RM
Rabu, 10 Juli 2019 - 16:42 WIB

Cor Beton Proyek Jalan Tol BORR Ambruk, Arus Lalu Lintas Menuju Parung Dialihkan

Cor Beton Proyek Jalan Tol BORR Ambruk, Arus Lalu Lintas Menuju Parung Dialihkan.Foto/Ist/ECONOMICZONE
Cor Beton Proyek Jalan Tol BORR Ambruk, Arus Lalu Lintas Menuju Parung Dialihkan.Foto/Ist/ECONOMICZONE

ECONOMIC ZONE - Jakarta, - Direktur Utama PT Marga Sarana Jabar (MSJ) selaku anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk yang mengoperasikan Jalan Tol BORR Hendro Atmodjo mengungkapkan balok penyangga (formwork/cetakan Pier Head) Jalan Tol BORR tidak kuat menyangga beton sehingga melengkung dan mengakibatkan beton tumpah ke jalan arteri di bawahnya. Peristwiwa tersebut terjadi sekitar pukul 05.15 WIB di lokasi Proyek Jalan Tol Bogor Ring Road Seksi 3A (Simpang Yasmin- Simpang Semplak) arah menuju Parung tepatnya di Pier 109 di depan Perumahan Taman Sari Persada Kota Bogor.

“Kejadian tersebut terjadi saat pengecoran pada Truck Mixer yang ke 22 dari total rencana 25 Truck Mixer. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, sebanyak dua orang pekerja mengalami luka ringan akibat material dan saat ini sudah dalam perawatan,” jelas Hendro di Jakarta, Rabu (10/7).

Setelah kejadian tersebut, pihak PT MSJ telah menghentikan pekerjaan sementara untuk mengevaluasi metode pelaksanaan proyek secara menyeluruh bersama Kontraktor PT PP (Persero) Tbk dan Konsultan PT Indec KSO agar kejadian yang sama tidak terjadi di waktu mendatang.

“Saat ini kami juga bekerjasama dengan Kepolisian melakukan rekayasa lalu lintas dengan mengalihkan kendaraan yang menuju arah Parung dialihkan ke Simpang Yasmin lalu ke Simpang Semplak/Atang Sanjaya, begitupun sebaliknya. Kami menargetkan siang hari ini arus lalu lintas diupayakan dapat berfungsi normal kembali,” ucap Hendro.

Untuk mengidentifikasi lebih lanjut penyebab terjadinya insiden ini, tim Komisi Keamanan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ) akan melakukan peninjauan ke lokasi proyek Jalan Tol Bogor Ring Road Seksi 3A (Simpang Yasmin- Simpang Semplak).

"KKJTJ akan melakukan penelitian dan mengevaluasi penyebab kejadian ini. Nantinya hasil evaluasi tersebut akan diaplikasikan dalam metoda kerja agar kejadian yang sama tidak akan terulang lagi," jelasnya.

Jasa Marga dan PT MSJ memohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi akibat kejadian ini. Jasa Marga dan PT MSJ juga akan terus melakukan tindakan preventif dan korektif dengan tetap mengedepankan unsur-unsur Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), serta evaluasi untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pengguna jalan.

Komentar

Berita Lainnya

 
Nasional
31/08/2019 13:20 WIB
PLN Siap Dukung Era Kendaraan Listrik
Peraturan Presiden (Perpres) no. 5 tahun 2019 tentang kendaraan listrik sudah diketok. Menyambut hal tersebut, Kementerian Perhubungan menyelenggarakan Parade dan Pameran Kendaraan Listrik dengan Tema Menuju Indonesia Bersih Udara dan Hemat Energi dengan Kendaraan Listrik, pada Sabtu,…
 
Nasional
31/08/2019 10:21 WIB
Oni Febriarto Rahardjo Ditunjuk Untuk Mejalankan Tugas Direktur Utama BTN
Menindaklanjuti hasil Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk yang digelar kemarin (29/8),
 
Nasional
30/08/2019 10:01 WIB
Dirut BRI Suprajarto Tolak Jadi Dirut BTN
Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa Bank BTN hari ini memutuskan mengangkat Suprajarto menjadi Direktur Utama yang sebelumnya menjabat sebagai direktur utama Bank BRI. Menyikapi hal tersebut, Suprajarto mengaku tidak diajak berdiskusi terlebih dahulu, bahkan mengetahui hal tersebut…
 
Nasional
30/08/2019 09:46 WIB
Serikat Pekerja BRI Dukung Suprajarto Tolak Jadi Dirut BTN
Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) Bank BTN memutuskan menangkat Suprajarto menjadi Direktur Utama yang sebelumnya menjabat sebagai direktur utama Bank BRI. Bos BRI mengaku tidak diajak berdiskusi terlebih dahulu, bahkan mengetahui hal tersebut melalui media. Oleh Sebab…
 
Nasional
28/08/2019 13:55 WIB
BAV Dan Jasa Raharja Sinergi Salurkan Pembiayaan UKM 30 Miliar Melalui Program Kemitraan
BUMN saat ini memiliki peran penting dan strategis dalam pembangunan perekonomian salah satunya melalui program pembiayaan dan mengembangkan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang merupakan salah satu pilar strategis perekonomian Indoensia. 
 
Nasional
23/08/2019 19:51 WIB
Layanan Telekomunikasi Telkomsel Siap Kawal Pemerintah Jadikan Kalimantan Sebagai Ibukota Baru
Telkomsel terus bergerak maju membuka akses komunikasi  dengan menggelar infrastruktur jaringan telekomunikasi di seluruh wilayah Indonesia.
 
Nasional
20/08/2019 08:15 WIB
Telkomsel Dukung Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital, Akselerasikan Ekosistem Digital Indonesia
Sebagai digital telco company, Telkomsel berkomitmen untuk terus bergerak maju untuk mengakselerasikan pembangunan bangsa melalui inovasi dan solusi berbasis pemanfaatan teknologi digital.