi, Persatuan Emirat Arab (PEA) pada Minggu (12/1/2020).

Dalam rapat tersebut Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa PEA akan tetap menjadi salah satu mitra penting kerja sama ekonomi Indonesia, terutama di bidang investasi. Sebanyak 11 perjanjian bisnis dan lima perjanjian pemerintah disepakati dalam pertemuan tersebut.

"Diantaranya ada dalam bidang energi, migas, petrokimia, pelabuhan, telekomunikasi, dan riset dengan estimasi total nilai investasi hingga sebesar US$22.89 miliar atau sekitar Rp314,9 triliun", ujar Jokowi dalam pernyataannya.

Menanggapi hal tersebut, Putra Mahkota Mohamed bin Zayed menyampaikan bahwa hubungan kedua negara masih dapat ditingkatkan.

Dalam investasi yang dijalankan kedua belah pihak, bebarapa perusahaan BUMN turut berkontribusi menjalankannya. Diantaranya yaitu PT Pertamina (Persero), PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero), dan PT Perusahaan Listrik Negara (Persero).

Pertamina bekerja sama dengan Abu Dhabi National Oil Company (ADNOC), perusahaan migas yang dibangun pada 1971 yang memiliki cadangan minyak terbesar nomor tujuh di dunia.

Kemudian Pt. Pertamina juga bekerja sama dengan Mubadala Petroleum, yaitu perusahaan eksplorasi dan produksi minyak dan gas hulu Internasional yang mengelola aset dan operasi hingga mencakup 10 negara dengan fokus geografis utama di kawasan Timur Tengah, Afrika Utara, Rusia, dan Asia Tenggara.

Sementara itu, PT. Indonesia Asahan Alumunium (INALUM) bekerja sama dengan Emirates Global Aluminium (EGA) sebuah produsen 'Aluminium Premium' terbesar di dunia. Sedangkan PT. Perusahaan Listrik Negara (PLN) bekerja sama dengan Masdar yang merupakan perusahaan energi baru terbarukan (EBT) yang berbasis di Abu Dhabi, PEA.

Kerja sama antara PT.PLN dan Masdar yang disepakati diantaranya dalam pembangunan proyek Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Terapung (Floating PV) di Waduk Cirata, Jawa Barat yang direncanakan akan menjadi PLTS terbesar di Asia Tenggara.

Komentar

Berita Lainnya

 
Nasional
11 jam yang lalu
Program Berbagi ‘Berkah MyPertamina 2020’ dengan Hadiah Miliaran
 Mendukung skema pembayaran non tunai ini, PT Pertamina (persero) pun turut mengadakan program Berbagi Berkah My Pertamina
 
Nasional
16/02/2020 18:53 WIB
Batik Air Sambut Kedatangan Awak Pesawat yang Menjemput WNI dari Natuna
Batik Air menyambut kedatangan 18 awak pesawat yang telah selesai menjalani rangkaian protokol kesehatan yaitu karantina dan observasi, di natuna, Kepulauan Riau.
 
Nasional
16/02/2020 07:52 WIB
RedDoorz Penuhi Resolusi Awal Tahun Jelajahi Destinasi Wisata di Indonesia
Awal tahun merupakan saat ketika banyak orang memiliki banyak harapan dan keinginan yang ingin diwujudkan sepanjang tahun.
 
Nasional
13/02/2020 15:12 WIB
Adira Insurance Gandeng Universitas Multimedia Nusantara
Untuk turut berkontribusi mempersiapkan generasi yang mampu bersaing di Indonesia, PT. Asuransi Adira Dinamika Tbk (Adira Insurance) kembali menggulirkan Adira Insurance Cooperative Education Program (AICOP).
 
Nasional
13/02/2020 15:06 WIB
Alianz Life dan Maybank Indonesia Perkenalkan Asuransi SmartProtection
Allianz Life dan Maybank Indonesia perkenalkan perlindungan asuransi jiwa yaitu SmartProtection dan SmartProtection iB, untuk nasabah Maybank yang melakukan pinjaman untuk pembiayaan, baik dalam varian produk konvensional maupun syariah.
 
Nasional
12/02/2020 18:24 WIB
BUMN Gelar Program Magang Mahasiswa Bersertifikat, Wujudkan SDM Unggul
Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melalui Forum Human Capital Indonesia (FHCI) kembali melakukan Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB). Program ini dihadiri oleh direksi dari 143 BUMN, mahasiswa, rektor dari 300 PTN/PTS dari seluruh Tanah Air. 
 
Nasional
12/02/2020 18:20 WIB
Rebranding Logo Semen Indonesia Group
PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) melakukan rebranding menjadi Semen Indonesia Group (SIG). Aksi korporasi itu ditandai dengan peluncuran logo baru SIG yang diluncurkan di Jakarta Convention Centre (JCC), Selasa (11/2).