Gilbert Sem Sandro
Minggu, 10 Januari 2021 - 21:21 WIB

Petugas Tim Gabungan Pencari Badan Sriwijaya Air SJ-182 Temukan Sinyal Black Box

Foto/GilbertSemSandro/ECONOMICZONE
Foto/GilbertSemSandro/ECONOMICZONE
Dummy

ECONOMIC ZONE - Petugas tim gabungan pencarian badan pesawat Sriwijaya Air SJ-182 telah menangkap sinyal black box atau kotak hitam di sebuah lokasi yang diduga kuat menjadi titik jatuhnya pesawat tersebut di Kepulauan Seribu, Jakarta.

Direktur Operasi Basarnas Brigjen Rasman menyampaikan, para penyelam dan kapal-kapal yang melaksanakan pencarian sudah menemukan sinyal kotak hitam. Sehingga pencarian blackbox tersebut bisa lebih fokus dilakukan di titik koordinat yang sudah ditentukan.

"Mudah-mudahan dalam waktu yang tidak terlalu lama kotak hitam pesawat tersebut bisa kita angkat. Sehingga, bisa langsung diselidiki oleh Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), untuk mengetahui penyebab terjadinya kecelakaan tersebut, seperti yang sudah disampaikan pak Menteri," jelas Rasman saat melakukan konfrensi pers, di pelabuhan Jakarta International Container Terminal (JICT) Tanjung Priuk, Jakarta, Minggu (10/1/2021) sore.

Namun demikian, lanjut Rasman, Basarnas dan tim gabungan lainnya tetap melakukan tugas-tugas untuk mencari barang bukti badan pesawat Sriwijaya Air itu.

"Kita tetap berkeliling menyisir perairan kepulauan seribu untuk mencari korban dan juga badan pesawat tersebut," lanjutnya.

Jumlah total Alat Utama (Alut) yang di operasikan hari ini merupakan gabungan dari berbagai lembaga kementerian. Alut tersebut terdiri dari 50 kapal, kemudian total Ride, Sea Reader dan perahu karet ialah 100 (Alut Laut) yang sebagian besar masih berada di lokasi pencarian sampai saat ini.

"Kemudian Alut udara ada 12 personil yang merupakan gabungan dari TNI AL, Polairud, Basarnas, dan juga ada dari perusahaan-perusahaan yang memiliki sarana udara, khususnya helikopter," ujar Rasman.

Dan untuk Alut darat ada delapan ambulance milik Dinas Kesehatan (Dinkes), Kepolisian, Basarnas, dan TNI. Lalu jumlah petugas gabungan yang bertugas menyisir perairan kepulauan seribu hari ini ada 2123 orang. Petugas tersebut merupakan gabungan awak kapal, awak pesawat, penyelam, resqueler, dan lainnya.

"Dengan jumlah yang cukup besar itu, menurut kami, kita dapat membuat pelaksanaan kegiatan pencarian Sriwijaya Air SJ-182 hari ini efektif, terbukti dengan apa yang sudah didapatkan," papar Rasman.

Untuk pencarian di hari ketiga esok, Rasman menerangkan akan menerapkan pola operasi sama seperti hari ini.

"Pencarian akan kita lakukan selama 24 hari, namun kita tetap melihat kondisi alam yang ada. Bila cuaca kurang mendukung untuk melakukan pencarian, kita hentikan dulu sementara," tutup Rasman.

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
23 jam yang lalu
BNI Bantu Korban Gempa Mamuju
PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI turut berduka cita yang mendalam serta turut berbelasungkawa atas jatuhnya korban meninggal dunia dalam bencana gempa Bumi di Majene-Mamuju.
 
Nasional
15/01/2021 11:44 WIB
Jasa Raharja Sampaikan Santunan Kepada Enam Ahli Waris Korban SJ-182
Jasa Raharja telah menyerahkan santunan kepada enam ahli waris korban kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ-182 yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu, Jakarta.
 
Nasional
14/01/2021 22:37 WIB
Ketum POSSI, Ali Mochtar Ngabalin Kunjungi JICT, Untuk Beri Dukungan Kepada Para Penyelam
Ketum Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) DKI Jakarta, Ali Mochtar Ngabalin, mengunjungi Jakarta International Container Terminal (JICT).
 
Nasional
14/01/2021 22:30 WIB
Korban SJ-182 Jenazah Okky Bisma Diserahkan ke Pihak Sriwijaya Air Dan Juga Keluarga
Sriwijaya Air menerima secara langsung jenazah Okky Bisma, korban jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ-182 yang jatuh di perairan Kep. Seribu dari Tim Disaster Victim Identification (DVI) POLRI.
 
Nasional
14/01/2021 21:11 WIB
BPBD Hulu Sungai Selatan Lakukan Penanganan Darurat Banjir
BPBD Kabupaten Hulu Sungai Selatan melakukan upaya penanganan darurat bencana banjir. Sebanyak 6 kecamatan di wilayahnya terdampak banjir yang terjadi sejak Rabu (13/1), pukul 22.45 waktu setempat.
 
Nasional
14/01/2021 20:41 WIB
TNI AL Kerahkan Pesawat Patroli Maritim Cari Korban Jatuhnya Pesawat Sriwijaya Air SJ-182
TNI AL melibatkan unsur udara Pesawat CN-235 MPA untuk turut membantu pencarian korban kecelakaan Pesawat Sriwijaya Air bernomor register PK-CLC yang jatuh sabtu pekan lalu di Perairan antara Pulau Lancang dan Pulau Laki, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Kamis (14/1/21).
 
Nasional
14/01/2021 20:20 WIB
Dua Rumah Warga Mamuju Rusak Akibat Guncangan Kuat Gempa M5,9
Dua rumah warga Mamuju mengalami kerusakan saat gempa M5,9 terjadi pada Kamis siang (14/1), pukul 13.35 WIB. Beberapa BPBD masih melakukan pendataan terkait dampak gempa yang terjadi di darat sekitar 4 km barat laut Majene Sulawesi Barat.
Telkomsel