Wisnu Cakra
Selasa, 21 Agustus 2018 - 08:40 WIB

XL Axiata Uji Coba Layanan 5G

Xl Axiata uji coba layanan berbasis 5G dan WiGig untuk mendukung Jakarta Smartcity.Foto/Roni.M/ECONOMICZONE
Xl Axiata uji coba layanan berbasis 5G dan WiGig untuk mendukung Jakarta Smartcity.Foto/Roni.M/ECONOMICZONE

ECONOMIC ZONE - PT XL Axiata Tbk (EXCL) dan Kementerian Komunikasi dan Informatika serta Pemerintah Daerah Provinsi DKI Jakarta menggelar uji coba layanan berbasis 5G dan WiGig untuk meningkatkan kualitas layanan, sekaligus mengelola berbagai sarana fasilitas publik secara efektif dan efisien. 

Presiden Direktur XL Axiata, Dian Siswarini  mengatakan pemanfaatan teknologi digital untuk meningkatkan layanan kepada publik semakin menjadi trend di seluruh dunia, terutama di negara-negara maju. 

"Sebagai operator layanan akses data digital, tentu perseroan harus bersiap untuk mengadopsi teknologi terbaru dan tercanggih, saat ini yakni 5G," katanya di Jakarta, kemarin.

Ditambahkan, ujicoba tersebut menjadi sarana bagi perseroan untuk mempelajari lebih jauh terkait penerapannnya di lapangan dan hal-hal lainnya yang bersifat teknis. 

Selain itu, ujicoba ini juga bisa menunjukkan kepada masyarakat luas mengenai seperti apa teknologi 5G dan kegunaannya bisa untuk apa saja. 

"Uji coba dengan kerangka smartcity menjadi cara terbaik untuk mengetahui secara langsung kemampuan teknologi 5G untuk memberikan solusi terhadap permasalahan pengelolaan perkotaan. Ini selaras dengan spirit kami untuk terus berperan aktif mendukung pemerintah memajukan Indonesia #JadiLebihBaik”," paparnya.

Sementara itu Menkominfo Rudiantara mengungkapkan pihaknya mendorong pemanfaatan teknologi informasi dan digital tercanggih yang ada saat ini untuk bisa diterapkan sebagai solusi pada berbagai bidang, termasuk pengelolaan fasilitas publik. 

"Saya menyambut baik antusiasme Pemprov DKI Jakarta dan juga XL Axiata untuk melakukan uji coba 5G ini, yang kita harapkan bisa memberikan gambaran yang lebih jelas mengenai kemungkinan penerapan 5G dalam sistem Smartcity di DKI Jakarta," terangnya. 

Menurut Rudiantara, teknologi 5G tersebut bisa diterapkan pada banyak hal untuk meningkatkan kualitas layanan publik secara efektif dan efisien, tidak hanya di DKI Jakarta, namun juga di kota-kota lainnya mana kala nanti jaringan 5G sudah tersedia.

Secara umum, uji coba penerapan teknologi 5G ini menggunakan frekuensi khusus yaitu 28 Ghz. Sementara itu untuk WiGig menggunakann frekuensi 60Ghz. 

Selain itu untuk 5G juga dipergunakan perangkat end-to-end radio dan core yang terhubung ke perangkat pengguna. Sedangkan untuk sistem WiGig juga menggunakan end-to-end system yang terhubung ke perangkat home unit sehingga masyarakat umum bisa menikmati layanan internet super cepat secara gratis.

Komentar

Berita Lainnya

 
Nasional
01/07/2019 18:09 WIB
Sediakan Paket Khusus Jamaah Haji XL Axiata Gandeng Semua Operator di Arab Saudi
PT. XL Axiata Tbk (XL Axiata) melalui salah satu brandnya XL Prabayar (XL)sudah mempersiapkan paket khusus untuk jamaah haji
 
Nasional
28/06/2019 18:32 WIB
OMNI Incar Pendapatan Tumbuh 22 Persen Tahun Ini
PT Sarana Meditama Metropolitan Tbk (SAME) pengelola  OMNI Hospitals optimis pendapatan tahun ini meningkat sekitar 22% hingga 26% dibanding realisasi pendapatan tahun sebelumnya sebesar Rp952 miliar. 
 
Nasional
22/06/2019 07:03 WIB
Jokowi Tinjau Proyek Runway Ketiga Bandara Soekarno Hatta
Presiden Joko Widodo meninjau perkembangan pembangunan landas pacu ketiga bandara internasional Soekarno-Hatta didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Direktur Utama PT. Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin.
 
Nasional
21/06/2019 15:40 WIB
Penyesuaian Harga Jual Tiket Pesawat Rute Domestik Lion Air
Dalam rangka mengikuti keputusan pemerintah menurunkan tiket domestik, Lion Air (kode penerbangan JT) member of Lion Air Group akan memberlakukan harga jual tiket promo sampai dengan 50% dari tarif dasar batas atas (basic fare).
 
Nasional
21/06/2019 15:22 WIB
Perum Jamkrindo Bagi 49.000 Alat Sekolah
Perum Jamkrindo melalui gerakan Jamkrindo Peduli Pendidikan (JPP) memberikan paket alat sekolah serentak dilakukan di kantor pusat, 9 kantor wilayah dan 56 cabang Perum Jamkrindo.
 
Nasional
12/06/2019 14:31 WIB
Banjir di Sulawesi dan Kalimantan, Telkomsel Terus Jaga Kualitas Jaringan
Telkomsel terus menjaga kualitas layanan telekomunikasi di kawasan tersebut agar tetap lancar baik saat  terjadi banjir maupun paska banjir.
 
Nasional
01/06/2019 18:15 WIB
Telkomsel Berangkatkan 7.000 Pelanggan Mudik Gratis
Telkomsel memberangkatkan sekitar 7.000 pelanggan mudik secara gratis di 4 mode transportasi yaitu pesawat, bus, kapal laut dan kereta api airport railink. Para peserta dalam program Mudik Bareng Telkomsel ini kembali ke kampung halaman di 18 kota tujuan.