RM
Sabtu, 22 Juni 2019 - 07:03 WIB

Jokowi Tinjau Proyek Runway Ketiga Bandara Soekarno Hatta

Presiden Jokowi Tinjau Proyek Runway Ketiga Bandara Soekarno Hatta.Foto/Dok-AP II/ECONOMICZONE
Presiden Jokowi Tinjau Proyek Runway Ketiga Bandara Soekarno Hatta.Foto/Dok-AP II/ECONOMICZONE

ECONOMIC ZONE - Presiden Joko Widodo meninjau perkembangan pembangunan landas pacu ketiga bandara internasional Soekarno-Hatta didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Direktur Utama PT. Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin. Landas pacu tersebut tak lama lagi akan dapat diselesaikan. 

"Runway ketiga di Soekarno-Hatta ini sudah selesai 86 persen. Kita harapkan akhir bulan ini sudah 100 persen dan langsung akan dioperasionalkan secepat-cepatnya. Mungkin Juli sudah dioperasionalkan," kata Presiden Jokowi di Jakarta, Sabtu (21/6).

Bandara Soekarno-Hatta, sebagai salah satu bandara tersibuk di ASEAN, saat ini beroperasi dengan dua landas pacu dan mampu melayani hingga 81 pergerakan pesawat tiap jam. Dengan tambahan satu landas pacu lainnya, bandara tersebut diperkirakan mampu meningkatkan kapasitasnya dengan melayani hingga 120 pergerakan pesawat tiap jam.

"Permintaan dari maskapai, dari negara lain, yang sudah antre banyak sekali. Saya sendiri sering (mendengar) dari Qatar, Saudi, India, Singapura, Malaysia, China, Jepang semua ingin masuk tapi penuh slotnya. Sekarang ini bisa kita berikan tambahan untuk bisa masuk ke Soekarno-Hatta lagi," tambahnya.

Selain itu, tambahan landas pacu itu diharapkan dapat mengurangi waktu pesawat selama berada di holding area saat menunggu giliran untuk mendarat.

"Kita harapkan juga tidak seperti yang kemarin-kemarin, mau turun berputar dulu setengah jam. Setelah ini rampung insyaallah enggak ada," tuturnya.



Pengembangan bandara Soekarno-Hatta, lanjut Presiden, tidak berhenti sampai pada penambahan landas pacu ketiga. Pemerintah kini sudah mulai merencanakan penambahan kapasitas terminal dengan membangun terminal keempat.

"Sudah dua tahun lalu saya perintahkan Pak Menteri dan Pak Dirut untuk merencanakan kembali terminal yang keempat. Ini sudah mulai gambar desain. Kita harapkan nanti di 2021 terminal keempat sudah dibangun lagi," ungkapnya.

Pembangunan terminal baru tersebut ditargetkan selesai pada 2024 mendatang. Nantinya, bandara Soekarno-Hatta akan dapat melayani hingga 110 juta penumpang. "Pertumbuhan penerbangan memang cepat sekali. Kalau pembangunan runway, taxiway, terminal enggak dikejar nanti kedahuluan lagi. Kita enggak mau itu. Infrastruktur harus mendahului dari pertumbuhan yang ada," tandasnya.

Komentar

Berita Lainnya

 
Nasional
31/10/2019 19:25 WIB
Andalkan Ekspor, MASA Gali Terus Potensi Pasar di AS dan Asia Pasifik
Pertumbuhan kinerja yang cukup signifikan berhasil ditorehkan PT Multistrada Arah Sarana Tbk (MASA) di sepanjang tahun 2018 lalu. Penjualan jenis produk Tourisme Camionnette (TC), misalnya, tercatat tumbuh 10 persen dari semula 7,61 juta unit ban pada periode sebelumnya menjadi 8,37…
 
Nasional
24/10/2019 09:36 WIB
Kuasai Pasar ETF Saham, IndoPremier Kantongi AUM Hingga Rp10 Triliun
Pasar Exchange Traded Fund (ETF) di Indonesia terbukti terus tumbuh signifikan dalam beberapa waktu terakhir. Hal ini setidaknya dapat terbukti lewat klaim IndoPremier Sekuritas sebagai dealer participant ETF terbesar di Indonesia, yang hingga tanggal 21 Oktober 2019 lalu mengaku…
 
Nasional
20/10/2019 21:17 WIB
Tingkatkan Layanan, Bhinneka Life Luncurkan Program Saver Pro
PT Bhinneka Life Indonesia (Bhinneka Life) kembali meluncurkan program terbaru bertajuk Program Saver Pro. Program tersebut dirilis bersamaan dengan rangkaian acara peringatan hari jadi perusahaan yang ketiga, dengan mengusung tema  “Bersatu dan Bertumbuh, Bhinneka Life Maju”.…
 
Nasional
13/10/2019 22:51 WIB
Telkomsel Gelar IndonesiaNEXT 2019 Akselerasikan Kualitas SDM Indonesia
Telkomsel kembali menggelar IndonesiaNEXT sebagai program yang menyasar pada peningkatan keahlian profesional para mahasiswa sebagai persiapan SDM yang unggul. Pada tahun keempat penyelenggaraannya, IndonesiaNEXT akan memberikan kuliah umum, kursus online, pelatihan, dan sertifikasi…
 
Nasional
09/10/2019 17:36 WIB
Telkomsel Dorong Santri Milenial Kembangkan Bisnis Digital melalui Kolaborasi dengan Santri Milenial Center
Sebagai digital telco company, Telkomsel berkomitmen untuk terus menghadirkan solusi digital dan memberikan dampak sosial positif melalui pemanfaatan teknologi digital yang tepat guna.
 
Nasional
09/10/2019 16:52 WIB
Tingkatkan Daya Saing Milenial Papua, Indihome Hadirkan Digital Leraning
PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) mendukung program Pemerintah dalam pemerataan pendidikan di Indonesia, khususnya bagi milenial Papua. Sebagai wujud komitmen tersebut, Menteri BUMN Republik Indonesia Rini M. Soemarno didampingi Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah…
 
Nasional
08/10/2019 19:06 WIB
RoomMe Perkenalkan Aplikasi Mobile Makin Mudah Mendapatkan Rumah Kos yang Aman dan Nyaman
RoomMe, operator rumah kos virtual pertama dan terbesar di Indonesia, hari ini memperkenalkan aplikasi mobile di ajang Tech in Asia Conference 2019. Hadirnya aplikasi untuk pengguna smartphone ini semakin melengkapi dan mempermudah layanan pencarian dan pemesanan kos.