Andre
Kamis, 03 Desember 2020 - 17:50 WIB

Harga Sawit Meningkat, Saatnya Melirik Saham SSMS

Foto/Dok-SSMS/ECONOMICZONE
Foto/Dok-SSMS/ECONOMICZONE
Dummy

ECONOMIC ZONE - Melepas tahun 2020, PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk (SSMS) telah melakukan berbagai kebijakan strategis dan berbagai tantangan dengan pencapaian yang positif.

Analis Danareksa Sekuritas, Andreas Kenny mengatakan, SSMS memiliki salah satu perkebunan yang terbaik di Indonesia, berdasarkan area yang berdekatan dan wilayahnya dekat dengan kilang serta dermaga. 

“Hasilnya struktur biaya yang efisien, minyak berkualitas tinggi dan metrik perkebunan terbaik di kelasnya,” katanya dalam risetnya. 

Rata-rata usia muda 11 tahun pada tahun 2020 mendukung produksi TBS inti untuk tumbuh sebesar 3,7% CAGR 20-22F dengan belanja modal minimal yang diperlukan, menghasilkan profitabilitas yang kuat untuk tahun-tahun mendatang. 

“Kami memperkirakan laba inti meningkat 13,0% CAGR20-22F. FCF yang dihasilkan akan digunakan untuk mengurangi pembukuannya sebesar Rp1,3 triliun, sementara konsolidasi internal kilang grup berpotensi membawa penghematan pajak meskipun margin dilutif, sebagai bagian dari restrukturisasi organisasi Citra Borneo Indah Grup,” papar Andreas.

Lebih lanjut, semua aset SSMS mulai dari perkebunan hingga dermaga terletak dalam jarak 60 km dan berada di bidang yang relatif datar, dengan kondisi ideal untuk perkebunan. Geografi dan perawatan yang tepat atas seluruh aset menyebabkan TBS tumbuh pada 8,6% CAGR15-19, yang merupakan yang tertinggi di antara kompetitor yang terdaftar karena usianya yang masih muda, berlanjut ke 3,7% CAGR20-22.

SSMS sebagai bagian dari Citra Borneo Indah grup akan berpartisipasi dalam strategi grup jangka panjang baru yang ditetapkan oleh konsultan PWC. Saat ini SSMS memiliki 19% saham di Citra Borneo Utama (refenery) dan 49% Surya Borneo Industri (kawasan industri) untuk melunasi sebagian dari saldo pihak berelasi (DFRP), dan selanjutnya akan dikonversi untuk memegang 100% kepemilikan sebagai bagian dari penyelesaian. 

Andreas merekomendasikan Buy SSMS karena perusahaan yang dirawat dengan baik dan perkebunan yang masih muda ditambah dengan peningkatan tata kelola perusahaan dari pelaksanaan arahan strategis baru. 

 

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
15 jam yang lalu
OVO Sediakan Produk Asuransi Bagi Para Pengguna Sepeda
OVO sediakan akses pembayaran produk asuransi sepeda yang dapat diakses melalui aplikasi OVO, hal ini diungkapkan VP of Financial Services OVO Irene Santoso.
 
Nasional
21 jam yang lalu
Kelola Aset, Taspen Percayakan pada Kustodian BNI
PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI mendapatkan kepercayaan menjadi pemberi jasa kustodian untuk mengelola asset-aset PT Taspen (Persero).
 
Nasional
22 jam yang lalu
Update Gempa Di Majene: 8 Meninggal Dunia, 637 Luka-Luka, Dan Lebih Dari 15 Ribu Mengungsi
Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyampaikan informasi terbaru terkait gempa yang terjadi di Majene, Sulawesi Barat, Jumat (15/1/2021) dini hari pukul 01.20 WITA.
 
Nasional
23 jam yang lalu
BNI Bantu Korban Gempa Mamuju
PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI turut berduka cita yang mendalam serta turut berbelasungkawa atas jatuhnya korban meninggal dunia dalam bencana gempa Bumi di Majene-Mamuju.
 
Nasional
15/01/2021 11:44 WIB
Jasa Raharja Sampaikan Santunan Kepada Enam Ahli Waris Korban SJ-182
Jasa Raharja telah menyerahkan santunan kepada enam ahli waris korban kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ-182 yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu, Jakarta.
 
Nasional
14/01/2021 22:37 WIB
Ketum POSSI, Ali Mochtar Ngabalin Kunjungi JICT, Untuk Beri Dukungan Kepada Para Penyelam
Ketum Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) DKI Jakarta, Ali Mochtar Ngabalin, mengunjungi Jakarta International Container Terminal (JICT).
 
Nasional
14/01/2021 22:30 WIB
Korban SJ-182 Jenazah Okky Bisma Diserahkan ke Pihak Sriwijaya Air Dan Juga Keluarga
Sriwijaya Air menerima secara langsung jenazah Okky Bisma, korban jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ-182 yang jatuh di perairan Kep. Seribu dari Tim Disaster Victim Identification (DVI) POLRI.
Telkomsel