RM
Rabu, 17 Juli 2019 - 19:11 WIB

KKI 2019 Catatkan Penjualan Rp10,09 Miliar

pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2019.Foto/Istimewa/ECONOMICZONE
pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2019.Foto/Istimewa/ECONOMICZONE
Dummy

ECONOMIC ZONE - Jakarta, - Perhelatan pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2019 yang digelar pada 12-14 Juli 2019 di Jakarta mencatat lompatan penjualan tertinggi dalam 3 tahun terakhir dengan total penjualan sebesar Rp10,09 miliar atau meningkat 47,2% dibandingkan KKI tahun sebelumnya. 

"Angka tersebut belum termasuk angka pemesanan yang sudah diberikan uang muka, namun barangnya belum dikirimkan, yang diperkirakan mencapai lebih dari Rp1,2 miliar," kata Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI, Onny Widjanarko dalam keterangan resmi di Jakarta, Rabu (17/7).

Dari sisi pengunjung, lanjutnya, KKI 2019 juga mengalami peningkatan yang cukup besar yaitu mencapai 18.911 orang meningkat 73,5% dibandingkan tahun lalu, atau secara rata-rata dikunjungi oleh sekitar 6.300 orang per hari. Capaian ini sejalan dengan pernyataan Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo bahwa KKI 2019 merupakan pesta besar bagi UMKM Indonesia untuk menunjukkan potensinya agar dapat menembus pasar internasional.

"Produk yang ditampilkan KKI 2019 meliputi 3 jenis, yaitu Kain Tradisional dan Fashion, Kerajinan, dan Kuliner Olahan termasuk Kopi. Seluruh produk yang dipamerkan telah diseleksi dan dikurasi oleh kurator profesional. Dari nilai total penjualan yang dicapai, Kain dan Kerajinan menembus angka penjualan Rp9,49 miliar, sementara Makanan Minuman Olahan mencapai Rp598,27 juta," tambahnya.

KKI 2019 juga menjadi ajang temu bisnis (business matching) UMKM di Indonesia. Nilai business matching dalam kegiatan tersebut mencapai Rp66,55 miliar, yang meliputi akses pembiayaan Bank kepada 28 UMKM dengan nilai baki debet Rp8,3 miliar, 30 UMKM dengan e-commerce untuk pemasaran digital dengan omset mencapai Rp19,9 miliar, dan 33 UMKM dengan importir/aggregator untuk ekspor senilai Rp38,4 miliar. Dalam kesempatan tersebut, disepakati pula kontrak kerjasama antara UMKM binaan Bank Indonesia dengan pembeli dari Korea Selatan, Papua Nugini dan Singapura dengan nilai komitmen Rp3,2 miliar.

"Ke depan, melalui penyelenggaran KKI dan program pengembangan UMKM lainnya, UMKM Indonesia dapat semakin naik kelas, mampu bersaing di tingkat yang lebih tinggi melalui pemanfaatan platform digital, dan berorientasi ekspor," jelasnya.

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
5 jam yang lalu
Dirut Waskita Karya Diganti, Fajroel Rahman Jadi Komisaris
PT Waskita Karya (Persero) Tbk (Kode Saham: WSKT) telah selesai menyelanggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Tahun Buku 2019 di Hotel Teraskita, Cawang, Jakarta. Pada RUPST ini, PT Waskita Karya (Persero) Tbk membagikan dividen sebesar Rp46 miliar dengan demikian dividen…
 
Nasional
13 jam yang lalu
Hyundai Mencanangkan #GerakkanHarapan
Hyundai Motors Indonesia (HMID) merilis sebuah video bertemakan #GerakkanHarapan sebagai tanggapan bagi kemajuan untuk kemanusiaan (Progress for Humanity) yang semakin kuat di masa penuh tantangan akibat pandemi Covid-19 ini.
 
Nasional
13 jam yang lalu
Es Krim Joyday Membantu Ribuan UMKM Terdampak Pandemi COVID-19
Pemberlakuan peraturan pembatasan fisik sejak awal bulan April 2020 yang disebabkan oleh pandemi COVID-19 membuat Indonesia mengalami penurunan ekonomi yang cukup dalam pada kuartal pertama 2020. Melihat dampak wabah COVID-19 tersebut, Joyday telah melakukan program bantuan yang…
 
Nasional
14 jam yang lalu
Garmin Hadirkan Jam Tangan Golf Premium Approach S62
Garmin Indonesia hari ini menghadirkan Approach S62, jam tangan golf ramping dengan teknologi GPS yang mengintegrasikan data penting mengenai lapangan dengan pemetaan penuh warna dan langsung dapat diakses di pergelangan tangan.
 
Nasional
14 jam yang lalu
Bank OCBC NISP Sediakan Bantuan Sosial Bagi Terdampak COVID-19
Berbekal semangat Tidak Ada Yang Tidak Bisa #TAYTB, Bank OCBC NISP terus menginspirasi dan mengajak masyarakat Indonesia untuk mengubah tantangan dan ketakutan yangdihadirkan oleh COVID-19 menjadi kesempatan untuk berkembang dan #BergerakMaju.
 
Nasional
17 jam yang lalu
Aplikasi Mobile ASABRI Manjakan Peserta
Menyesuaikan diri dengan era digitalisasi di tengah pandemi Covid-19, PT ASABRI (Persero) resmi meluncurkan ASABRI Mobile Aplikasi di Kantor Pusat ASABRI Jakarta, Jumat (5/6) dengan protokol kesehatan yang ketat.
 
Nasional
04/06/2020 20:58 WIB
DKI Jakarta Tetapkan Bulan Juni Sebagai Masa PSBB Transisi
Pemerintah Provinsi(Pemprov) DKI Jakarta memutuskan PSBB di wilayah Ibukota diperpanjang dan menetapkan bulan Juni, sebagai masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi.
Dummy