Gilbert Sem Sandro
Kamis, 21 Januari 2021 - 19:42 WIB

Operasi Pencarian Sriwijaya Air SJ-182 Resmi Dihentikan

Foto/GilbertSemSandro/ECONOMICZONE
Foto/GilbertSemSandro/ECONOMICZONE
Dummy

ECONOMIC ZONE - Operasi pencarian korban dan badan pesawat Sriwijaya Air SJ-182 secara resmi dihentikan hari ini. Keputusan tersebut disampaikan oleh Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI (Purn) Bagus Puruhito di Pelabuhan Jakarta International Container Terminal (JICT), Jakarta.

"Melalui pertimbangan teknis hasil temuan korban, dan efektivitas pertemuan dengan keluarga korban, dan masukan di lapangan, maka hari ini operasi SAR terhadap pencarian pesawat SJ-182 di Kepulauan Seribu secara resmi ditutup atau penghentian," Ujar Bagus saat konfrensi pers terakhir dari Basarnas, Kamis(21/1/2021) sore.

Operasi lanjutan masih tetap dilakukan oleh TNI AL, untuk dapat menemukan perangkat kotak hitam lainnya yaitu Cockpit Voice Recorder(CVR).

"TNI AL masih akan terus melanjutkan kegiatan pencarian CVR, agar tim Komite Nasional Keselamatan Transportasi dapat menghasilkan analisa yang sempurna terkait jatuhnya SJ-182 ini," kata Bagus.

Terhitung, Basarnas dan tim gabungan sudah melakukan operasi SAR selama 13 hari sejak kejadian jatuhnya pesawat dengan rute Jakarta-Pontianak tersebut, yang jatuh di perairan Kep. Seribu, pada 9 Januari lalu.

"Namun, bila di kemudian hari ada dari masyarakat yang melihat dan menemukan yang diduga bagian dari korban ataupun pesawat kepada Basarnas, kami akan merespons untuk menindaklanjuti temuan tersebut," lanjutnya.

Lebih lanjut Bagus menjelaskan, operasi SAR gabungan yang dilakukan untuk pencarian SJ-182 ini telah melibatkan 4.300 personel gabungan dari Basarnas, TNI, Polri, kementerian/lembaga terkait. Selain itu 62 kapal laut, dan 15 pesawat juga ikut diturunkan untuk membantu pencarian SJ-182.

Hingga hari ini, proses evakuasi yang dilakukan telah mengumpulkan 324 kantong jenazah yang berisi bodypart korban, 64 kantong serpihan kecil pesawat, dan 54 bagian besar pesawat.

"Informasi sementara dari tim DVI, dari 324 kantong jenazah yang kami temukan, total korban yang sudah berhasil diidentifikasi mencapai 43 orang dan menyusul 7 korban lagi yang sudah berhasil diidentifikasi akan segera diumumkan," tambah Bagus.

Bagus menyampaikan ungkapan terimakasih dan mengapresiasi seluruh anggota tim gabungan Basarnas yang telah berjuang melaksanakan kegiatan pencarian pesawat SJ-182, sehingga apa yang diharapkan para keluarga korban, berhasil ditemukan.

"Besok pagi pukul 06.00 WIB, kami bersama para keluarga korban, akan mengadakan acara tabur bunga di lokasi jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ-182," tutup Marsekal Bagus Puruhito.

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
16 jam yang lalu
Proses Identifikasi Korban Sriwijaya SJ 182 Resmi Ditutup, Tersisa 3 Korban Belum Teridentifikasi
Tim Disaster Victim Identification (DVI) Polri resmi menutup proses identifikasi korban pesawat Sriwijaya Air SJ-182 yang terjatuh di sekitar kepulauan Seribu, Jakarta, Sabtu (9/1/2021) lalu.
 
Nasional
16 jam yang lalu
BTN Bantu Masyarakat Terdampak Banjir di Jateng
Kondisi curah hujan ekstrem yang terjadi secara merata terutama di wilayah Kudus, Jawa Tengah menyebabkan beberapa wilayah di daerah tersebut tergenang banjir. Rumah warga terendam dan menghambat akses transportasi.
 
Nasional
17 jam yang lalu
Presiden Jokowi Cabut Lampiran Perpres Terkait Miras
Presiden Joko Widodo mencabut lampiran Peraturan Presiden terkait pembukaan investasi baru dalam industri minuman keras (miras) yang tercantum dalam lampiran Perpres Nomor 10 Tahun 2021 tentang Bidang Usaha Penanaman Modal. Hal tersebut diputuskan setelah Presiden mempertimbangkan…
 
Nasional
18 jam yang lalu
Danjen Akademi TNI Pimpin Acara Taklimat Akhir Audit Kinerja Itjen TNI
Komandan Jenderal (Danjen) Akademi TNI Marsdya TNI Tamsil Gustari Malik, S.E., S.H., M.H., M.Tr.(Han) memimpin acara Taklimat Akhir Audit Kinerja Itjen TNI Periode I Tahun Anggaran 2021 Satuan Kerja Unit Organisasi Mabes TNI dan Balakpus di Aula Gatot Soebroto Mabes TNI, Cilangkap,…
 
Nasional
18 jam yang lalu
Baru! Mie Lemonilo Pedas Korea, Rasa #PedasDaebak yang Pas dengan Selera Indonesia
Efek Hallyu (Gelombang Korea) sudah hampir satu dekade merebak di Indonesia. Setelah sukses dengan drama, musik pop, hingga kosmetik, Gelombang Korea turut menyasar industri makanan di Indonesia. Selain restoran Korea yang menjamur, berbagai makanan instan khas Korea juga turut digandrungi.…
 
Nasional
01/03/2021 19:55 WIB
Resmikan KRL Yogyakarta-Solo, Presiden: Ini Transportasi Massal Ramah Lingkungan
Presiden Joko Widodo meresmikan pengoperasian Kereta Rel Listrik (KRL) Lintas Yogyakarta-Solo pada Senin, 1 Maret 2021. Acara peresmian tersebut berlangsung di Stasiun Tugu Yogyakarta dan merupakan bagian dari rangkaian kunjungan kerja Presiden ke Daerah Istimewa Yogyakarta.
 
Nasional
01/03/2021 19:39 WIB
Presiden Jokowi Tinjau Vaksinasi Massal di Kota Yogyakarta
Cakupan vaksinasi massal bagi petugas atau pekerja publik semakin diperluas. Vaksinasi tahap kedua yang telah dimulai pada pertengahan Februari tersebut dimaksudkan untuk memberikan perlindungan awal terhadap virus korona bagi para pekerja yang dalam kesehariannya bekerja di lingkungan…
Telkomsel