EKA
Rabu, 03 Februari 2021 - 15:38 WIB

Operasional & Layanan ASABRI Tetap Berjalan Lancar, Salurkan Dana Pensiun Rp15,5T & bayarkan Klaim Asuransi Rp1,6T

Foto/Dok-ASABRI/ECONOMICZONE
Foto/Dok-ASABRI/ECONOMICZONE
Dummy

ECONOMIC ZONE - Sebagai pengemban amanah Pemerintah dalam memberikan layanan Asuransi Sosial kepada pesertanya di tahun 2020 ASABRI telah menyalurkan dana pensiun kepada para pensiunan sebesar 15,5 triliun rupiah. Dana ini dibayar Pemerintah melalui APBN dan disalurkan ASABRI kepada 439 ribu pensiunan setiap awal bulan. Selain itu,

ASABRI juga melakukan pembayaran asuransi Tunjangan Hari Tua (THT), Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), dan Jaminan Kematian (JKm) sebesar 1,6 triliun rupiah kepada sekitar 58 ribu peserta yang mengajukan klaim. Pembayaran pensiun bulanan serta asuransi tersebut  dilaksanakan secara tepat orang, tepat jumlah, dan tepat waktu serta dengan layanan terbaik yang didukung oleh 14 mitra kerja yang tersebar di seluruh Indonesia.

Awal Februari 2021 ASABRI memberikan manfaat asuransi Santunan Risiko Kematian Khusus  (SRKK) kepada ahli waris 2 orang peserta yang gugur akibat kontak tembak dengan KKB di Papua yakni Anumerta Dedi Hamdani dan Anumerta Roy Febrianto  dengan pemberian  hak manfaat Asuransi total sebesar 900 juta rupiah.

SRKK Gugur diberikan kepada ahli waris dari peserta yang meninggal dunia saat melaksanakan tugas operasi militer perang atau operasi militer selain perang, baik di dalam atau di luar negeri akibat dari tindakan langsung lawan/musuh /dari para pelaku pelanggar hukum, atau akibat cuaca, medan operasi/faktor alam  sesuai dengan PP 54 Tahun 2020 perubahan atas PP 102 Tahun 2015.

Dari sisi operasional perusahaan, Direktur Utama ASABRI Wahyu Suparyono menegaskan bahwa operasional tetap berjalan dengan normal sebagaimana mestinya, hak-hak peserta merupakan prioritas utama bagi kami, kerja keras di tahun 2020 merupakan perwujudan dan komitmen atas misi ASABRI  yakni  meningkatkan kesejahteraan Peserta ASABRI melalui pengembangan sistem layanan berbasis teknologi dan peningkatan manfaat asuransi sosial, didukung dengan pengembangan sumber daya manusia yang berintegritas dan berakhlak serta pengelolaan investasi yang tepat.

Dalam bidang layanan, berbagai terobosan untuk meningkatkan layanan kepada peserta telah dilakukan ASABRI sepanjang tahun 2020. Launching aplikasi ASABRI Mobile berbasis Android pada bulan Juni 2020 menunjukkan komitmen ASABRI dalam penggunaan teknologi untuk meningkatkan layanan dan kemudahan bagi peserta. Selain dapat mengetahui besar premi yang telah disetor dan nilai pengembangannya serta beberapa informasi lainnya, peserta juga dapat melakukan update data pribadi menggunakan ASABRI Mobile tersebut.

Tanggapan peserta atas aplikasi ini terus membaik dimana pada akhir tahun 2020 terdapat 27 ribu peserta yang telah mengunduh aplikasi ini. Ke depan, aplikasi akan terus dikembangkan dan mendorong peserta untuk terus memanfaatkannya. Selain hal tersebut, untuk mempermudah pengajuan klaim, ASABRI telah meluncurkan program ASABRI Link (Office Channeling) yang telah aktif di 448 titik layanan yang tersebar di 161 kota. Dengan program ini, proses pengiriman dokumen klaim menjadi lebih cepat karena peserta dapat menyerahkannya di titik layanan tersebut.

Di area pengembangan manfaat tambahan bagi peserta, tahun 2020, ASABRI telah bekerjasama dengan PT Taspen Life, perusahaan asuransi yang dimiliki oleh PT Taspen (Persero). Kerja sama ini bertujuan memberikan akses dan pilihan bagi peserta atas produk manfaat tambahan untuk meningkatkan proteksi dan kesejahteraan peserta. Kerja sama ini akan terus ditingkatkan di tahun mendatang, melalui kerja sama kluster sebagaimana program Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) antara lain jangkauan wilayah dan ragam produk. Ke depan, kerja sama dengan berbagai perusahaan terkemuka akan lebih banyak dijalin untuk memberikan alternatif peningkatan manfaat tambahan bagi peserta.

Dalam menanggapi informasi dan perkembangan terkait permasalahan hukum yang sedang dihadapi beberapa mantan pejabat ASABRI yang beredar saat ini, Wahyu Suparyono dan Fary Djemy Francis selaku Komisaris  Utama ASABRI menegaskan bahwa Direksi & Dewan Komisaris beserta seluruh karyawan,  sebagai warga negara yang taat dalam mengelola perusahaan milik negara akan mematuhi, mengikuti, dan menghormati proses hukum yang sedang berjalan di Kejaksaan Agung, dengan tujuan untuk menindaklanjuti hal-hal yang memang perlu dilakukan.

Penanganan masalah hukum yang dilakukan oleh Kejaksaan Agung saat ini sudah memasuki tahap penetapan beberapa orang tersangka dan penyidikan masih terus dilakukan. Keduanya meyakinkan bahwa  lancarnya kegiatan operasional dan layanan kepada peserta serta stakeholder menjadi komitmen ASABRI. Untuk informasi lebih lanjut  terkait dengan penyidikan yang masih berjalan akan disampaikan oleh pihak-pihak yang berwenang dalam menyampaikan informasi ini.  Dengan prinsip equality before the law, ASABRI mendukung kasus ini dituntaskan agar bisa memberikan rasa keadilan dan kejelasan bagi pihak-pihak yang merasa dirugikan khususnya  Peserta ASABRI.

“Karena proses hukum adalah domain penegak hukum, maka fokus kami adalah terus melakukan pembenahan khususnya berkaitan dengan kesejahteraan peserta ASABRI sesuai dengan mekanisme dan perundang-undangan yang berlaku, serta melakukan penguatan satuan audit internal. Hanya dengan terus berbenah, meningkatkan layanan, mengoptimalkan kehati-hatian serta menjalankan catatan-catatan penting ini, ASABRI bisa pulih dari sakit kehilangan kepercayaan publik (distrust) dan dapat tampil sebagai perusahaan yang sehat baik bagi manajemen maupun peserta”, ujar Fary Djemy Francis Komisaris Utama ASABRI.

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
10 jam yang lalu
Kembali Bererupsi, Gunung Sinabung Luncurkan Awan Panas Sejauh 4.500 Meter
Gunung Sinabung kembali bererupsi dan mengeluarkan awan panas guguran (APG) akibat kubah lava membeku dengan jarak luncuran hingga 4.500 meter ke arah tenggara dan terpantau tinggi kolom abu mencapai 5.000 meter pada Selasa (2/3).
 
Nasional
10 jam yang lalu
Kemnaker Terus Sosialisasikan Empat Aturan Pelaksana UU Ciptaker
Pemerintah melalui Kementerian Ketengakerjaan berkomitmen untuk terus menyosialisasikan 4 Peraturan Pemerintah (PP) sebagai aturan turunan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja klaster ketenagakerjaan kepada seluruh stakeholders ketenagakerjaan. Sosialisasi ini diharapkan…
 
Nasional
10 jam yang lalu
Pemuda dan Pemudi Papua Ikuti Lomba Kebhinnekaan
Rumah Belajar Papua Hei Jayapura menggelar Lomba Kebhinnekaan untuk menumbuhkan kesadaran pemuda dan pemudi Papua akan pentingnya persatuan bangsa dalam keberagaman suku yang ada di nusantara. Kegiatan lomba dilaksanakan secara tatap muka dan offline mulai 28 Februari s.d 1 Maret…
 
Nasional
16 jam yang lalu
Proses Identifikasi Korban Sriwijaya SJ 182 Resmi Ditutup, Tersisa 3 Korban Belum Teridentifikasi
Tim Disaster Victim Identification (DVI) Polri resmi menutup proses identifikasi korban pesawat Sriwijaya Air SJ-182 yang terjatuh di sekitar kepulauan Seribu, Jakarta, Sabtu (9/1/2021) lalu.
 
Nasional
16 jam yang lalu
BTN Bantu Masyarakat Terdampak Banjir di Jateng
Kondisi curah hujan ekstrem yang terjadi secara merata terutama di wilayah Kudus, Jawa Tengah menyebabkan beberapa wilayah di daerah tersebut tergenang banjir. Rumah warga terendam dan menghambat akses transportasi.
 
Nasional
18 jam yang lalu
Presiden Jokowi Cabut Lampiran Perpres Terkait Miras
Presiden Joko Widodo mencabut lampiran Peraturan Presiden terkait pembukaan investasi baru dalam industri minuman keras (miras) yang tercantum dalam lampiran Perpres Nomor 10 Tahun 2021 tentang Bidang Usaha Penanaman Modal. Hal tersebut diputuskan setelah Presiden mempertimbangkan…
 
Nasional
18 jam yang lalu
Danjen Akademi TNI Pimpin Acara Taklimat Akhir Audit Kinerja Itjen TNI
Komandan Jenderal (Danjen) Akademi TNI Marsdya TNI Tamsil Gustari Malik, S.E., S.H., M.H., M.Tr.(Han) memimpin acara Taklimat Akhir Audit Kinerja Itjen TNI Periode I Tahun Anggaran 2021 Satuan Kerja Unit Organisasi Mabes TNI dan Balakpus di Aula Gatot Soebroto Mabes TNI, Cilangkap,…
Telkomsel