STR/Gibert Sem Sandro
Selasa, 14 Januari 2020 - 17:04 WIB

BUMN Jalin Kerja Sama Bisnis dengan Persatuan Emirat Arab

Foto/BPMI Setpres/ECONOMICZONE
Foto/BPMI Setpres/ECONOMICZONE
Dummy

ECONOMIC ZONE - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, beserta Erick Thohir selaku Menteri BUMN menghadiri rapat bilateral antara Indonesia dengan Putra Mahkota Abu Dhabi, Sheiks Mohamed Bin Zayed di Istana Kepresidenan Qasr Al Watan, Abu Dhabi, Persatuan Emirat Arab (PEA) pada Minggu (12/1/2020).

Dalam rapat tersebut Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa PEA akan tetap menjadi salah satu mitra penting kerja sama ekonomi Indonesia, terutama di bidang investasi. Sebanyak 11 perjanjian bisnis dan lima perjanjian pemerintah disepakati dalam pertemuan tersebut.

"Diantaranya ada dalam bidang energi, migas, petrokimia, pelabuhan, telekomunikasi, dan riset dengan estimasi total nilai investasi hingga sebesar US$22.89 miliar atau sekitar Rp314,9 triliun", ujar Jokowi dalam pernyataannya.

Menanggapi hal tersebut, Putra Mahkota Mohamed bin Zayed menyampaikan bahwa hubungan kedua negara masih dapat ditingkatkan.

Dalam investasi yang dijalankan kedua belah pihak, bebarapa perusahaan BUMN turut berkontribusi menjalankannya. Diantaranya yaitu PT Pertamina (Persero), PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero), dan PT Perusahaan Listrik Negara (Persero).

Pertamina bekerja sama dengan Abu Dhabi National Oil Company (ADNOC), perusahaan migas yang dibangun pada 1971 yang memiliki cadangan minyak terbesar nomor tujuh di dunia.

Kemudian Pt. Pertamina juga bekerja sama dengan Mubadala Petroleum, yaitu perusahaan eksplorasi dan produksi minyak dan gas hulu Internasional yang mengelola aset dan operasi hingga mencakup 10 negara dengan fokus geografis utama di kawasan Timur Tengah, Afrika Utara, Rusia, dan Asia Tenggara.

Sementara itu, PT. Indonesia Asahan Alumunium (INALUM) bekerja sama dengan Emirates Global Aluminium (EGA) sebuah produsen 'Aluminium Premium' terbesar di dunia. Sedangkan PT. Perusahaan Listrik Negara (PLN) bekerja sama dengan Masdar yang merupakan perusahaan energi baru terbarukan (EBT) yang berbasis di Abu Dhabi, PEA.

Kerja sama antara PT.PLN dan Masdar yang disepakati diantaranya dalam pembangunan proyek Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Terapung (Floating PV) di Waduk Cirata, Jawa Barat yang direncanakan akan menjadi PLTS terbesar di Asia Tenggara.

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
13 jam yang lalu
Erick Thohir Tak Ikut Uji Klinis, Jubir BUMN: Ada Syarat yang Tidak Terpenuhi
Menteri BUMN, Erick Thohir mengaku tidak ikut mendaftar untuk jadi relawan vaksin COVID-19 buatan Sinovac yang kini sudah masuk tahap ke uji klinis 3.
 
Nasional
13 jam yang lalu
KAI-Kejaksaan Teken MoU di Atas Kereta Api
PT Kereta Api Indonesia (Persero) bersama Kejaksaan Republik Indonesia menandatangani Nota Kesepahaman tentang Kerja Sama dan Koordinasi Dalam Rangka Mendukung Pelaksanaan Tugas dan Fungsi.
 
Nasional
13 jam yang lalu
Penandatanganan Akta Jual-Beli, Babak Baru Pembentukan Holding Rumah Sakit BUMN
Dalam rangka pembentukan holding rumah sakit BUMN, Pertamedika IHC melakukan penandatangan akta jual beli dengan tujuh BUMN pemilik tujuh PT Rumah Sakit BUMN.
 
Nasional
08/08/2020 08:17 WIB
Promo Foodiskon GoFood Manjakan Pecinta Kuliner Indonesia
Layanan pesan-antar makanan terbesar di Asia Tenggara GoFood kembali memanjakan masyarakat Indonesia untuk mendapatkan pengalaman kuliner yang #LebiHepi dengan promo Foodiskon yang sedang berlangsung hingga  29 September 2020.
 
Nasional
07/08/2020 14:18 WIB
Jumlah Penumpang Pesawat Bandara AP2 Naik 46 Persen di Awal Bulan Agustus
PT Angkasa Pura II (Persero) selaku pengelola 19 bandara dan personel stakeholder berkomitmen penuh menjaga dipatuhinya protokol kesehatan berstandar global di antaranya sesuai World Travel and Tourism Counci (WTTC) yang juga merujuk ke Airport Council International (ACI).
 
Nasional
07/08/2020 14:12 WIB
Trafik Penumpang Angkasa Pura I Tumbuh 110 Persen pada Juli 2020
PT Angkasa Pura I (Persero) mencatat pertumbuhan trafik penumpang pada Juli 2020 sebesar 110% dibanding Juni 2020.
 
Nasional
07/08/2020 14:07 WIB
Perindo dan Jamdatun Kerjasama Penguatan Hukum
Perusahaan Umum Perikanan Indonesia (Perum Perindo) meneken kerjasama di bidang hukum dengan Jaksa Agung Muda Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara atau Jamdatun.
Dummy