MA
Kamis, 14 Januari 2021 - 21:11 WIB

BPBD Hulu Sungai Selatan Lakukan Penanganan Darurat Banjir

Foto/Dok BNPB/Economiczone
Foto/Dok BNPB/Economiczone
Dummy

ECONOMIC ZONE - BPBD Kabupaten Hulu Sungai Selatan melakukan upaya penanganan darurat bencana banjir. Sebanyak 6 kecamatan di wilayahnya terdampak banjir yang terjadi sejak Rabu (13/1), pukul 22.45 waktu setempat. 

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Hulu Sungai Selatan telah mendirikan dapur umum untuk warga terdampak. Dapur umum beroperasi di Kecamatan Kandangan dan Angkinang. Pusat komando operasi atau pos komando berada di Kecamatan Kandangan. Sedangkan tim reaksi cepat (TRC) BPBD setempat terus melakukan monitoring dan evakuasi warga. Pendataan masih berlangsung di lapangan. 

Menyikapi dampak banjir yang masih berlangsung, BPBD mengimbau masyarakat setempat untuk tetap siaga dan waspada terhadap kemungkinan banjir susulan. 

BPBD melaporkan enam kecamatan terdampak banjir di Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Provinsi Kalimantan Selatan, antara lain Kecamatan Loksado, Padang Batung, Kandangan, Angkinang, Telaga Langsat dan Sungai Raya. Banjir dipicu oleh hujan intensitas tinggi dan air kiriman dari hulu Sungai Amandit. Tinggi muka air terpantau 20 hingga 150 cm. 

Populasi terdampak banjir ini sebanyak 1.000 KK. 

Kabupaten ini telah diprediksi berpotensi banjir di puncak musim hujan pada Januari 2021 ini. Dari analisis prakiraan cuaca BMKG terhadap wilayah yang berpotensi banjir pada Januari 2021, kabupaten dan kota di Provinsi Kalimantan Selatan antara lain Balangan, Banjar, Barito Kuala, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Utara, Kota Banjarbaru, Kota Banjarmasin, Kotabaru, Tabalong, Tanah Bumbu, Tanah Laut dan Tapin. Wilayah-wilayah ini berpotensi banjir dengan kategori menengah.

Masyarakat diimbau untuk selalu waspada dan siap siaga dalam menghadapi potensi bahaya hidrometeorologi, seperti banjir dan tanah longsor, khususnya di tengah puncak musim hujan pada Januari hingga Februari 2021.
 

TAGS
  1. BNPB
Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
23 jam yang lalu
Jaringan Listrik Wilayah Terdampak Berangsur Pulih Pascagempa M6,2
Jaringan listrik di wilayah terdampak gempa M6,2 berangsur pulih. PLN bergerak cepat untuk memperbaiki kelistrikan di wilayah Kabupaten Mamuju dan Majene, Provinsi Sulawesi Barat.
 
Nasional
23 jam yang lalu
Warga Kepulauan Talaud Rasakan Guncangan Kuat Gempa M7,0
Warga Kepulauan Talaud merasakan guncangan kuat saat gempa terjadi pada Kamis (21/1), sekitar pukul 19.23 WIB. BMKG melaporkan pemutakhiran parameter gempa pada magnitudo 7,0 serta berada 132 km timur laut Melonguane, Sulawesi Utara.
 
Nasional
23 jam yang lalu
Everything is Game: NBA® 2K21 Generasi Berikutnya Kini Tersedia di Indonesia
Dengan bangga 2K mengumumkan bahwa NBA┬« 2K21 untuk konsol generasi berikutnya kini sudah tersedia di Indonesia. NBA 2K21, yang dirilis hari ini untuk PlayStation┬«5* dan tersedia pula untuk Xbox Series X|S, dirancang dengan penuh ketelitian untuk memaksimalkan pemanfaatan kekuatan,…
 
Nasional
23 jam yang lalu
Hankook Resmi Menjadi Ban Orisinal untuk Audi RS Q8
Produsen ban global Hankook Tire kembali menjadi mitra OE (original equipment) bagi produsen mobil premium asal jerman Audi. Setelah resmi menjadi ban orisinal untuk Audi RS 6 Avant dan Audi RS 7 Sportback pada akhir 2020 lalu, kini giliran model RS (racing sport) dari kategori SUV…
 
Nasional
21/01/2021 21:20 WIB
Lion Air Resmikan Rute Penerbangan Baru, Yaitu Surabaya-Berau
Lion Air resmikan rute baru penerbangan penumpang dari Surabaya melalui Bandara Internasional Juanda di Sidoarjo, Jawa Timur (SUB) menuju Bandar Udara Kalimarau, Berau, Kalimantan Timur (BEJ), pada Rabu (20/1/2021).
 
Nasional
21/01/2021 19:42 WIB
Operasi Pencarian Sriwijaya Air SJ-182 Resmi Dihentikan
Operasi pencarian korban dan badan pesawat Sriwijaya Air SJ-182 secara resmi dihentikan hari ini. Keputusan tersebut disampaikan oleh Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI (Purn) Bagus Puruhito di Pelabuhan Jakarta International Container Terminal (JICT), Jakarta.
 
Nasional
21/01/2021 19:26 WIB
Pemerintah Perpanjang PPKM hingga Dua Pekan Mendatang
Pemerintah akan kembali memperpanjang masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) selama dua minggu ke depan mulai tanggal 26 Januari 2021 hingga 8 Februari 2021. Keputusan tersebut diambil setelah mempertimbangkan sejumlah parameter pandemi yang selalu dipantau pemerintah.…
Telkomsel