MF Djamal
Rabu, 27 Februari 2019 - 09:48 WIB

Diskusi Strategi UMKM PNM

Agus Muharram (Komisaris Utama PNM), Arief Mulyadi (Direktur Utama PNM), Tjatur H. Priyono (Direktur Keuangan PNM), Abianti Riana (Direktur Bisnis I PNM) menyeduhkan kopi usai diskusi.Foto/Roni.M/ECONOMICZONE
Agus Muharram (Komisaris Utama PNM), Arief Mulyadi (Direktur Utama PNM), Tjatur H. Priyono (Direktur Keuangan PNM), Abianti Riana (Direktur Bisnis I PNM) menyeduhkan kopi usai diskusi.Foto/Roni.M/ECONOMICZONE

ECONOMIC ZONE - PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM menggelar kegiatan Bincang Pagi PNM dengan tema Strategi UMKM Membangun Brand di ST. Ali Coffee Shop, Setiabudi, Jakarta pada Selasa (26/02).

Pada kesempatan ini, Agus Muharram (Komisaris Utama PNM), Arief Mulyadi (Direktur Utama PNM), Tjatur H. Priyono (Direktur Keuangan PNM), Abianti Riana (Direktur Bisnis I PNM) menyeduhkan kopi untuk rekan-rekan wartawan yang hadir, sembari bercerita mengenai beragam produk kopi unggulan nasabah binaan PNM. “Ini kopi Bangsu, produk kopi nasabah binaan PNM ULaMM dari Blangkejeren, Aceh Tenggara. Di PNM, seluruh nasabah menadapatkan pendampingan dan pembinaan agar usaha mereka dapat berkembang. Sebelumnya produk ini hanya dikemas dengan plastik biasa, tanpa label dan tidak memiliki izin, kami dampingi hingga kini ada merek dan izin sehingga nilai jualnya meningkat. Sekarang sudah dipasarkan di swalayan dan online”, ungkap Agus Muharram.

PNM melalui program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) memberikan pendampingan dan pembinaan kepada nasabah binaan, baik secara reguler ataupun klaster yang berdasar pada kesamaan wilayah ataupun produk. “Diskusi hari ini, berfokus pada strategi UMKM dalam membangun Brand. Pelaku UMKM kerap merasa meciptakan Brand adalah hal yang tidak perlu dilakukan karena dianggap berbiaya tinggi. Padahal dengan membranding produk mereka dapat meningkatkan nilai jual produk dan menjadi pembeda dari produk lainnya.

Melalui diskusi ini, kami ingin memberikan strategi terbaik dan termudah branding yang dapat dipraktekan oleh pelaku UMKM”, jelas Arief Mulyadi. “Membangun brand lebih mudah jika perusahaan masih kecil, karena mudah dikelola dan dapat menentukan target pasar secara spesifik. Saya sangat mengapresiasi PNM yang berfokus pada pembiayaan dan pendampingan usaha masyarakat menengah ke bawah. Dampak pertumbuhan ekonominya akan sangat terasa karena memang di Indonesia, pengusaha kecil sangat banyak jumlahnya”, jelas Ario Soebiantoro, seorang aktivis brand lokal. Tahun 2018 menjadi tahun terbaik dalam sejarah PNM. PNM dapat mencapai rekor terbaiknya, dengan Net Lending tumbuh 136,4%, Out standing meningkat 79,1% dan NoA menanjak hingga 114,40%.

Bisnis ULaMM, dalam 6 tahun terakhir telah mencapai angka NPL terendah yaitu kurang dari 3%. Tentu hal ini tidak terlepas dari komitmen pendampingan insan PNM dalam membangun hubungan emosional dan memberikan pendampingan usaha kepada pelaku usaha mikro kecil dan menengah. Bisnis Mekaar pun telah melampaui target untuk melayani 4 juta ibu prasejahtera di 30 Provinsi di Indonesia. Per 25 Februari 2019, nasabah PNM Mekaar telah mencapai 4.258.907 dengan outstanding 5,891 Triliun.

Kerja keras insan PNM Mekaar telah mendapat apresiasi dari Presiden Republik Indonesia, Bapak Joko Widodo dengan mengunjungi 8 lokasi, di Bogor, Tambora, Ciracas, Garut, Bekasi, Kemayoran, Muara Gembong dan Magetan. Pada tahun 2019 ini, PNM selalu melakukan pendampingan usaha dan meluaskan jejaring ultra mikro – UMKM dalam mendukung ketahanan ekonomi masyarakat dengan berfokus pada perluasan jangkauan layanan dan pendampingan nasabah melalui program PKU. Tahun ini ditargetkan jumlah nasabah PNM Mekaar mencapai 4,75juta nasabah dengan peningkatan siklus pembiayaan. 

Komentar

Berita Lainnya

 
Nasional
20/03/2019 22:32 WIB
Dukung WANTANNAS, XL Axiata Sosialisasikan Konten Bela Negara Lewat SMS Broadcast
PT XL Axiata Tbk ( XL Axiata ) mendukung penuh program “Bela Negara” yang dicanangkan oleh Dewan Ketahanan Nasional (WANTANNAS).
 
Nasional
13/03/2019 17:54 WIB
BRI Perkuat Kerjasama Perbankan Dengan Kemendagri
Bank BRI kembali bersinergi bersama Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia dan Badan Nasional Pengelolaan Perbatasan (BNPP) dalam memberikan jasa dan layanan keuangan perbankan berbasis teknologi yang dituangkan dalam penandatanganan Nota Kesepahaman dan Penandatangan…
 
Nasional
04/03/2019 18:27 WIB
Kominfo Gandeng XL Axiata Kembangkan Wahana Belajar Digital “Pojok Pintar Sisternet”
Guna mendorong perempuan Indonesia agar lebih melek teknologi digital, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) menginisiasi wahana belajar “Pojok Pintar Sisternet”
 
Nasional
04/03/2019 08:04 WIB
Sasar Millenial, BRI Luncurkan Aplikasi BRImo
Bank BRI meluncurkan aplikasi BRImo, aplikasi BRI Mobile terbaru berbasis data dengan UI/UX (user interface/ user experience) dan fitur-fitur terbaru yang dapat digunakan oleh nasabah maupun non nasabah BRI tanpa perlu datang ke kantor cabang dengan pilihan sumber dana giro, tabungan…
 
Nasional
28/02/2019 19:52 WIB
BNI Sosialisasi DNDF dan LCS
PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) menggandeng Bank Indonesia mensosialisasi Transaksi Domestic Non Deliverable Forward (DNDF) dan Local Currencies Settlement (LCS). 
 
Nasional
28/02/2019 18:47 WIB
Astra CetaK Laba Rp21,67 Triliun
PT Astra Internasional Tbk (ASII) sepanjang 2018 membukukan laba bersih mencapai Rp21,67 triliun, meningkat 15 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp18,84 triliun.
 
Nasional
27/02/2019 17:53 WIB
Kejar Target DPK Lembaga, Bank BTN Gaet Kliring Berjangka Indonesia
Untuk meningkatkan Dana Pihak Ketiga, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk membidik dana dari institusi atau lembaga selain dari nasabah ritel. Tahun 2019, di tengah ancaman ketatnya likuiditas, Bank BTN aktif memikat institusi, perusahaan ataupun lembaga untuk menggunakan fasilitas…