RM
Sabtu, 22 Juni 2019 - 07:03 WIB

Jokowi Tinjau Proyek Runway Ketiga Bandara Soekarno Hatta

Presiden Jokowi Tinjau Proyek Runway Ketiga Bandara Soekarno Hatta.Foto/Dok-AP II/ECONOMICZONE
Presiden Jokowi Tinjau Proyek Runway Ketiga Bandara Soekarno Hatta.Foto/Dok-AP II/ECONOMICZONE

ECONOMIC ZONE - Presiden Joko Widodo meninjau perkembangan pembangunan landas pacu ketiga bandara internasional Soekarno-Hatta didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Direktur Utama PT. Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin. Landas pacu tersebut tak lama lagi akan dapat diselesaikan. 

"Runway ketiga di Soekarno-Hatta ini sudah selesai 86 persen. Kita harapkan akhir bulan ini sudah 100 persen dan langsung akan dioperasionalkan secepat-cepatnya. Mungkin Juli sudah dioperasionalkan," kata Presiden Jokowi di Jakarta, Sabtu (21/6).

Bandara Soekarno-Hatta, sebagai salah satu bandara tersibuk di ASEAN, saat ini beroperasi dengan dua landas pacu dan mampu melayani hingga 81 pergerakan pesawat tiap jam. Dengan tambahan satu landas pacu lainnya, bandara tersebut diperkirakan mampu meningkatkan kapasitasnya dengan melayani hingga 120 pergerakan pesawat tiap jam.

"Permintaan dari maskapai, dari negara lain, yang sudah antre banyak sekali. Saya sendiri sering (mendengar) dari Qatar, Saudi, India, Singapura, Malaysia, China, Jepang semua ingin masuk tapi penuh slotnya. Sekarang ini bisa kita berikan tambahan untuk bisa masuk ke Soekarno-Hatta lagi," tambahnya.

Selain itu, tambahan landas pacu itu diharapkan dapat mengurangi waktu pesawat selama berada di holding area saat menunggu giliran untuk mendarat.

"Kita harapkan juga tidak seperti yang kemarin-kemarin, mau turun berputar dulu setengah jam. Setelah ini rampung insyaallah enggak ada," tuturnya.



Pengembangan bandara Soekarno-Hatta, lanjut Presiden, tidak berhenti sampai pada penambahan landas pacu ketiga. Pemerintah kini sudah mulai merencanakan penambahan kapasitas terminal dengan membangun terminal keempat.

"Sudah dua tahun lalu saya perintahkan Pak Menteri dan Pak Dirut untuk merencanakan kembali terminal yang keempat. Ini sudah mulai gambar desain. Kita harapkan nanti di 2021 terminal keempat sudah dibangun lagi," ungkapnya.

Pembangunan terminal baru tersebut ditargetkan selesai pada 2024 mendatang. Nantinya, bandara Soekarno-Hatta akan dapat melayani hingga 110 juta penumpang. "Pertumbuhan penerbangan memang cepat sekali. Kalau pembangunan runway, taxiway, terminal enggak dikejar nanti kedahuluan lagi. Kita enggak mau itu. Infrastruktur harus mendahului dari pertumbuhan yang ada," tandasnya.

Komentar

Berita Lainnya

 
Nasional
11/07/2019 19:30 WIB
APPBI Siap Gelar Indonesia Great Sale, Pesta Diskon Serempak Pertama Di Indonesia
Menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, setiap tahunnya pusat perbelanjaan beramai-ramai menyiapkan berbagai program dan event menarik untuk pengunjung, seperti showcase fashion design yang mengangkat tema kemerdekaan hingga festival kuliner nusantara.
 
Nasional
10/07/2019 16:50 WIB
Wacana Pindah Ibu Kota Negara, Bappenas : Jakarta Terlalu Berat Menahan Beban
Salah satu alasan kuat perlunya pemindahan ibu kota negara ke luar Jawa adalah sekitar 57 persen penduduk Indonesia berada di Jawa yang berdampak pada ketimpangan pembangunan terpusat di Kawasan Barat Indonesia.
 
Nasional
10/07/2019 16:42 WIB
Cor Beton Proyek Jalan Tol BORR Ambruk, Arus Lalu Lintas Menuju Parung Dialihkan
Direktur Utama PT Marga Sarana Jabar (MSJ) selaku anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk yang mengoperasikan Jalan Tol BORR Hendro Atmodjo mengungkapkan balok penyangga (formwork/cetakan Pier Head) Jalan Tol BORR tidak kuat menyangga beton sehingga melengkung dan mengakibatkan beton…
 
Nasional
01/07/2019 18:09 WIB
Sediakan Paket Khusus Jamaah Haji XL Axiata Gandeng Semua Operator di Arab Saudi
PT. XL Axiata Tbk (XL Axiata) melalui salah satu brandnya XL Prabayar (XL)sudah mempersiapkan paket khusus untuk jamaah haji
 
Nasional
28/06/2019 18:32 WIB
OMNI Incar Pendapatan Tumbuh 22 Persen Tahun Ini
PT Sarana Meditama Metropolitan Tbk (SAME) pengelola  OMNI Hospitals optimis pendapatan tahun ini meningkat sekitar 22% hingga 26% dibanding realisasi pendapatan tahun sebelumnya sebesar Rp952 miliar. 
 
Nasional
21/06/2019 15:40 WIB
Penyesuaian Harga Jual Tiket Pesawat Rute Domestik Lion Air
Dalam rangka mengikuti keputusan pemerintah menurunkan tiket domestik, Lion Air (kode penerbangan JT) member of Lion Air Group akan memberlakukan harga jual tiket promo sampai dengan 50% dari tarif dasar batas atas (basic fare).
 
Nasional
21/06/2019 15:22 WIB
Perum Jamkrindo Bagi 49.000 Alat Sekolah
Perum Jamkrindo melalui gerakan Jamkrindo Peduli Pendidikan (JPP) memberikan paket alat sekolah serentak dilakukan di kantor pusat, 9 kantor wilayah dan 56 cabang Perum Jamkrindo.