MA
Kamis, 21 Januari 2021 - 15:47 WIB

Lanal Dumai Gagalkan Penyelundupan 20 Kg Sabu

Foto/Dok TNI AL/Economiczone
Foto/Dok TNI AL/Economiczone
Dummy

ECONOMIC ZONE - TIM F1QR Lanal Dumai berkerjasama dengan Dit Reserse Narkoba Polda Riau mengamankan 1 unit mobil Avanza warna putih Nopol BM 1244 EN dengan pengendara berinisial AS (37 tahun) asal Pangkalan Nyeri Pulau Rupat yang membawa Narkoba jenis Sabu-sabu sebanyak 20 bungkus yang dikemas dalam kemasan teh merk China dari Pulau Rupat Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau di Terminal Penyebrangan Roro Sri Junjungan Dumai.

Penangkapan Narkoba jenis Sabu-sabu sebanyak 20 bungkus tersebut, berawal dari informasi yang diterima oleh Tim F1QR Lanal Dumai pada Jumat (8/1), bahwa akan ada penyelundupan Narkoba jenis Sabu-sabu dari Malaysia masuk melalui Perairan Pulau Rupat Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau dengan menggunakan speed boat. 

Menindaklanjuti informasi tersebut, Tim F1QR  Lanal Dumai persiapan untuk melaksanakan pengejaran dan penyergapan. Berdasarkan perintah dari Komandan Lanal Dumai, Tim F1QR bergerak menuju Pulau Rupat dan menempati pos yang sudah ditentukan. Dikarekan cuaca buruk dan gelombang besar, Tim memutuskan kembali ke Posmat TNI AL Sungai Dumai sambil memantau perkembangan informasi. Hasil koordinasi di lapangan bahwa tidak ada pergerakan speed yang mencurigakan yang masuk ke Perairan Pulau Rupat dikarenakan kondisi cuaca yang buruk dan tingginya gelombang.

Setelah kurang lebih 9 hari melaksanakan pemantauan di lapangan,  pada Minggu (17/1) sekitar pukul 18.00 WIB, Tim FIQR Lanal Dumai mendapatkan informasi lanjutan bahwa akan ada penyelundupan Narkoba jenis Sabu-sabu dengan menggunakan Speed dari Malaysia yang akan masuk ke Perairan Tanjung Punak Pulau Rupat Kabupaten Bengkalis. 

Tim FIQR Lanal Dumai bergerak dari Posmat TNI AL Sungai Dumai untuk melaksanakan patroli dan penyekatan di Perairan Selat Morong Pulau Rupat, namun karena kondisi cuaca buruk dan ombak tinggi yang cukup membahayakan keselamatan, maka tim kembali ke Posmat TNI AL Sungai Dumai. Tim mendapat informasi bahwa ada speed mencurigakan masuk ke Perairan Pulau Rupat dan sudah dalam kondisi kosong.

Menyikapi hal tesebut, Tim FIQR Lanal Dumai berkoordinasi dengan Kasubdit I Dit Reserse Narkoba Polda Riau AKBP Hardian Pratama untuk melakukan penindakan dan penangkapan terhadap tersangka yang diduga melalui jalur darat.

Pada hari Senin (18/1), Tim FIQR Lanal Dumai bersinergi dengan Dit Reserse Narkoba Polda Riau melaksanakan  pengintaian di Pelabuhan Roro Dumai Rupat, dan melaksanakan pemeriksaan terhadap mobil Avanza warna putih dengan Nopol BM 1244 EN pengendara berinisial AS (37 tahun) asal Pangkalan Nyeri Pulau Rupat. Setelah dilakukan pemeriksaan dan penggeledahan ditemukan 2 buah kardus berwarna coklat dan 1 karung berwarna putih berisi 20 bungkus teh merk China yang diduga Narkoba jenis Sabu-sabu. Selanjutnya pelaku dan barang bukti dibawa ke Posmat TNI AL Sungai Dumai untuk pemeriksaan lebih lanjut.  

Kerja sama Tim F1QR Lanal Dumai dengan Dit Reserse Narkoba Polda Riau merupakan wujud sinergitas antara TNI AL dan Polri dalam mencegah, menangkap, serta membongkar sindikat/jaringan Narkoba internasional yang masuk dari Malaysia ke Indonesia, khususnya di perairan wilayah kerja Lanal Dumai.
 

TAGS
  1. TNI AL
Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
17 jam yang lalu
Proses Identifikasi Korban Sriwijaya SJ 182 Resmi Ditutup, Tersisa 3 Korban Belum Teridentifikasi
Tim Disaster Victim Identification (DVI) Polri resmi menutup proses identifikasi korban pesawat Sriwijaya Air SJ-182 yang terjatuh di sekitar kepulauan Seribu, Jakarta, Sabtu (9/1/2021) lalu.
 
Nasional
17 jam yang lalu
BTN Bantu Masyarakat Terdampak Banjir di Jateng
Kondisi curah hujan ekstrem yang terjadi secara merata terutama di wilayah Kudus, Jawa Tengah menyebabkan beberapa wilayah di daerah tersebut tergenang banjir. Rumah warga terendam dan menghambat akses transportasi.
 
Nasional
18 jam yang lalu
Presiden Jokowi Cabut Lampiran Perpres Terkait Miras
Presiden Joko Widodo mencabut lampiran Peraturan Presiden terkait pembukaan investasi baru dalam industri minuman keras (miras) yang tercantum dalam lampiran Perpres Nomor 10 Tahun 2021 tentang Bidang Usaha Penanaman Modal. Hal tersebut diputuskan setelah Presiden mempertimbangkan…
 
Nasional
19 jam yang lalu
Danjen Akademi TNI Pimpin Acara Taklimat Akhir Audit Kinerja Itjen TNI
Komandan Jenderal (Danjen) Akademi TNI Marsdya TNI Tamsil Gustari Malik, S.E., S.H., M.H., M.Tr.(Han) memimpin acara Taklimat Akhir Audit Kinerja Itjen TNI Periode I Tahun Anggaran 2021 Satuan Kerja Unit Organisasi Mabes TNI dan Balakpus di Aula Gatot Soebroto Mabes TNI, Cilangkap,…
 
Nasional
19 jam yang lalu
Baru! Mie Lemonilo Pedas Korea, Rasa #PedasDaebak yang Pas dengan Selera Indonesia
Efek Hallyu (Gelombang Korea) sudah hampir satu dekade merebak di Indonesia. Setelah sukses dengan drama, musik pop, hingga kosmetik, Gelombang Korea turut menyasar industri makanan di Indonesia. Selain restoran Korea yang menjamur, berbagai makanan instan khas Korea juga turut digandrungi.…
 
Nasional
01/03/2021 19:55 WIB
Resmikan KRL Yogyakarta-Solo, Presiden: Ini Transportasi Massal Ramah Lingkungan
Presiden Joko Widodo meresmikan pengoperasian Kereta Rel Listrik (KRL) Lintas Yogyakarta-Solo pada Senin, 1 Maret 2021. Acara peresmian tersebut berlangsung di Stasiun Tugu Yogyakarta dan merupakan bagian dari rangkaian kunjungan kerja Presiden ke Daerah Istimewa Yogyakarta.
 
Nasional
01/03/2021 19:39 WIB
Presiden Jokowi Tinjau Vaksinasi Massal di Kota Yogyakarta
Cakupan vaksinasi massal bagi petugas atau pekerja publik semakin diperluas. Vaksinasi tahap kedua yang telah dimulai pada pertengahan Februari tersebut dimaksudkan untuk memberikan perlindungan awal terhadap virus korona bagi para pekerja yang dalam kesehariannya bekerja di lingkungan…
Telkomsel