RM
Selasa, 26 November 2019 - 18:22 WIB

Ajang Percepatan Digitalisasi Sektor Konstruksi, Di Digital Construction Day Internasional Conference dan Workshop 2019

Digital Construction Day Internasional Conference dan Workshop 2019, di Jakarta, Selasa (26/11/2019).Foto/ROni.M/ECONOMICZONE
Digital Construction Day Internasional Conference dan Workshop 2019, di Jakarta, Selasa (26/11/2019).Foto/ROni.M/ECONOMICZONE

ECONOMIC ZONE - Menteri Riset dan Teknologi, Bambang Brodjonegoro mengungkapkan kemampuan digital masyarakat Indonesia perlu terus ditingkatkan secara massif. Pemerintah tidak ingin Indonesia tertinggal dalam mengadopsi Revolusi Industri yang sedang berlangsung. 

“Kami ingin Indonesia tidak ketinggalan dalam mengadopsi revolusi industri 4.0 untuk semua teknologi yang akan berkembang. Karena itulah kita harus memastikan SDM tersedia sehingga kita bisa beradaptasi dengan semua jenis teknologi yang muncul dalam revolusi industri 4.0,” kata Menristek Bambang Brodjonegoro dalam The 2nd international conference and workshop yang digelar PT PP di Jakarta, Selasa (26/11).

Dalam sektor kontruksi, lanjutnya, banyak hal yang perlu ditingkatkan dalam Building Information Modelling (BIM) seperti penggunaan 3D printing, penggunaan digital aplikasi, hingga sistem keamanan konstruksi. 

“Acara ini merupakan salah satu bukti bahwa sektor konstruksi Indonesia tidak mau ketinggalan di bidang penerapan teknologi digital melalui Building Information Building. Saat ini, 3D printing sudah mulai menjadi mainstream, paling tidak dalam desain. 3D printing ini sudah mulai berkembang di dalam konstruksi. Penguasaan desain dengan 3D printing ini menjadi awal yang baik bagi industri Indonesia menuju revolusi industri 4.0,” jelasnya.

Untuk mendukung hal tersebut, diperlukan banyak Sumber Daya Manusia yang menguasai kemampuan digital seperti coding. “Kalau memang kebutuhan dari market membutuhkan SDM coding, sedangkan SDM Indonesia kurang maka akan kita Dorong melalui kerjasasama dengan Kementerian Pendidikan Kebudayaan karena Sisi pengajaran vokasi ada di sana,” tambahnya.

 

Komentar

Berita Lainnya

 
Nasional
25/11/2019 17:58 WIB
Pertamina Rombak Jajaran Direksi dan Komisaris
Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT Pertamina (persero) memutuskan melakukan perubahan di level Direksi maupun Dewan Komisaris. Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) ditunjuk menjadi Komisaris Utama, Budi Gunadi Sadikin menjadi Wakil Komisaris Utama dan Condro Kirono sebagai Komisaris. Selain…
 
Nasional
23/11/2019 10:49 WIB
Menteri BUMN Tunjuk Ahok Jadi Komisaris Utama Pertamina
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memastikan bahwa Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) akan menjadi Komisaris Utama di PT Pertamina (Persero). Sebelumnya komisaris utama dipegang oleh Tanri Abeng. 
 
Nasional
22/11/2019 20:21 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir Tunjuk Pahala Jadi Dirut Bank BTN
Selain mengangkat Ahok menjadi Komisaris Utama PT Pertamina, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir juga mengangkat Pahala N Mansuri menjadi Direktur Utama Bank BTN. Pahala Sebelumnya menjabat sebagai direktur keuangan Pertamina digantikan oleh Emma dari Dirut Telkomsel.
 
Nasional
20/11/2019 17:43 WIB
Laba IPC Naik 18,38 Persen di Triwulan III/2019
PT Pelabuhan Indonesia II (IPC) mencetak laba pada kuartal III/2019 mencapai Rp2,21 triliun. Laba tersebut meningkat 18,38 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2018. Sedangkan pendapatan usaha naik 2,41 persen menjadi Rp8,56 triliun.
 
Nasional
31/10/2019 19:25 WIB
Andalkan Ekspor, MASA Gali Terus Potensi Pasar di AS dan Asia Pasifik
Pertumbuhan kinerja yang cukup signifikan berhasil ditorehkan PT Multistrada Arah Sarana Tbk (MASA) di sepanjang tahun 2018 lalu. Penjualan jenis produk Tourisme Camionnette (TC), misalnya, tercatat tumbuh 10 persen dari semula 7,61 juta unit ban pada periode sebelumnya menjadi 8,37…
 
Nasional
30/10/2019 19:09 WIB
Antisipasi Cuaca Ekstrem, AXA Group Luncurkan Asuransi Parametrik
Kondisi cuaca ekstrem yang dalam beberapa waktu terakhir melanda sejumlah daerah disikapi oleh AXA Group dengan membentuk entitas bisnis khusus yang diberi nama AXA Climate.
 
Nasional
29/10/2019 19:02 WIB
Program Citi Rewards Points - Traveloka Points Conversion
Traveloka, perusahaan teknologi penyedia layanan perjalanan dan gaya hidup berbasis digital terbesar di Asia Tenggara, bekerjasama dengan Citi Indonesia (Citibank) untuk menghadirkan program Citi Rewards Points - Traveloka Points Conversion yang resmi diperkenalkan