Aldhi Chandra
Kamis, 02 Januari 2020 - 19:49 WIB

Direktur Pengembangan BEI Tanggapi Sindiran Jokowi Mengenai Goreng Saham

Foto/HendraWiradi/ECONOMICZONE
Foto/HendraWiradi/ECONOMICZONE

ECONOMIC ZONE - Direktur Pengembangan Bursa Efek Indonesia (BEI), Hasan Fawzi, mengklaim bahwa pihaknya sudah menindak tegas pelaku pasar modal yang terlibat praktik jual beli saham ilegal. Dari pernyataan untuk menanggapi keinginan Presiden Joko Widodo yang ingin membersihkan praktik-praktik saham secara ilegal.

Hasan memberi tanggapan selama ini pihaknya sudah bekerja keras mengawasi dan menjaga agar praktik-praktik yang manipulasi pasar tidak terjadi. Sejauh ini, seluruh transaski untuk menciptakan harga sudah benar-benar murni terjadi dalam mekanisme pasar.

Bursa Efek Indonesia tengah memiliki direktorat khusus untuk melakukan pengawasan transaksi yang baik. Begitu juga Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang memiliki deputi komisioner dapertemen dan direktur yang khusus mengawasi jalannya transaksi saham.

"Tujuannya untuk berupaya menghilangkan meminimalisir prakter yang menciptakan harga yang tidak wajar melalui kemungkinan manipulasi harga oleh pihak yang tidak bertanggung jawab," kata Hasan di Bursa Efek Indonesia

Hasan mengatakan, jika berkaca pada tiga sampai empat bulan lalu masyarakat bisa melihat sendiri penegakan peraturan yang dilakukan oleh BEI, OJK dan juga Kementerian Keuangan. Dalam kasus manipulasi laporan keuangan Garuda Indonesia, pihaknya secara tegas memberikan hukuman kepada perseroan.

"Dengan adanya pesan presiden akan jadi pegangan kami untuk terus menjaga secara preventif agar praktek ini tidak terjadi. Tapi kalaupun ada indikasi, kebijakan yang kami lakukan seperti kemarin, seperti penegakan ketentuan dengan pengenaan sanksi ketentuan yag ada. Ini yang akan kami jaga untuk melindungi investor dan integritas pasar," ujar dia.

Komentar

Berita Lainnya

 
Nasional
2 jam yang lalu
Jelang Imlek, vivo Gelar Promo Menarik Hoki Salebration
Menyambut Imlek 2020, vivo menghadirkan Hoki Salebration untuk setiap pembelian smartphone vivo. Promo menarik ini dihadirkan selama 22-30 Januari 2020 pada vivo Official Online Store di beberapa e-commerce partner vivo Indonesia. vivo S1 Pro New Version, sebagai produk teranyar…
 
Nasional
3 jam yang lalu
Menaker Ida Ingin Santri Melek Teknologi 4.0
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menginginkan kalangan santri dan pelajar untuk menguasai teknologi
 
Nasional
24 jam yang lalu
BRI : Karyawan Huawei Yang Diduga Terkena Virus Corona Ternyata Hanya Demam
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk memastikan karyawan Huawei yang dilarikan ke rumah sakit karena demam bukan disebabkan virus corona.
 
Nasional
23/01/2020 20:08 WIB
RedDoorz Luncurkan KoolKost di Indonesia
RedDoorz,  platform manajemen dan pemesanan hotel online terbesar dengan pertumbuhan tercepat di Asia Tenggara, hari ini meluncurkan KoolKost, sebuah layanan tempat tinggal atau kos yang terjangkau dan terkelola secara keseluruhan, yang memungkinkan pelanggan menyewa kamar dengan…
 
Nasional
23/01/2020 19:51 WIB
Splendid & Extraordinary Chinese New Year Celebration
Kemeriahan menyambut Tahun Baru Imlek 2020, Central Park dan Neo Soho Mall mempersembahkan rangkaian perayaan Imlek nan megah bertajuk “Orient Vibes” yang akan berlangsung mulai tanggal 16 Januari hingga 16 Februari 2020. Dengan menampilkan berbagai kemeriahan acara dan dekorasi…
 
Nasional
22/01/2020 21:14 WIB
Diamond Food Indonesia, Tercatat Melantai di Bursa Efek Indonesia
PT Diamond Food Indonesia Tbk. (DFI), salah satu perusahaan makanan dan minuman terdepan di Indonesia, hari ini menjadi perusahaan ke-7 yang tercatat pada Bursa Efek Indonesia di tahun 2020 dengan kode saham DMND. Harga perdana saham DMND ditetapkan sebesar Rp915 per saham. 
 
Nasional
22/01/2020 19:43 WIB
PT Pembangunan Perumahan Bersama ASDP Bangun Kawasan Labuan Bajo
PT. Pembangunan Perumahan (PP) (Persero) Tbk bersinergi bersama PT. Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan Indonesia Ferry (ASDP) untuk membangun sebuah Kawasan Marina Labuan Bajo.