JAT
Kamis, 24 Oktober 2019 - 09:36 WIB

Kuasai Pasar ETF Saham, IndoPremier Kantongi AUM Hingga Rp10 Triliun

Foto llustrasi.Foto/Roni.M/ECONOMICZONE
Foto llustrasi.Foto/Roni.M/ECONOMICZONE

ECONOMIC ZONE - Pasar Exchange Traded Fund (ETF) di Indonesia terbukti terus tumbuh signifikan dalam beberapa waktu terakhir. Hal ini setidaknya dapat terbukti lewat klaim IndoPremier Sekuritas sebagai dealer participant ETF terbesar di Indonesia, yang hingga tanggal 21 Oktober 2019 lalu mengaku telah berhasil mengumpulkan dana kelolaan (asset under management/AUM) atas ETF saham hingga mencapai lebih dari Rp10 Triliun. Capaian IndoPremier tersebut secara langsung dapat merepresentasikan kondisi pasar dan industri secara keseluruhan mengingat pangsa pasarnya di segmen ETF saham sebagai dealer participant mencapai 96 persen.

12 tahun berkecimpung dalam teknologi ETF dan secara konsisten terus melakukan improvement menjadikan IndoPremier Sekuritas sukses menguasai pangsa pasar ETF saham. Kemampuan eksekusi primary market ETF saham untuk unit creation maupun unit redemption secara masif hanya dalam hitungan kurang dari satu detik saja. “Saat ini kami berperan sebagai dealer participant untuk enam manajer investasi (MI) partisipan, yaitu IndoPremier Investment Management, BNI Asset Management, Pinnacle Persada Investama, Danareksa Investment Management, Batavia Prosperindo Aset Manajemen, dan MNC Asset Management,” ujar Direktur Utama IndoPremier Sekuritas, Moleonoto The, dalam keterangan resminya, di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Namun demikian, meski kini tengah bekerjasama dengan enam MI partisipan sekaligus, Moleonoto menegaskan bahwa pihaknya tetap independen dan selalu dalam posisi netral sehingga tetap terbuka untuk produk-produk ETF yang dikreasi oleh semua manajer investasi. “Dalam waktu dekat ini bahkan sudah ada dua manajer investasi asing dan dua manajer investasi swasta yang akan bekerjasama dalam pengelolaan ETF, karena IndoPremier Sekuritas reliable secara teknologi dan independen. Hopefully di akhir tahun 2019 ini,” tegas Moleonoto.

Komentar

Berita Lainnya

 
Nasional
18/01/2020 22:45 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir Berencana Petakan BUMN antara Bisnis dan Sosial
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, berencana memisahkan kategori BUMN. Yaitu, BUMN yang fokus pada aspek bisnis, dan juga BUMN yang berfokus pada aspek bisnis serta tanggung jawab sosial.
 
Nasional
18/01/2020 12:37 WIB
Jokowi tegaskan Masterplan Banjir di Jakarta Sudah Ada
Presiden Joko Widodo mengatakan masterplan untuk banjir Jakarta sudah ada sejak tahun 1973. Hal ini di ungkapkan Jokowi di sebabkan curah hujan yang masih tinggi di wilayah Ibukota dan sekitarnya.
 
Nasional
18/01/2020 12:35 WIB
Rencana Pencabutan Subsidi Elpiji 3 Kg Masih Tunggu Izin Jokowi
Rencana pencabutan Subsidi Elpiji 3 Kilogram (kg) pemerintah masih menunggu izin dari Presiden Joko Widodo. Subsidi akan diberikan langsung kepada yang berhak menerima.
 
Nasional
17/01/2020 16:21 WIB
KPR Gaeesss BTN Ditargetkan Capai Rp 11 Triliun
Executive Vice President Nonsubsidized Mortgage & Consumer Lending Division (NSLD) BTN Suryanti Agustinar mengatakan tidak bisa dipungkiri hingga kini konsumen usia muda atau yang lebih dikenal generasi milenial masih kesulitan mengakses layanan Kredit Kepemilikan Rumah maupun Apartemen…
 
Nasional
17/01/2020 16:17 WIB
Direktur Utama PT.ASABRI Bantah Dugaan Korupsi
Direktur Utama PT.Asuransi Sosial Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Asabri) , Sonny Widjaja bersama Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) dan Umum, Herman Hidayat memberikan keterangan press terkait pemberitaan korupsi PT. Asabri (Persero) di Gedung Asabri, Jakarta, Kamis (16/1/2020). …
 
Nasional
17/01/2020 16:08 WIB
BTN Persiapkan Diri Kuasai Pasar Properti Milenial
PT Bank Tabungan Negara Tbk.  (BTN) mempersiapkan diri untuk menguasai pasar milenial, terutama bagi mereka yang belum memiliki hunian. (17/01/2020)
 
Nasional
17/01/2020 10:53 WIB
Bank BRI Raih 2 Penghargaan Internasional Triple A Country Awards
Mengawali tahun 2020, Bank BRI kembali menorehkan prestasi dengan raihan penghargaan berskala internasional dari The Asset, majalah ekonomi terkemuka di Asia. Dalam acara tahunannya, Triple A Country Awards, Bank BRI meraih 2 penghargaan sekaligus, yaitu sebagai “Best Issuer for…