RM
Selasa, 26 November 2019 - 18:22 WIB

Ajang Percepatan Digitalisasi Sektor Konstruksi, Di Digital Construction Day Internasional Conference dan Workshop 2019

Digital Construction Day Internasional Conference dan Workshop 2019, di Jakarta, Selasa (26/11/2019).Foto/ROni.M/ECONOMICZONE
Digital Construction Day Internasional Conference dan Workshop 2019, di Jakarta, Selasa (26/11/2019).Foto/ROni.M/ECONOMICZONE

ECONOMIC ZONE - Menteri Riset dan Teknologi, Bambang Brodjonegoro mengungkapkan kemampuan digital masyarakat Indonesia perlu terus ditingkatkan secara massif. Pemerintah tidak ingin Indonesia tertinggal dalam mengadopsi Revolusi Industri yang sedang berlangsung. 

“Kami ingin Indonesia tidak ketinggalan dalam mengadopsi revolusi industri 4.0 untuk semua teknologi yang akan berkembang. Karena itulah kita harus memastikan SDM tersedia sehingga kita bisa beradaptasi dengan semua jenis teknologi yang muncul dalam revolusi industri 4.0,” kata Menristek Bambang Brodjonegoro dalam The 2nd international conference and workshop yang digelar PT PP di Jakarta, Selasa (26/11).

Dalam sektor kontruksi, lanjutnya, banyak hal yang perlu ditingkatkan dalam Building Information Modelling (BIM) seperti penggunaan 3D printing, penggunaan digital aplikasi, hingga sistem keamanan konstruksi. 

“Acara ini merupakan salah satu bukti bahwa sektor konstruksi Indonesia tidak mau ketinggalan di bidang penerapan teknologi digital melalui Building Information Building. Saat ini, 3D printing sudah mulai menjadi mainstream, paling tidak dalam desain. 3D printing ini sudah mulai berkembang di dalam konstruksi. Penguasaan desain dengan 3D printing ini menjadi awal yang baik bagi industri Indonesia menuju revolusi industri 4.0,” jelasnya.

Untuk mendukung hal tersebut, diperlukan banyak Sumber Daya Manusia yang menguasai kemampuan digital seperti coding. “Kalau memang kebutuhan dari market membutuhkan SDM coding, sedangkan SDM Indonesia kurang maka akan kita Dorong melalui kerjasasama dengan Kementerian Pendidikan Kebudayaan karena Sisi pengajaran vokasi ada di sana,” tambahnya.

 

Komentar

Berita Lainnya

 
Nasional
14 jam yang lalu
Angkasa Pura II Kembangkan Bandara Soetta Jadi Destinasi Wisata dan Seni Budaya
Bandara Internasional Soekarno-Hatta menjadi gerbang masuknya wisatawan manca negara untuk berkunjung ke Indonesia. Jumlah wisman yang masuk melalui Soekarno-Hatta pada 2019 mencapai 3,52 juta orang dan diprediksi pada 2020 akan meningkat sekitar 13,6 persen menjadi 4 juta wisman. 
 
Nasional
18/01/2020 22:45 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir Berencana Petakan BUMN antara Bisnis dan Sosial
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, berencana memisahkan kategori BUMN. Yaitu, BUMN yang fokus pada aspek bisnis, dan juga BUMN yang berfokus pada aspek bisnis serta tanggung jawab sosial.
 
Nasional
18/01/2020 12:37 WIB
Jokowi tegaskan Masterplan Banjir di Jakarta Sudah Ada
Presiden Joko Widodo mengatakan masterplan untuk banjir Jakarta sudah ada sejak tahun 1973. Hal ini di ungkapkan Jokowi di sebabkan curah hujan yang masih tinggi di wilayah Ibukota dan sekitarnya.
 
Nasional
18/01/2020 12:35 WIB
Rencana Pencabutan Subsidi Elpiji 3 Kg Masih Tunggu Izin Jokowi
Rencana pencabutan Subsidi Elpiji 3 Kilogram (kg) pemerintah masih menunggu izin dari Presiden Joko Widodo. Subsidi akan diberikan langsung kepada yang berhak menerima.
 
Nasional
17/01/2020 16:21 WIB
KPR Gaeesss BTN Ditargetkan Capai Rp 11 Triliun
Executive Vice President Nonsubsidized Mortgage & Consumer Lending Division (NSLD) BTN Suryanti Agustinar mengatakan tidak bisa dipungkiri hingga kini konsumen usia muda atau yang lebih dikenal generasi milenial masih kesulitan mengakses layanan Kredit Kepemilikan Rumah maupun Apartemen…
 
Nasional
17/01/2020 16:17 WIB
Direktur Utama PT.ASABRI Bantah Dugaan Korupsi
Direktur Utama PT.Asuransi Sosial Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Asabri) , Sonny Widjaja bersama Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) dan Umum, Herman Hidayat memberikan keterangan press terkait pemberitaan korupsi PT. Asabri (Persero) di Gedung Asabri, Jakarta, Kamis (16/1/2020). …
 
Nasional
17/01/2020 16:08 WIB
BTN Persiapkan Diri Kuasai Pasar Properti Milenial
PT Bank Tabungan Negara Tbk.  (BTN) mempersiapkan diri untuk menguasai pasar milenial, terutama bagi mereka yang belum memiliki hunian. (17/01/2020)