ECONOMIC ZONE - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menggelar Festival Diskon Nasional (FDN) pada 16-31 Desember 2020 mendatang.
Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN yang juga Ketua Tim Pengarah Penyelenggaraan FDN Loto Srinaita Ginting menyebutkan, festival ini bisa mendongkrak animo masyarakat untuk berbelanja produk lokal.
"Tujuan diselenggarakannya festival ini untuk membantu Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk bangkit, sebab UMKM menjadi salah satu sektor yang paling terdampak pandemi Covid-19,” ujar Loto saat konferensi pers virtual tentang Program Festival Diskon Nasional Selasa (15/12/2020) siang.
Loto juga menambahkan, kegiatan ini dapat membantu usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang menjadi sektor paling terdampak pandemi corona virus yang telah mendera ekonomi Indonesia dalam sembilan bulan terakhir. Sebab, sektor ini menjadi salah satu penggerak utama perekonomian dengan jumlah pelaku tercatat melebihi angka 60 juta.
"Kami mengusung tema 'Beli Satu Tumbuh Seribu’ kami ingin membuka wawasan masyarakat bahwa setiap transaksi belanja mereka di FDN ini akan menghasilkan efek bola salju yang besar karena bisa mendukung keberlangsungan usaha lebih dari satu pelaku UMKM," tambah Loto.
Menurut Loto, FDN 2020 ini merupakan event pamungkas rangkaian kampanye #BanggaBuatanIndonesia yang diselenggarakan pemerintah untuk meningkatkan konsumsi produk dalam negeri dan menyelamatkan ekonomi Indonesia dari tekanan pandemi Covid-19.
"Kampanye BBI merupakan sinergi berbagai kementerian yang dikoordinasi oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kementerian BUMN dan perusahaan-perusahaan plat merah yang dikoordinir Bank Mandiri," kata Loto.
Hal yang menarik dari penyelenggaran event ini adalah bahwa penjualan produk bisa dilakukan secara online maupun offline, di mana informasi produk dan diskon yang ditawarkan, serta informasi mengenai UMKM, merchant lokal atau BUMN yang berpartisipasi dapat diakses pada www.festivaldiskonnasional.com.
"Untuk meningkatkan partisipasi masyarakat, lanjutnya, ajang FDN ini juga disemarakkan dengan berbagai kegiatan yaitu, Talkshow, Workshop, Fashion Showcase, Flash Sale, Live Shopping, Lelang, dan Virtual Concert, yang akan menawarkan pengalaman belanja yang unik dan menguntungkan," lanjut Loto.
Dalam pelaksanaannya, program ini melibatkan 4 bank Himpunan Bank-bank Milik Negara (Himbara), 24 BUMN dan Afiliasi, 65 mitra e-commerce, 5.000 merchant konvensional, 211.000 merchant UMKM, dan 5 uang elektronik. Gelaran akan dilaksanakan pada 16-31 Desember 2020 mendatang.
Komentar