I.E.K
Jumat, 27 Desember 2019 - 18:08 WIB

SMF Alirkan Pinjaman Subordinasi Rp3 Triliun Ke Bank BTN

Foto/HediSuryono/ECONOMICZONE
Foto/HediSuryono/ECONOMICZONE
Dummy

ECONOMIC ZONE - PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) atau SMF mengalirkan dana pinjaman subordinasi sebesar Rp3 triliun kepada PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) untuk mendukung peningkatan kontribusi BTN dalam Program Satu Juta Rumah. Kerjasama tersebut ditandai dengan penandatanganan perjanjian pinjaman antara Direktur Utama SMF, Ananta Wiyogo dan Direktur Bank BTN, Nixon Napitupulu, pada Jum’at (27/12).

Kerja sama ini merupakan bentuk dukungan SMF kepada Bank BTN yang merupakan mitra stratejik SMF sejak tahun 2006, selain itu Bank BTN merupakan kontributor utama dalam penyaluran KPR bagi MBR.

“Kami berharap pinjaman ini dapat memperkuat pemodalan Bank BTN, sehingga dapat meningkatkan kontribusinya di Program Satu Juta Rumah, yang dicanangkan oleh Pemerintah. Hal ini sejalan dengan visi SMF dalam mendukung ketersediaan rumah yang layak dan terjangkau bagi setiap keluarga Indonesia,” kata Direktur Utama SMF, Ananta Wiyogo di Jakarta, Jumat (27/12).

Pinjaman subordinasi tersebut, berjangka waktu pinjaman 5 tahun, dengan suku bunga fixed selama jangka waktu pinjaman. Pinjaman ini bertujuan untuk meningkatkan permodalan BTN sehingga dapat terus menjalankan perannya sebagai kontributor utama dalam Kredit Pemilikan Rumah bagi MBR (Masyarakat Berpenghasilan Rendah).
Kerja sama dalam hal pinjaman subordinasi telah tertuang di Rencana Bisnis Bank (RBB) Bank BTN di tahun 2019 dan merupakan pinjaman subordinasi kedua setelah yang pertama disalurkan pada tahun 2016 senilai Rp 3 Triliun, sehingga pinjaman subordinasi yang telah disalurkan SMF telah mencapai Rp6 triliun.

Pinjaman Subordinasi sebagaimana telah diatur oleh peraturan Pemerintah, akan digunakan sebagai instrumen penambahan modal atau juga disebut junior loan. Adapun penyaluran pinjaman subordinasi tahun ini adalah kedua kalinya setelah di tahun 2016 SMF memberikan pinjaman subordinasi senilai Rp 3 Triliun yang akan jatuh tempo di tahun 2021.

Kerja sama ini merujuk kepada Peraturan Otoritas Jasa Keuangan atau POJK No 34/POJK.03/2016 tentang perubahan atas POJK No 11/POJK.03/2016 tentang Kewajiban Penyediaan Modal Minimum Bagi Bank Umum.

Bank BTN ditunjuk pemerintah menyediakan rumah bagi kaum milenial di Indonesia. Dana pinjaman tersebut akan mendukung upaya perseroan menghadirkan rumah bagi generasi muda tersebut.

“Selain akan meningkatkan posisi CAR (Capital Adequacy Ratio) kami, pinjaman subordinasi ini juga akan menjadi amunisi untuk menyalurkan kredit di tahun depan dalam rangka menyediakan rumah bagi para milenial,” ujar Direktur Utama Bank BTN Pahala N. Mansury.

Adapun, pada 2020, emiten bersandi saham ini membidik rasio kecukupan modal perseroan berada di level 17%-19%.

 

 

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
11/07/2020 21:17 WIB
Dua KA Tujuan Bandung Tetap Beroperasi Pada Hari Senin dari Stasiun Gambir
PT KAI Daop 1 kini menjalankan 2 KA Argo Parahyangan dari Stasiun Gambir. Namun, Calon penumpang yang akan memanfaatkan jasa KA Argo Parahyangan harus memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan.
 
Nasional
11/07/2020 21:10 WIB
Hankook Tire Raih Predikat Pemasok Terbaik tahun 2019
Hankook Tire dinobatkan sebagai “GM Supplier of The Year” atau Pemasok Terbaik GM oleh General Motors, produsen kendaraan asal Amerika Serikat yang menaungi merk-merk ternama seperti Chevrolet dan Buick, dalam ajang penghargaan Pemasok Terbaik tahunan ke-28 perusahaan pada…
 
Nasional
11/07/2020 21:04 WIB
Klaster Pangan BUMN Bersinergi Tingkatkan Produktivitas Pertanian Melalui Corporate Farming
PT Sang Hyang Seri (Persero) (SHS), PT Pertani (Persero), dan Klaster Pangan BUMN menjalin kerjasama pengembangan pertanian di lahan HGU SHS Sukamandi seluas 1.000 hektar.
 
Nasional
10/07/2020 19:53 WIB
Perluas akses Produk dan Layanan, Pegadaian Kembangkan Agen Komunitas dan Prioritas
PT Pegadaian (Persero) berhasil mencatat lonjakan jumlah agen sebesar 25.435 naik 34,68 persen dibandingkan periode yang sama Juni 2019 sebanyak 18.885 agen.
 
Nasional
10/07/2020 19:49 WIB
Hadirkan Teknologi Twin Inverter, Kulkas AQUA Japan Lebih Hemat Energi
Teknologi inverter pada peralatan eleketronik rumah tangga, seperti halnya kulkas, sudah cukup familiar saat ini bagi masyarakat Indonesia.
 
Nasional
10/07/2020 19:44 WIB
Kredit Digital Tingkatkan Kepercayaan pada Industri E-Commerce Indonesia di Tengah Pandemi
Pandemi membuat pilihan berbelanja di e-commerce dengan metode pembayaran yang praktis menjadi salah satu solusi yang tepat bagi masyarakat saat ini.
 
Nasional
10/07/2020 19:35 WIB
Fokus Bertransformasi Secara Digital, Adira Insurance Berhasil Rebut Perhatian Generasi Millenials
Pandemi COVID-19 membawa sejumlah perubahan besar dalam tatanan kehidupan. Perubahan ini hanya dapat dihadapi dengan beradaptasi dan berinovasi.
Dummy