Aldhi Chandra
Jumat, 03 Januari 2020 - 10:43 WIB

Banjir 2020, Adira Insurance Siap Lindungi Aset Pelanggan

Foto/Dawi F/ECONOMICZONE
Foto/Dawi F/ECONOMICZONE
Dummy

ECONOMIC ZONE - Hujan terus-menerus sejak malam pergantian tahun baru 2020 ini mengakibatkan banjir cukup tinggi di sejumlah wilayah Jabodetabek. Dampak dari risiko banjir ini tidak hanya mengancam properti seperti rumah, gedung perkantoran, dan pabrik tetapi juga mengancam kendaraan bermotor serta jiwa dan raga manusia.

Persoalannya, belum banyak masyarakat yang memahami bahwa perlindungan asuransi bisa menjamin risiko banjir terhadap aset-aset Pelanggan. Tidak hanya melindungi properti dan kendaraan bermotor Pelanggan, asuransi yang menjamin risiko banjir merupakan perluasan dari jaminan utama yang dapat menjamin risiko isi properti Pelanggan.

Julian Noor, Chief Executive Officer PT. Asuransi Adira Dinamika Tbk. (Adira Insurance), menambahkan, “Berkaitan dengan musibah kali ini, Adira Insurance memiliki produk yang dapat dilindungi dari risiko banjir seperti asuransi kendaraan baik mobil (Autocillin) maupun motor (Motopro), lalu asuransi properti seperti rumah tinggal (Home Insurance) maupun ruko
(Arthacillin).”

Pelanggan dapat melakukan pengalihan risiko banjir ke pihak yang bersedia menanggung, dalam hal ini perusahaan asuransi kerugian dengan cara membeli jaminan perluasan banjir. Produk ini menjamin aset-aset Pelanggan dari ancaman banjir. Julian menegaskan, “Namun perlu dicatat bahwa klaim akan berlaku bagi pemegang polis yang sudah memperluas jaminan risiko banjir. Tidak semua polis asuransi kendaraan dan properti diperluas dengan cover risiko banjir, sehingga hanya kendaraan dan properti yang diperluas risiko banjir yang dapat pergantian asuransi.”

Julian mengingatkan agar klaim banjir dapat diterima, Pelanggan harus memastikan dengan membeli perluasan jaminan yang diakibatkan oleh banjir. “Pelanggan harus memahami isi dari polis asuransi agar tidak terjadi kesalahpahaman dalam berasuransi,” tambah Julian. Lalu bagaimana klaim asuransi khususnya kendaraan yang masih ditolak asuransi.

Hal ini berhubungan apabila Pelanggan secara sengaja mengendarainya atau menerjang saat banjir.  “Sudah tahu ada banjir, Pelanggan tetap nekat menerobos banjir tentunya pihak asuransi akanmenolak klaim ini. Kasus ini masuk dalam pengecualian yang tidak dijamin dalam polis asuransi.

Namun yang terjadi saat ini banyak kendaraan yang posisinya sedang parkir di rumah dan ternyata diterjang banjir, hal itu bisa dicover tetapi tetap harus ada perluasan banjir,” tambah
Julian.

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
4 jam yang lalu
Dukung Pemerintah dalam Perangi COVID-19 PTPP Perketat Penyebaran Virus di Lingkungan Perusahaan
PT PP (Persero) Tbk, salah satu perusahaan konstruksi dan investasi terkemuka di Indonesia (“Perseroan”) terus menekan penyebaran Corona Virus-19 (“COVID-19”) yang berada di sekitar lingkungan kerja perusahaan baik di perkantoran maupun di lingkungan proyek.
 
Nasional
4 jam yang lalu
Wujudkan Perlindungan Bagi Seluruh Pekerja, Wapres Serahkan Paritrana Award 2019
Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) bersama dengan BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) kembali memberikan apresiasi kepada pemerintah daerah dan para pelaku usaha yang memiliki komitmen serta dukungan terhadap pelaksanaan jaminan sosial…
 
Nasional
4 jam yang lalu
Di Depan Pengusaha, Menaker Ida Ungkap Strategi Hadapi Tranformasi Ketenagakerjaan
Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, mengungkapkan berbagai strategi menghadapi transformasi ketenagakerjaan akibat Revolusi Industri 4.0 dan dampak pandemi Covid-19.
 
Nasional
11/08/2020 19:22 WIB
Merambah Bisnis Di Luar Akomodasi, OYO Indonesia Luncurkan Kopi Cinta
Merespon perkembangan budaya ngopi dan meningkatnya permintaan akan produk F&B di jaringan hotelnya, OYO Hotels and Homes, jaringan akomodasi terkemuka di Indonesia kembali meluncurkan inovasi terbaru di industri hospitality dengan meluncurkan brand kopi independen bernama ‘Kopi…
 
Nasional
11/08/2020 09:14 WIB
Angkasa Pura 1 Kembangkan Lima Bandara, Perluas konektivitas dan Pariwisata
PT Angkasa Pura I sejak 2018 telah menyelesaikan empat pembangunan dan pengembangan bandara, dua di antaranya telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo.
 
Nasional
11/08/2020 09:07 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir: Kesehatan Pulih, Ekonomi Bangkit
Pemerintah saat ini sedang berupaya keras melewati badai pandemi dengan menangani sisi kesehatan dan perekonomian secara bersamaan. Ada tiga fokus utama pemerintah menghadapi pandemi Covid-19, yaitu Indonesia Sehat, Bekerja dan Tumbuh.
 
Nasional
11/08/2020 09:02 WIB
Inisiatif #MelajuBersamaGojek Hadirkan Solusi Inklusif dan Komprehensif bagi Jutaan UMKM untuk Go-Digital
Menyambut peringatan hari Nasional UMKM Indonesia pada 12 Agustus 2020, Gojek, super app terdepan di Asia Tenggara hari ini meluncurkan inisiatif #MelajuBersamaGojek sebagai solusi inklusif dan komprehensif (hulu ke hilir) bagi UMKM untuk go-digital.
Dummy