Mf Djamal
Senin, 22 April 2019 - 14:05 WIB

BTN Beli 30 Persen Saham PNMIM Senilai Rp114,3 Miliar

BTN Beli 30 Persen Saham PNMIM Senilai Rp114,3 Miliar.Foto/Roni.M/ECONOMICZONE
BTN Beli 30 Persen Saham PNMIM Senilai Rp114,3 Miliar.Foto/Roni.M/ECONOMICZONE
Dummy

ECONOMIC ZONE - Guna mendukung bisnis pembiayaan perumahan dan industri terkait, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. melakukan ekspansi perseroan dengan menandatangani Perjanjian Pembelian Saham Bersyarat (Conditional Shares Purchase Agreement/CSPA) PT Permodalan Nasional Madani Investment Management (PNMIM) dari PT Permodalan Nasional Madani (Persero) (PNM). Emiten berkode BBTN membeli 33.000 lembar saham atau setara 30% saham PNM pada PNMIM. Dari aksi pembelian ini, Bank BTN mengeluarkan dana senilai Rp114,3 miliar.
 

“Dalam Rencana Bisnis Bank (RBB) Bank BTN periode 2019-2021, perseroan membidik bakal memiliki anak usaha di bidang manajemen investasi. Kami ingin memperluas cakupan bisnis kami terutama untuk meningkatkan kinerja bisnis dan menyukseskan Program Satu Juta Rumah,” ujar Direktur Utama Bank BTN Maryono di Gedung Kementerian BUMN di Jakarta, Senin (22/4).


 
Dengan hadirnya anak usaha anyar tersebut, perseroan bakal lebih leluasa menghimpun dan menyediakan dana murah jangka panjang. Dengan opsi penghimpunan dana murah yang lebih luas, Bank BTN berharap dapat memberikan skema pembiayaan perumahan yang lebih terjangkau bagi masyarakat Indonesia.  Selain itu,  perusahaan manajemen investasi baru ini juga ditargetkan akan meningkatkan pendapatan non-bunga (fee-based income) perseroan. Bank BTN berencana akan menjual berbagai produk investasi dengan hadirnya anak usaha tersebut. Di antaranya reksadana, Reksadana Penyertaan Terbatas (RDPT), Kontrak Pengelolaan Dana (KPD), Efek Beragun Aset (EBA), dan Dana Investasi Real Estate (DIRE). Perseroan juga menargetkan akan menjajakan aneka produk wealth management yang akan ditawarkan kepada para nasabah BTN Prioritas.

Adapun, rencana pembelian saham PNMIM ini akan segera disampaikan kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Maryono berharap transaksi tersebut dapat segera rampung pada Juni 2019. Sementara itu, dalam RBB 2019-2021, BBTN juga mengincar beberapa perusahaan lain untuk memperluas bisnisnya. Di antaranya, perseroan berencana memiliki anak usaha di bidang asuransi jiwa, asuransi umum, dan perusahaan pembiayaan. 

“Pembentukan berbagai anak usaha tersebut difokuskan untuk mendukung penyediaan rumah yang terjangkau bagi masyarakat Indonesia. Kami terus berupaya untuk mengoptimalkan pencapaian target Program Satu Juta Rumah,” pungkasnya.

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
13 jam yang lalu
Erick Thohir Tak Ikut Uji Klinis, Jubir BUMN: Ada Syarat yang Tidak Terpenuhi
Menteri BUMN, Erick Thohir mengaku tidak ikut mendaftar untuk jadi relawan vaksin COVID-19 buatan Sinovac yang kini sudah masuk tahap ke uji klinis 3.
 
Nasional
13 jam yang lalu
KAI-Kejaksaan Teken MoU di Atas Kereta Api
PT Kereta Api Indonesia (Persero) bersama Kejaksaan Republik Indonesia menandatangani Nota Kesepahaman tentang Kerja Sama dan Koordinasi Dalam Rangka Mendukung Pelaksanaan Tugas dan Fungsi.
 
Nasional
13 jam yang lalu
Penandatanganan Akta Jual-Beli, Babak Baru Pembentukan Holding Rumah Sakit BUMN
Dalam rangka pembentukan holding rumah sakit BUMN, Pertamedika IHC melakukan penandatangan akta jual beli dengan tujuh BUMN pemilik tujuh PT Rumah Sakit BUMN.
 
Nasional
08/08/2020 08:17 WIB
Promo Foodiskon GoFood Manjakan Pecinta Kuliner Indonesia
Layanan pesan-antar makanan terbesar di Asia Tenggara GoFood kembali memanjakan masyarakat Indonesia untuk mendapatkan pengalaman kuliner yang #LebiHepi dengan promo Foodiskon yang sedang berlangsung hingga  29 September 2020.
 
Nasional
07/08/2020 14:18 WIB
Jumlah Penumpang Pesawat Bandara AP2 Naik 46 Persen di Awal Bulan Agustus
PT Angkasa Pura II (Persero) selaku pengelola 19 bandara dan personel stakeholder berkomitmen penuh menjaga dipatuhinya protokol kesehatan berstandar global di antaranya sesuai World Travel and Tourism Counci (WTTC) yang juga merujuk ke Airport Council International (ACI).
 
Nasional
07/08/2020 14:12 WIB
Trafik Penumpang Angkasa Pura I Tumbuh 110 Persen pada Juli 2020
PT Angkasa Pura I (Persero) mencatat pertumbuhan trafik penumpang pada Juli 2020 sebesar 110% dibanding Juni 2020.
 
Nasional
07/08/2020 14:07 WIB
Perindo dan Jamdatun Kerjasama Penguatan Hukum
Perusahaan Umum Perikanan Indonesia (Perum Perindo) meneken kerjasama di bidang hukum dengan Jaksa Agung Muda Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara atau Jamdatun.
Dummy