Wisnu Cakra
Selasa, 21 Agustus 2018 - 08:40 WIB

XL Axiata Uji Coba Layanan 5G

Xl Axiata uji coba layanan berbasis 5G dan WiGig untuk mendukung Jakarta Smartcity.Foto/Roni.M/ECONOMICZONE
Xl Axiata uji coba layanan berbasis 5G dan WiGig untuk mendukung Jakarta Smartcity.Foto/Roni.M/ECONOMICZONE

ECONOMIC ZONE - PT XL Axiata Tbk (EXCL) dan Kementerian Komunikasi dan Informatika serta Pemerintah Daerah Provinsi DKI Jakarta menggelar uji coba layanan berbasis 5G dan WiGig untuk meningkatkan kualitas layanan, sekaligus mengelola berbagai sarana fasilitas publik secara efektif dan efisien. 

Presiden Direktur XL Axiata, Dian Siswarini  mengatakan pemanfaatan teknologi digital untuk meningkatkan layanan kepada publik semakin menjadi trend di seluruh dunia, terutama di negara-negara maju. 

"Sebagai operator layanan akses data digital, tentu perseroan harus bersiap untuk mengadopsi teknologi terbaru dan tercanggih, saat ini yakni 5G," katanya di Jakarta, kemarin.

Ditambahkan, ujicoba tersebut menjadi sarana bagi perseroan untuk mempelajari lebih jauh terkait penerapannnya di lapangan dan hal-hal lainnya yang bersifat teknis. 

Selain itu, ujicoba ini juga bisa menunjukkan kepada masyarakat luas mengenai seperti apa teknologi 5G dan kegunaannya bisa untuk apa saja. 

"Uji coba dengan kerangka smartcity menjadi cara terbaik untuk mengetahui secara langsung kemampuan teknologi 5G untuk memberikan solusi terhadap permasalahan pengelolaan perkotaan. Ini selaras dengan spirit kami untuk terus berperan aktif mendukung pemerintah memajukan Indonesia #JadiLebihBaik”," paparnya.

Sementara itu Menkominfo Rudiantara mengungkapkan pihaknya mendorong pemanfaatan teknologi informasi dan digital tercanggih yang ada saat ini untuk bisa diterapkan sebagai solusi pada berbagai bidang, termasuk pengelolaan fasilitas publik. 

"Saya menyambut baik antusiasme Pemprov DKI Jakarta dan juga XL Axiata untuk melakukan uji coba 5G ini, yang kita harapkan bisa memberikan gambaran yang lebih jelas mengenai kemungkinan penerapan 5G dalam sistem Smartcity di DKI Jakarta," terangnya. 

Menurut Rudiantara, teknologi 5G tersebut bisa diterapkan pada banyak hal untuk meningkatkan kualitas layanan publik secara efektif dan efisien, tidak hanya di DKI Jakarta, namun juga di kota-kota lainnya mana kala nanti jaringan 5G sudah tersedia.

Secara umum, uji coba penerapan teknologi 5G ini menggunakan frekuensi khusus yaitu 28 Ghz. Sementara itu untuk WiGig menggunakann frekuensi 60Ghz. 

Selain itu untuk 5G juga dipergunakan perangkat end-to-end radio dan core yang terhubung ke perangkat pengguna. Sedangkan untuk sistem WiGig juga menggunakan end-to-end system yang terhubung ke perangkat home unit sehingga masyarakat umum bisa menikmati layanan internet super cepat secara gratis.

Komentar

Berita Lainnya

 
Nasional
20/03/2019 22:32 WIB
Dukung WANTANNAS, XL Axiata Sosialisasikan Konten Bela Negara Lewat SMS Broadcast
PT XL Axiata Tbk ( XL Axiata ) mendukung penuh program “Bela Negara” yang dicanangkan oleh Dewan Ketahanan Nasional (WANTANNAS).
 
Nasional
13/03/2019 17:54 WIB
BRI Perkuat Kerjasama Perbankan Dengan Kemendagri
Bank BRI kembali bersinergi bersama Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia dan Badan Nasional Pengelolaan Perbatasan (BNPP) dalam memberikan jasa dan layanan keuangan perbankan berbasis teknologi yang dituangkan dalam penandatanganan Nota Kesepahaman dan Penandatangan…
 
Nasional
04/03/2019 18:27 WIB
Kominfo Gandeng XL Axiata Kembangkan Wahana Belajar Digital “Pojok Pintar Sisternet”
Guna mendorong perempuan Indonesia agar lebih melek teknologi digital, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) menginisiasi wahana belajar “Pojok Pintar Sisternet”
 
Nasional
04/03/2019 08:04 WIB
Sasar Millenial, BRI Luncurkan Aplikasi BRImo
Bank BRI meluncurkan aplikasi BRImo, aplikasi BRI Mobile terbaru berbasis data dengan UI/UX (user interface/ user experience) dan fitur-fitur terbaru yang dapat digunakan oleh nasabah maupun non nasabah BRI tanpa perlu datang ke kantor cabang dengan pilihan sumber dana giro, tabungan…
 
Nasional
28/02/2019 19:52 WIB
BNI Sosialisasi DNDF dan LCS
PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) menggandeng Bank Indonesia mensosialisasi Transaksi Domestic Non Deliverable Forward (DNDF) dan Local Currencies Settlement (LCS). 
 
Nasional
28/02/2019 18:47 WIB
Astra CetaK Laba Rp21,67 Triliun
PT Astra Internasional Tbk (ASII) sepanjang 2018 membukukan laba bersih mencapai Rp21,67 triliun, meningkat 15 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp18,84 triliun.
 
Nasional
27/02/2019 17:53 WIB
Kejar Target DPK Lembaga, Bank BTN Gaet Kliring Berjangka Indonesia
Untuk meningkatkan Dana Pihak Ketiga, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk membidik dana dari institusi atau lembaga selain dari nasabah ritel. Tahun 2019, di tengah ancaman ketatnya likuiditas, Bank BTN aktif memikat institusi, perusahaan ataupun lembaga untuk menggunakan fasilitas…