MF Djamal
Rabu, 07 November 2018 - 19:16 WIB

Bank BTN Jalin Kerja Sama dengan Bluebird untuk Program Pembiayaan Perumahan Para Pengemudi dan Karyawan

Bank BTN dan Blue Bird menandatangani Perjanjian Kerja Sama terkait fasilitas pembiayaan perumahan di Jakarta, Rabu (7/11).Foto/Roni.M/ECONOMICZONE
Bank BTN dan Blue Bird menandatangani Perjanjian Kerja Sama terkait fasilitas pembiayaan perumahan di Jakarta, Rabu (7/11).Foto/Roni.M/ECONOMICZONE
Dummy

ECONOMIC ZONE - Jakarta, 7 November 2018 – Sebagai bagian dari upaya untuk terus meningkatkan kesejahteraan pengemudi dan karyawan, Bluebird menjalin kerja sama dengan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. dalam program pembiayaan perumahan bagi keluarga besar Bluebird. 

Pada kerjasama ini, Bank BTN berkomitmen memberikan fasilitas pembiayaan Kredit Pemilikan Rumah, baik KPR Subsidi maupun KPR Non Subsidi bagi para karyawan serta pengemudi Bluebird yang telah memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan Bluebird  maupun Bank BTN.

Komitmen kedua belah pihak untuk bersinergi memberikan fasilitas pembiayaan perumahan dituangkan dalam bentuk Perjanjian Kerjasama yang ditandatangani oleh Purnomo Prawiro selaku Direktur Utama PT Blue Bird Tbk dan Maryono selaku Direktur Utama Bank BTN di Kantor Pusat Bluebird Group, Rabu, 7 November  2018.

Pada acara PKS yang dilanjutkan dengan acara akad massal di Kantor Pusat Bluebird, Maryono menjelaskan kerjasama dengan Bluebird merupakan bentuk komitmen Bank BTN dalam menyukseskan Program Satu Juta Rumah, terutama lewat fasilitas KPR Subsidi yang menyentuh segmen masyarakat berpenghasilan rendah.

“Kami sudah membangun banyak kemitraan dengan perusahaan yang memayungi para pekerja yang berhak mendapatkan KPR Subsidi, menurut kami Bluebird sangat potensial karena merupakan salah satu perusahaan yang memiliki banyak karyawan yang sesuai dengan persyaratan KPR Subsidi,” kata Maryono. 

"Program pengadaan perumahan yang kami laksanakan ini tidak terlepas dari upaya Bluebird untuk terus meningkatkan kesejahteraan para pengemudi dan karyawan, sehingga mereka dapat lebih tenang dalam menjalankan tugas dan pekerjaannya. Kami merasa bangga dapat bekerja sama dengan Bank BTN sebagai salah satu bank terdepan dan terpercaya di industi perbankan Indonesia dalam memfasilitasi sektor perumahan dan jasa layanan keuangan keluarga", ucap Purnomo, Direktur Utama PT Blue Bird Tbk.

Sebagai tahap awal, Fasilitas Kredit Pemilikan Rumah tersebut terbuka bagi para pengemudi dan karyawan Bluebird di area Jakarta Bogor Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek). Potensi yang dibidik Bank BTN dari kurang lebih 27.000 karyawan maupun pengemudi Bluebird adalah sekitar 7.000 orang di area Jabodetabek. 

Jika tahap awal sukses, Bank BTN dan Bluebird berencana membuka pendaftaran fasilitas KPR BTN subsidi maupun non subsidi bagi seluruh karyawan maupun pengemudi di seluruh wilayah Indonesia. 

“Potensi KPR Subsidi dan Non Subsidi yang bisa mengalir dari kerjasama ini sekitar  Rp 1 trilliun,” kata Maryono.

Dalam kerjasama ini, Bank BTN memberikan fasilitas KPR Subsidi dengan plafond kredit senilai harga rumah subsidi berkisar Rp 120 juta hingga Rp 148,5 juta.

 Adapun uang muka atau Down Payment (DP) dimulai dari 1% dari Harga Jual yang ditawarkan atau sekitar Rp 1 juta. 

Untuk tahap awal melalui program ini, para pengemudi dan karyawan Bluebird dapat membeli rumah yang berlokasi  di wilayah Parung, dan Bogor.

“Khusus para pengemudi Bluebird, ada skema khusus yang ditawarkan Bank BTN dalam program ini yaitu dengan skema cicilan yang dipotong dari uang komisi harian dan bonus atau sekitar Rp 900.000 an per bulan,” kata Purnomo.

Untuk mendapatkan kemudahan mengakses KPR Subsidi, pengemudi /karyawan Bluebird berusia mulai dari 21 tahun, dan telah bekerja sebagai pegawai Bluebird minimal 1 tahun. Selain itu, Bank BTN menetapkan aturan umum bagi pemohon KPR Subsidi diantaranya berpenghasilan Rp 4 juta untuk rumah tapak, dan Rp 7 juta untuk rumah susun, belum memiliki rumah, dan belum pernah menerima subsidi dari pemerintah, serta terdaftar Dukcapil dan lain sebagainya. 

Salah satu keunggulan dari program KPR Bersubsidi  Bank BTN adalah suku bunga yang rendah dan cicilan ringan, serta fixed rate sebesar 5% sepanjang waktu kredit.

Sementara untuk KPR Non Subsidi, suku bunga kredit yang ditawarkan adalah sebesar 8,25 %(fixed) untuk 2 atau 3 tahun dengan uang muka mulai dari 5%. Adapun KPR jenis ini berlaku untuk karyawan Bluebird yang memiliki pendapatan tetap dan berusia mulai dari 21 tahun dengan status karyawan tetap dan telah bekerja minimal 1 tahun.

“Intinya dengan kerjasama ini, Bluebird dan Bank BTN berupaya memudahkan proses persetujuan kredit dan mempercepat proses pengajuan KPR karena dilakukan melalui kelembagaan secara kolektif,” kata Purnomo

 

 

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
24/04/2024 18:39 WIB
Kereta Cepat Whoosh Angkut Lebih dari 200 Ribu Penumpang Di Angkutan Lebaran Perdana 2024
Selama masa Angkutan Lebaran KCIC melayani penumpang First Class sebanyak 4.179 penumpang, Business Class 9.443 penumpang, dan Premium Economy sebanyak 208.687 penumpang.
 
Nasional
24/04/2024 16:37 WIB
KPU Tetapkan Prabowo-Gibran Sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI Terpilih 2024-2029
"Menetapkan pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02 Bapak Haji Prabowo Subianto dan Bapak Gibran Rakabuming Raka dengan perolehan suara sebanyak 96.214.691 suara atau 58,6% dari total suara sah nasional sebagai pasangan calon presiden dan wakil presiden terpilih…
 
Nasional
23/04/2024 20:10 WIB
Komitmen Penuhi Hak Karyawan yang Tertunda, PT Perkebunan Mitra Ogan Lakukan Sejumlah Langkah ini
PT Perkebunan Mitra Ogan (PTPMO) berkomitmen penuhi hak karyawan yang masih tertunda. Sejumlah langkah untuk meningkatkan pendanaan dan kinerja perusahaan telah disiapkan perusahaan.
 
Nasional
23/04/2024 20:04 WIB
Cetak Kinerja Positif di Tahun 2023, Hana Bank Catat Total Aset Rp46,9 Triliun
PT Bank KEB Hana Indonesia (“Hana Bank” atau “Bank”) berhasil mencatatkan kinerja yang positif di penutup tahun 2023. Bank mencatat total aset (diaudit) sebesar Rp46,9 triliun pada tahun 2023 ("FY2023"), naik 0,39% secara tahunan atau year-on-year (Y-o-Y)
 
Nasional
23/04/2024 17:44 WIB
Lanjutkan Komitmen Keberlanjutan untuk Masa Depan, Inisiatif #SayangBumi dari Acer Indonesia Melakukan Penanaman Ribuan Mangrove
Dalam rangka merayakan perjalanan 25 tahun Acer di Indonesia, Acer inisiatif #SayangBumi bekerja sama dengan SeaSoldier menggelar penanaman ribuan mangrove yang dihadiri oleh ratusan relawan dalam upaya menjaga pelestarian keanekaragaman hayati di Indonesia.
 
Nasional
22/04/2024 09:40 WIB
Gandeng Komunitas Mini 4WD, Bank DKI Dorong Transaksi Non Tunai
Bank DKI gandeng komunitas Mini 4WD dalam memperkenalkan aplikasi JakOne Mobile pada penyelenggaraan JakOne Mobile Indonesia Damper Class National Championship Round I yang diselenggarakan di Jakarta, 19-21 April 2024.
 
Nasional
22/04/2024 08:42 WIB
Mirae Asset: IHSG Diprediksi Masih Konsolidasi Hari Ini Karena Rupiah dan Aksi Jual Asing
IHSG ditutup melemah -1,11% ke 7.087 pada perdagangan Jumat (19/4). Sektor keuangan dan bahan baku menjadi pemberat indeks dengan saham-saham seperti BBRI, BMRI, TLKM dan ASII. Investor asing tercatat melakukan penjualan bersih senilai IDR904bn dengan porsi net sell terbesar pada…
Telkomsel