MA
Minggu, 10 Januari 2021 - 13:56 WIB

Longsor Kembali Terjadi, Sebanyak 11 Warga Sumedang Meninggal Dunia

Foto/Dok BNPB/Economiczone
Foto/Dok BNPB/Economiczone
Dummy

ECONOMIC ZONE - Tanah longsor di wilayah Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat, kembali terjadi pada Sabtu malam (9/1), sekitar 19.30 WIB. Sebelumnya longsor telah terjadi di sekitar kawasan tersebut pada pukul 16.00 waktu setempat. 

Longsoran pertama dipicu curah hujan tinggi  dan kondisi tanah tidak stabil. Longsor susulan terjadi pada saat petugas masih melakukan evakuasi korban di sekitar area longsoran pertama. Data sementara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumedang per Minggu dini hari (10/1) mencatat korban luka 18 jiwa dan meninggal dunia 11. 

Dari jumlah meninggal, Danramil Kecamatan Cimanggung Kapt Inf Setio Pribadi dan Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Sumedang turut menjadi korban. Saat itu mereka berada di lokasi untuk merespon longsoran pertama. Sementara ini, berdasarkan informasi dari BPBD, diperkirakan banyak orang masih tertimbun longsoran susulan. 

Pantauan BPBD setempat korban susulan dari petugas gabungan yang sedang melakukan evakuasi dan warga yang menonton di sekitar lokasi. Sedangkan kerugian material, data sementara mencatat 1 jembatan dan beberapa jalan terputus akibat longsor. 

Pusat Pengendalian Operasi BNPB menerima informasi terakhir pada Sabtu (9/1) sekitar pukul 23.30 WIB hujan telah reda. Hingga tadi malam, tim gabungan masih melakukan proses pencarian dengan menekankan keamanan dan keselamatan tim. Kebutuhan mendesak saat ini yaitu alat berat untuk memindahkan material longsoran. 

Intensitas hujan tinggi pada Sabtu (9/1) menyebabkan kejadian bencana di beberapa titik wilayah Jawa Barat, seperti di Garut dan kawasan lain di Sumedang. 

Kabupaten Sumedang termasuk wilayah dengan potensi bahaya tanah longsor dengan kategori sedang hingga tinggi. Berdasarkan analisis InaRISK, sebanyak 26 kecamatan teridentifikasi berpotensi bahaya dengan kategori tersebut, sedangkan luas bahaya sekitar 60.872 hektar.

Dilihat dari prakiraan cuaca Info BMKG, pada  hari ini (10/1) dan esok, kecamatan Cimanggung masih berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga hujan petir. Sedangkan wilayah Provinsi Jawa Barat, terpantau berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang. 

BNPB berharap masyarakat dapat tetap waspada dan siaga dalam mengantisipasi dampak bencana hidrometeorologi, seperti banjir, tanah longsor maupun angin kencang. Persiapan diri sendiri, keluarga dan komunitas sangat dibutuhkan sehingga dampak korban jiwa dapat dihindari sedini mungkin, khususnya di tengah pandemi Covid-19 yang masih berlangsung.

Menyikapi puncak musim hujan pada Januari hingga Februari 2021, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah mengingatkan BPBD Provinsi untuk melakukan upaya peringatan dini dan kesiapsiagaan, khususnya di BPBD kabupaten dan kota.

BNPB menyurati Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di 34 provinsi untuk terus berkoordinasi dengan BPBD di tingkat kabupaten dan kota. Peringatan dini dan kesiapsiagaan ini didasari data prakiraan potensi banjir dan longsor pada Januari 2021 dari BMKG, yang bekerja sama dengan Kementerian PUPR, BIG dan PVMBG. 


 

TAGS
  1. BNPB
Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
23 jam yang lalu
Jaringan Listrik Wilayah Terdampak Berangsur Pulih Pascagempa M6,2
Jaringan listrik di wilayah terdampak gempa M6,2 berangsur pulih. PLN bergerak cepat untuk memperbaiki kelistrikan di wilayah Kabupaten Mamuju dan Majene, Provinsi Sulawesi Barat.
 
Nasional
23 jam yang lalu
Warga Kepulauan Talaud Rasakan Guncangan Kuat Gempa M7,0
Warga Kepulauan Talaud merasakan guncangan kuat saat gempa terjadi pada Kamis (21/1), sekitar pukul 19.23 WIB. BMKG melaporkan pemutakhiran parameter gempa pada magnitudo 7,0 serta berada 132 km timur laut Melonguane, Sulawesi Utara.
 
Nasional
23 jam yang lalu
Everything is Game: NBA® 2K21 Generasi Berikutnya Kini Tersedia di Indonesia
Dengan bangga 2K mengumumkan bahwa NBA┬« 2K21 untuk konsol generasi berikutnya kini sudah tersedia di Indonesia. NBA 2K21, yang dirilis hari ini untuk PlayStation┬«5* dan tersedia pula untuk Xbox Series X|S, dirancang dengan penuh ketelitian untuk memaksimalkan pemanfaatan kekuatan,…
 
Nasional
23 jam yang lalu
Hankook Resmi Menjadi Ban Orisinal untuk Audi RS Q8
Produsen ban global Hankook Tire kembali menjadi mitra OE (original equipment) bagi produsen mobil premium asal jerman Audi. Setelah resmi menjadi ban orisinal untuk Audi RS 6 Avant dan Audi RS 7 Sportback pada akhir 2020 lalu, kini giliran model RS (racing sport) dari kategori SUV…
 
Nasional
21/01/2021 21:20 WIB
Lion Air Resmikan Rute Penerbangan Baru, Yaitu Surabaya-Berau
Lion Air resmikan rute baru penerbangan penumpang dari Surabaya melalui Bandara Internasional Juanda di Sidoarjo, Jawa Timur (SUB) menuju Bandar Udara Kalimarau, Berau, Kalimantan Timur (BEJ), pada Rabu (20/1/2021).
 
Nasional
21/01/2021 19:42 WIB
Operasi Pencarian Sriwijaya Air SJ-182 Resmi Dihentikan
Operasi pencarian korban dan badan pesawat Sriwijaya Air SJ-182 secara resmi dihentikan hari ini. Keputusan tersebut disampaikan oleh Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI (Purn) Bagus Puruhito di Pelabuhan Jakarta International Container Terminal (JICT), Jakarta.
 
Nasional
21/01/2021 19:26 WIB
Pemerintah Perpanjang PPKM hingga Dua Pekan Mendatang
Pemerintah akan kembali memperpanjang masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) selama dua minggu ke depan mulai tanggal 26 Januari 2021 hingga 8 Februari 2021. Keputusan tersebut diambil setelah mempertimbangkan sejumlah parameter pandemi yang selalu dipantau pemerintah.…
Telkomsel