I.E.K
Sabtu, 11 Januari 2020 - 11:20 WIB

Transformasi Bus Transjakarta, KRL Hingga Kereta Bandara, KAI Dan MRT Jalin Kerjasama

Foto/I.E.K/ECONOMICZONE
Foto/I.E.K/ECONOMICZONE
Dummy

ECONOMIC ZONE - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama PT MRT Jakarta (Perseroda) dan PT Kereta Api Indonesia (Persero) sepakat untuk membuat perusahaan Join Venture terkait Penataan Stasiun Terintegrasi dengan moda transportasi lain di wilayah Jakarta. 

“Arahan Presiden adalah untuk membentuk perusahaan yang melakukan pengelolaan moda transportasi publik yang terpadu dan terintegrasi. Alhamdulillah arahan tersebut dapat terealisasikan hari ini dengan
penandatanganan perjanjian kerja sama antara PT KAI Persero dan PT MRT Jakarta Perseroda,” ujar Menteri BUMN Erick Thohir di Jakarta, Jumat (10/1).

Menurutnya, penandatangan kerjasama yang dilakukan hari ini tidak mungkin ini terjadi jika tidak ada tim work yang bagus antara Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Kementerian Perhubungan dan Kementerian BUMN. “Kalau tidak ada tim work antara Gubernur DKI, Menteri Perhubungan dan Menteri BUMN maupun timnya MRT, KAI dan lain-lain, maka perusahaan Join Venture ini tidak akan terlaksana,” tambahnya.

Menteri BUMN menegaskan loyalitas diperlukan dalam mengemban amanah dari visi presiden Joko Widodo. Sebagai pembantu Presiden, pihaknya harus menjalani dengan sungguh-sungguh terkait target yang telah ditetapkan Presiden. “Alhamdulillah, dari beberapa KPI sudah terlaksana dengan baik. Akhlak yang baik adalah yang terpenting kalau kita diberikan sebuah amanah,” jelasnya.

Dirinya mencontohkan, pembentukan perusahaan Join Venture ini memilki kekuasaan yang besar dan hebat. Yaitu mensinergikan moda transportasi Transjakarta, MRT, Ojol hingga KCI. Wilayah kerja perusahaan JV tersebut meliputi Jaklingko hingga kereta airport yang telah melayani 1,9 juta penumpang per hari. “Namun kalau akhlaknya nggak bener, ya percuma juga,” jelasnya. 

Terkait langkah perusahan JV selanjutnya, Erick Tohir menyerahkan sepenuhnya kepada Rapat Umum Pemegang Saham. BUMN sebagai salah satu pemilik saham tentu akan terus dilibatkan dalam pengambilan kebijakan, termasuk didalamnya penempatan jajaran direksi atau komisaris.

 

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
14/07/2020 07:25 WIB
Dukung Kebangkitan Pariwisata, LinkAja Hadirkan Pembayaran Digital di Pantai Pandawa
Memasuki era new normal, Bali mulai bersiap membuka pintu pariwisata. Pantai Pandawa yang berlokasi di Kabupaten Badung, Bali, telah resmi dibuka untuk umum pada tanggal 9 Juli 2020.
 
Nasional
14/07/2020 07:21 WIB
Bandara Soetta Berupaya Penuhi Tiga Objektif Dalam Penerapan ACDM
Para stakeholder penerbangan nasional mengungkapkan bahwa Airport Collaborative Decision Making (A-CDM) dinilai sangat penting untuk segera diterapkan secara penuh di Indonesia untuk efisiensi dan efektifitas sektor penerbangan nasional.
 
Nasional
11/07/2020 21:17 WIB
Dua KA Tujuan Bandung Tetap Beroperasi Pada Hari Senin dari Stasiun Gambir
PT KAI Daop 1 kini menjalankan 2 KA Argo Parahyangan dari Stasiun Gambir. Namun, Calon penumpang yang akan memanfaatkan jasa KA Argo Parahyangan harus memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan.
 
Nasional
11/07/2020 21:10 WIB
Hankook Tire Raih Predikat Pemasok Terbaik tahun 2019
Hankook Tire dinobatkan sebagai “GM Supplier of The Year” atau Pemasok Terbaik GM oleh General Motors, produsen kendaraan asal Amerika Serikat yang menaungi merk-merk ternama seperti Chevrolet dan Buick, dalam ajang penghargaan Pemasok Terbaik tahunan ke-28 perusahaan pada…
 
Nasional
11/07/2020 21:04 WIB
Klaster Pangan BUMN Bersinergi Tingkatkan Produktivitas Pertanian Melalui Corporate Farming
PT Sang Hyang Seri (Persero) (SHS), PT Pertani (Persero), dan Klaster Pangan BUMN menjalin kerjasama pengembangan pertanian di lahan HGU SHS Sukamandi seluas 1.000 hektar.
 
Nasional
10/07/2020 19:53 WIB
Perluas akses Produk dan Layanan, Pegadaian Kembangkan Agen Komunitas dan Prioritas
PT Pegadaian (Persero) berhasil mencatat lonjakan jumlah agen sebesar 25.435 naik 34,68 persen dibandingkan periode yang sama Juni 2019 sebanyak 18.885 agen.
 
Nasional
10/07/2020 19:49 WIB
Hadirkan Teknologi Twin Inverter, Kulkas AQUA Japan Lebih Hemat Energi
Teknologi inverter pada peralatan eleketronik rumah tangga, seperti halnya kulkas, sudah cukup familiar saat ini bagi masyarakat Indonesia.
Dummy