Wisnu Cakra
Selasa, 21 Agustus 2018 - 08:40 WIB

XL Axiata Uji Coba Layanan 5G

Xl Axiata uji coba layanan berbasis 5G dan WiGig untuk mendukung Jakarta Smartcity.Foto/Roni.M/ECONOMICZONE
Xl Axiata uji coba layanan berbasis 5G dan WiGig untuk mendukung Jakarta Smartcity.Foto/Roni.M/ECONOMICZONE

ECONOMIC ZONE - PT XL Axiata Tbk (EXCL) dan Kementerian Komunikasi dan Informatika serta Pemerintah Daerah Provinsi DKI Jakarta menggelar uji coba layanan berbasis 5G dan WiGig untuk meningkatkan kualitas layanan, sekaligus mengelola berbagai sarana fasilitas publik secara efektif dan efisien. 

Presiden Direktur XL Axiata, Dian Siswarini  mengatakan pemanfaatan teknologi digital untuk meningkatkan layanan kepada publik semakin menjadi trend di seluruh dunia, terutama di negara-negara maju. 

"Sebagai operator layanan akses data digital, tentu perseroan harus bersiap untuk mengadopsi teknologi terbaru dan tercanggih, saat ini yakni 5G," katanya di Jakarta, kemarin.

Ditambahkan, ujicoba tersebut menjadi sarana bagi perseroan untuk mempelajari lebih jauh terkait penerapannnya di lapangan dan hal-hal lainnya yang bersifat teknis. 

Selain itu, ujicoba ini juga bisa menunjukkan kepada masyarakat luas mengenai seperti apa teknologi 5G dan kegunaannya bisa untuk apa saja. 

"Uji coba dengan kerangka smartcity menjadi cara terbaik untuk mengetahui secara langsung kemampuan teknologi 5G untuk memberikan solusi terhadap permasalahan pengelolaan perkotaan. Ini selaras dengan spirit kami untuk terus berperan aktif mendukung pemerintah memajukan Indonesia #JadiLebihBaik”," paparnya.

Sementara itu Menkominfo Rudiantara mengungkapkan pihaknya mendorong pemanfaatan teknologi informasi dan digital tercanggih yang ada saat ini untuk bisa diterapkan sebagai solusi pada berbagai bidang, termasuk pengelolaan fasilitas publik. 

"Saya menyambut baik antusiasme Pemprov DKI Jakarta dan juga XL Axiata untuk melakukan uji coba 5G ini, yang kita harapkan bisa memberikan gambaran yang lebih jelas mengenai kemungkinan penerapan 5G dalam sistem Smartcity di DKI Jakarta," terangnya. 

Menurut Rudiantara, teknologi 5G tersebut bisa diterapkan pada banyak hal untuk meningkatkan kualitas layanan publik secara efektif dan efisien, tidak hanya di DKI Jakarta, namun juga di kota-kota lainnya mana kala nanti jaringan 5G sudah tersedia.

Secara umum, uji coba penerapan teknologi 5G ini menggunakan frekuensi khusus yaitu 28 Ghz. Sementara itu untuk WiGig menggunakann frekuensi 60Ghz. 

Selain itu untuk 5G juga dipergunakan perangkat end-to-end radio dan core yang terhubung ke perangkat pengguna. Sedangkan untuk sistem WiGig juga menggunakan end-to-end system yang terhubung ke perangkat home unit sehingga masyarakat umum bisa menikmati layanan internet super cepat secara gratis.

Komentar

Berita Lainnya

 
Nasional
17/08/2019 19:03 WIB
Sinergi BUMN Siap Bangun Monumen Fatmawati
PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) bersama perusahaan BUMN lainnya siap membangun monumen pahlawan nasional Fatmawati di kota Bengkulu. 
 
Nasional
17/08/2019 15:42 WIB
Semarakkan HUT RI ke 74, Dirut BTN Bacakan Puisi di Rumah Fatmawati
Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) Maryono ikut memeriahkan malam renungan suci Hari Kemerdekaan Indonesia ke-74 Tahun dengan membaca puisi di Rumah Fatmawati, Bengkulu.
 
Nasional
09/08/2019 11:31 WIB
Kinerja Melorot Bikin Saham BBTN Kurang Prospektif
Kinerja keuangan PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN) pada semester I/2019 kurang menggembirakan. Laba bersih perseroan turun 8% dari Rp1,42 pada akhir Juni 2018 menjadi hanya Rp1,3 triliun di periode yang sama tahun ini. 
 
Nasional
08/08/2019 23:17 WIB
Perluas Portfolio Bisnis, PTPP Tandatangani Dua Kerjasama
PT PP (Persero) Tbk (“PTPP”) salah satu perusahaan konstruksi dan investasi terkemuka di Indonesia melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama terkait pembangunan pabrik peleburan (Nickel Smelter) dengan PT Macika Mineral Industri, Senin (05/08)
 
Nasional
05/08/2019 14:36 WIB
Indra Karya Dukung Optimalisasi Layanan Prima ASDP dan Jasa Tirta II
Dalam rangka sinergi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terkait pengelolaan air, PT Indra Karya (Persero) konsultan karya yang bergerak di sektor pengelolaan sumber daya air menjalin kerja sama dengan dua BUMN yakni PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) dan Perum Jasa Tirta 2.
 
Nasional
03/08/2019 22:17 WIB
Resmi Luncurkan International Royal Enfield Jamboree 2019, Bali akan dibanjiri oleh Ribuan Pecinta Royal Enfield
Komunitas motor Royal Enfield terbesar di Indonesia, Royal Riders Indonesia (RoRI) secara resmi membuka rangkaian perhelatan International Royal Enfield Jamboree 2019 – Bali, Indonesia yang segera dilaksanakan pada tanggal 24 hingga 25 Agustus di Pantai Melasti, Bali.
 
Nasional
02/08/2019 15:34 WIB
Kartu Kredit Telkomsel BNI Telkomsel Diluncurkan, Dukung Gaya Hidup Digital Penuh Manfaat
Telkomsel dan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI meluncurkan produk co-branding berupa Kartu Kredit BNI Telkomsel yang telah dibekali banyak keuntungan, dan beragam inovasi produk serta layanan demi memenuhi kebutuhan masyarakat urban Indonesia yang semakin mobile dan…