I.E.K
Minggu, 05 Januari 2020 - 12:36 WIB

Pertamina Terjunkan Tim Inspeksi, Operasional SPBU Terdampak Banjir Berangsur Pulih

Foto/Dok-Pertamina/ECONOMICZONE
Foto/Dok-Pertamina/ECONOMICZONE

ECONOMIC ZONE - PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) III secara intensif menerjukan tim inspeksi untuk mempercepat persiapan operasional SPBU yang terdampak banjir di wilayah Jakarta, Bekasi, dan Tangerang.

“Tim inspeksi tersebut merupakan personil dari fungsi Health Safety Security Environment (HSSE) serta fungsi teknik yang bertugas memastikan kesiapan keamanan operasional SPBU, bekerjasama dengan beberapa institusi terkait,” kata Unit Manager Communication, Relations & CSR Pertamina MOR III Dewi Sri Utami di Jakarta, Sabtu (4/1).

Tim yang bertugas sejak tanggal 1 Januari lalu, berangsur membantu persiapan pemulihan operasional SPBU, dimana bertambah jumlah yang SPBU mulai beroperasi. Sehingga hanya tinggal 7 SPBU yang belum siap operasi karena masih dalam proses pembersihan. 7 SPBU ini diharapkan dapat segera beroperasi dalam waktu dekat.

“Saat ini air berangsur surut dan sebelum SPBU beroperasi, Pertamina melakukan upaya pembersihan. Baik tim HSSE dan tim teknis terus bertugas setiap hari memastikan aliran listrik sudah terpasang dan bisa mengalirkan arus listrik dengan baik dan aman, serta memastikan kondisi pengamanan di sekitar tangki BBM,” ujarnya.

Dia menjelaskan, langkah mitigasi Pertamina sudah dilakukan sejak air mulai menggenangi jalan akses ke SPBU. SPBU Pertamina pada umumnya dibangun di dataran yang lebih tinggi dari jalan raya, sehingga petugas dapat melakukan upaya mitigasi sebelum air masuk ke SPBU. Upaya mitigasi ini diantaranya pemompaan air dan menyiapkan penutup tambahan yang akan ditempatkan di atas tangki-tangki pendam sebagai tempat penyimpanan BBM. Pertamina juga menyiapkan snake absorbent, yakni alat khusus yang digunakan untuk melokalisir minyak di air, sehingga akan mencegah minyak untuk menyebar.

Sebelum beroperasi kembali, Dewi menambahkan, Pertamina fokus dalam menjaga kualitas produk BBM. Selain itu, memastikan ulang keselamatan instalasi kelistrikan di SPBU dan sekitarnya, serta fasilitas lainnya yakni dispenser, pompa submersible, dan membersihkan area jalan (drive way).

“Kami bersama instansi terkait melakukan pemeriksaan seluruh SPBU Pertamina dan tidak ada BBM yang keluar dari tempat penyimpanannya (tangki pendam). Kami juga bersiaga untuk menghadapi curah hujan yang diperkirakan masih tinggi pada beberapa hari ke depan,” tambahnya.

Berikut daftar SPBU yang masih belum beroperasi serta kondisi penanganannya hingga Sabtu (4/1):

  1. SPBU 3111702 di Jalan Daan Mogot KM.10, Jakarta Barat (tahap pembersihan).
  2. SPBU 3411705 di Jalan Duri Kosambi, Jakarta Barat (tahap pembersihan dan pemeriksaan kelistrikan).
  3. SPBU 3411704 di Jalan Daan Mogot, Jakarta Barat (tahap pembersihan dan
    pemeriksaan kelistrikan).
  4. SPBU 3411502 di Kompleks Green Garden, Jakarta Barat (tahap pembersihan).
  5. SPBU 3417528 di Jalan Tol Jakarta-Cikampek KM19, Kabupaten Bekasi (tahap pembersihan).
    6.SPBU 3415116 di Mulia Ciledug, Kota Tangerang (tahap pembersihan).
  6. SPBU 3414404 di Jalan Raya Kapuk Kamal, Jakarta Utara.

Komentar

Berita Lainnya

 
Nasional
2 jam yang lalu
Jelang Imlek, vivo Gelar Promo Menarik Hoki Salebration
Menyambut Imlek 2020, vivo menghadirkan Hoki Salebration untuk setiap pembelian smartphone vivo. Promo menarik ini dihadirkan selama 22-30 Januari 2020 pada vivo Official Online Store di beberapa e-commerce partner vivo Indonesia. vivo S1 Pro New Version, sebagai produk teranyar…
 
Nasional
3 jam yang lalu
Menaker Ida Ingin Santri Melek Teknologi 4.0
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menginginkan kalangan santri dan pelajar untuk menguasai teknologi
 
Nasional
24 jam yang lalu
BRI : Karyawan Huawei Yang Diduga Terkena Virus Corona Ternyata Hanya Demam
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk memastikan karyawan Huawei yang dilarikan ke rumah sakit karena demam bukan disebabkan virus corona.
 
Nasional
23/01/2020 20:08 WIB
RedDoorz Luncurkan KoolKost di Indonesia
RedDoorz,  platform manajemen dan pemesanan hotel online terbesar dengan pertumbuhan tercepat di Asia Tenggara, hari ini meluncurkan KoolKost, sebuah layanan tempat tinggal atau kos yang terjangkau dan terkelola secara keseluruhan, yang memungkinkan pelanggan menyewa kamar dengan…
 
Nasional
23/01/2020 19:51 WIB
Splendid & Extraordinary Chinese New Year Celebration
Kemeriahan menyambut Tahun Baru Imlek 2020, Central Park dan Neo Soho Mall mempersembahkan rangkaian perayaan Imlek nan megah bertajuk “Orient Vibes” yang akan berlangsung mulai tanggal 16 Januari hingga 16 Februari 2020. Dengan menampilkan berbagai kemeriahan acara dan dekorasi…
 
Nasional
22/01/2020 21:14 WIB
Diamond Food Indonesia, Tercatat Melantai di Bursa Efek Indonesia
PT Diamond Food Indonesia Tbk. (DFI), salah satu perusahaan makanan dan minuman terdepan di Indonesia, hari ini menjadi perusahaan ke-7 yang tercatat pada Bursa Efek Indonesia di tahun 2020 dengan kode saham DMND. Harga perdana saham DMND ditetapkan sebesar Rp915 per saham. 
 
Nasional
22/01/2020 19:43 WIB
PT Pembangunan Perumahan Bersama ASDP Bangun Kawasan Labuan Bajo
PT. Pembangunan Perumahan (PP) (Persero) Tbk bersinergi bersama PT. Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan Indonesia Ferry (ASDP) untuk membangun sebuah Kawasan Marina Labuan Bajo.