I.E.K
Sabtu, 11 Januari 2020 - 11:20 WIB

Transformasi Bus Transjakarta, KRL Hingga Kereta Bandara, KAI Dan MRT Jalin Kerjasama

Foto/I.E.K/ECONOMICZONE
Foto/I.E.K/ECONOMICZONE

ECONOMIC ZONE - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama PT MRT Jakarta (Perseroda) dan PT Kereta Api Indonesia (Persero) sepakat untuk membuat perusahaan Join Venture terkait Penataan Stasiun Terintegrasi dengan moda transportasi lain di wilayah Jakarta. 

“Arahan Presiden adalah untuk membentuk perusahaan yang melakukan pengelolaan moda transportasi publik yang terpadu dan terintegrasi. Alhamdulillah arahan tersebut dapat terealisasikan hari ini dengan
penandatanganan perjanjian kerja sama antara PT KAI Persero dan PT MRT Jakarta Perseroda,” ujar Menteri BUMN Erick Thohir di Jakarta, Jumat (10/1).

Menurutnya, penandatangan kerjasama yang dilakukan hari ini tidak mungkin ini terjadi jika tidak ada tim work yang bagus antara Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Kementerian Perhubungan dan Kementerian BUMN. “Kalau tidak ada tim work antara Gubernur DKI, Menteri Perhubungan dan Menteri BUMN maupun timnya MRT, KAI dan lain-lain, maka perusahaan Join Venture ini tidak akan terlaksana,” tambahnya.

Menteri BUMN menegaskan loyalitas diperlukan dalam mengemban amanah dari visi presiden Joko Widodo. Sebagai pembantu Presiden, pihaknya harus menjalani dengan sungguh-sungguh terkait target yang telah ditetapkan Presiden. “Alhamdulillah, dari beberapa KPI sudah terlaksana dengan baik. Akhlak yang baik adalah yang terpenting kalau kita diberikan sebuah amanah,” jelasnya.

Dirinya mencontohkan, pembentukan perusahaan Join Venture ini memilki kekuasaan yang besar dan hebat. Yaitu mensinergikan moda transportasi Transjakarta, MRT, Ojol hingga KCI. Wilayah kerja perusahaan JV tersebut meliputi Jaklingko hingga kereta airport yang telah melayani 1,9 juta penumpang per hari. “Namun kalau akhlaknya nggak bener, ya percuma juga,” jelasnya. 

Terkait langkah perusahan JV selanjutnya, Erick Tohir menyerahkan sepenuhnya kepada Rapat Umum Pemegang Saham. BUMN sebagai salah satu pemilik saham tentu akan terus dilibatkan dalam pengambilan kebijakan, termasuk didalamnya penempatan jajaran direksi atau komisaris.

 

Komentar

Berita Lainnya

 
Nasional
17 jam yang lalu
Paket 3 Jalan Tol Japek II Selatan Ditargetkan Beroperasi Lebaran 2020
PT Jasa Marga (Persero) Tbk. melalui kelompok usahanya PT Jasamarga Japek Selatan (JJS), optimis sebagian Paket 3 Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan dapat dilintasi saat libur Lebaran 2020 secara fungsional. Pekerjaan konstruksi Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan dimulai dari…
 
Nasional
18 jam yang lalu
Angkasa Pura II Kembangkan Bandara Soetta Jadi Destinasi Wisata dan Seni Budaya
Bandara Internasional Soekarno-Hatta menjadi gerbang masuknya wisatawan manca negara untuk berkunjung ke Indonesia. Jumlah wisman yang masuk melalui Soekarno-Hatta pada 2019 mencapai 3,52 juta orang dan diprediksi pada 2020 akan meningkat sekitar 13,6 persen menjadi 4 juta wisman. 
 
Nasional
18/01/2020 22:45 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir Berencana Petakan BUMN antara Bisnis dan Sosial
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, berencana memisahkan kategori BUMN. Yaitu, BUMN yang fokus pada aspek bisnis, dan juga BUMN yang berfokus pada aspek bisnis serta tanggung jawab sosial.
 
Nasional
18/01/2020 12:37 WIB
Jokowi tegaskan Masterplan Banjir di Jakarta Sudah Ada
Presiden Joko Widodo mengatakan masterplan untuk banjir Jakarta sudah ada sejak tahun 1973. Hal ini di ungkapkan Jokowi di sebabkan curah hujan yang masih tinggi di wilayah Ibukota dan sekitarnya.
 
Nasional
18/01/2020 12:35 WIB
Rencana Pencabutan Subsidi Elpiji 3 Kg Masih Tunggu Izin Jokowi
Rencana pencabutan Subsidi Elpiji 3 Kilogram (kg) pemerintah masih menunggu izin dari Presiden Joko Widodo. Subsidi akan diberikan langsung kepada yang berhak menerima.
 
Nasional
17/01/2020 16:21 WIB
KPR Gaeesss BTN Ditargetkan Capai Rp 11 Triliun
Executive Vice President Nonsubsidized Mortgage & Consumer Lending Division (NSLD) BTN Suryanti Agustinar mengatakan tidak bisa dipungkiri hingga kini konsumen usia muda atau yang lebih dikenal generasi milenial masih kesulitan mengakses layanan Kredit Kepemilikan Rumah maupun Apartemen…
 
Nasional
17/01/2020 16:17 WIB
Direktur Utama PT.ASABRI Bantah Dugaan Korupsi
Direktur Utama PT.Asuransi Sosial Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Asabri) , Sonny Widjaja bersama Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) dan Umum, Herman Hidayat memberikan keterangan press terkait pemberitaan korupsi PT. Asabri (Persero) di Gedung Asabri, Jakarta, Kamis (16/1/2020). …