MA
Rabu, 13 Januari 2021 - 11:59 WIB

Satgas Tegaskan Sosialisasi Vaksinasi Terus Dilakukan Secara Masif

Foto/BPMI Setpres/ECONOMICZONE
Foto/BPMI Setpres/ECONOMICZONE
Dummy

ECONOMIC ZONE - Satgas Penanganan Covid-19 menegaskan bahwa sosialisasi terkait program vaksinasi Covid-19 sudah disampaikan secara luas. Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito menegaskan bahwa sosilisasi sudah disampaikan secara masif melalui saluran informasi resmi milik pemerintah, juga dibantu penyebarannya melalui pihak media massa. 

"Kami memahami, ada beberapa informasi yang mungkin masih sulit dimengerti. Maka dari itu, perihal vaksinasi akan terus disosialisasikan secara masif dan terus menerus untuk menjawab pertanyaan seputar vaksin yang ada di masyarakat saat ini," katanya menjawab pertanyaan media dalam agenda keterangan pers di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (12/1/2021) yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden. 

Dalam hal penyebarluasan program vaksinasi, Satgas Covid-19 mengharapkan kepada pihak media massa dapat membantu pemerintah. Untuk menyampaikan informasi resmi tentang vaksinasi Covid-19. Ia meminra media massa dapat menyampaikan informasi yang mudah dimengerti dan dapat dipastikan kebenarannya melalui medianya masing-masing.  

Disamping itu, masih menjawab pertanyaan media, Wiku menjelaskan bahwa prioritas penerima vaksin Covid-19 ditujukan kepada orang yang belum pernah terpapar. Dan hal ini jug ditujukan untuk memperoleh kekebalan kelompok atau herd immunity. Kekebalan kelompok tersebut didapat melalui individu-individu yang mendapat vaksinasi. 

"Dalam masa pandemi untuk membentuk kekebalan kelompok tidak harus memvaksinasi seluruh individu, karena tidak semau individu bisa divaksinasi seperti mereka yang memiliki masalah kesehatan," lanjutnya. 

Indonesia sendiri melaksanakan vaksinasi dengan memprioritaskan kelompok masyarakat tertentu. Yang memiliki risiko tertular Covid-19 lebih tinggi daripada lainnya, dan tentunya memenuhi syarat. Jika melihat angka efikasi 65,3 persen adalah hasil dari uji klinis. Dan efektivitas vaksin ini akan diketahui setelah dilakukan pemantauan efek perlindungannya di masyarakat yang divaksinasi dalam kurun waktu tertentu. 

"Herd immunity akan tercapai apabila penularannya menurun terus menerus sampai sangat minimal atau tidak ada sama sekali," jelasnya.

TAGS
  1. BNPB
Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
23 jam yang lalu
Jaringan Listrik Wilayah Terdampak Berangsur Pulih Pascagempa M6,2
Jaringan listrik di wilayah terdampak gempa M6,2 berangsur pulih. PLN bergerak cepat untuk memperbaiki kelistrikan di wilayah Kabupaten Mamuju dan Majene, Provinsi Sulawesi Barat.
 
Nasional
23 jam yang lalu
Warga Kepulauan Talaud Rasakan Guncangan Kuat Gempa M7,0
Warga Kepulauan Talaud merasakan guncangan kuat saat gempa terjadi pada Kamis (21/1), sekitar pukul 19.23 WIB. BMKG melaporkan pemutakhiran parameter gempa pada magnitudo 7,0 serta berada 132 km timur laut Melonguane, Sulawesi Utara.
 
Nasional
23 jam yang lalu
Everything is Game: NBA® 2K21 Generasi Berikutnya Kini Tersedia di Indonesia
Dengan bangga 2K mengumumkan bahwa NBA┬« 2K21 untuk konsol generasi berikutnya kini sudah tersedia di Indonesia. NBA 2K21, yang dirilis hari ini untuk PlayStation┬«5* dan tersedia pula untuk Xbox Series X|S, dirancang dengan penuh ketelitian untuk memaksimalkan pemanfaatan kekuatan,…
 
Nasional
23 jam yang lalu
Hankook Resmi Menjadi Ban Orisinal untuk Audi RS Q8
Produsen ban global Hankook Tire kembali menjadi mitra OE (original equipment) bagi produsen mobil premium asal jerman Audi. Setelah resmi menjadi ban orisinal untuk Audi RS 6 Avant dan Audi RS 7 Sportback pada akhir 2020 lalu, kini giliran model RS (racing sport) dari kategori SUV…
 
Nasional
21/01/2021 21:20 WIB
Lion Air Resmikan Rute Penerbangan Baru, Yaitu Surabaya-Berau
Lion Air resmikan rute baru penerbangan penumpang dari Surabaya melalui Bandara Internasional Juanda di Sidoarjo, Jawa Timur (SUB) menuju Bandar Udara Kalimarau, Berau, Kalimantan Timur (BEJ), pada Rabu (20/1/2021).
 
Nasional
21/01/2021 19:42 WIB
Operasi Pencarian Sriwijaya Air SJ-182 Resmi Dihentikan
Operasi pencarian korban dan badan pesawat Sriwijaya Air SJ-182 secara resmi dihentikan hari ini. Keputusan tersebut disampaikan oleh Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI (Purn) Bagus Puruhito di Pelabuhan Jakarta International Container Terminal (JICT), Jakarta.
 
Nasional
21/01/2021 19:26 WIB
Pemerintah Perpanjang PPKM hingga Dua Pekan Mendatang
Pemerintah akan kembali memperpanjang masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) selama dua minggu ke depan mulai tanggal 26 Januari 2021 hingga 8 Februari 2021. Keputusan tersebut diambil setelah mempertimbangkan sejumlah parameter pandemi yang selalu dipantau pemerintah.…
Telkomsel