EKA
Rabu, 02 Desember 2020 - 18:56 WIB

AP II Prediksi Puncak Arus Mudik-Balik 23/24 Desember dan 30/31 Desember 2020

Foto/Ist/ECONOMICZONE
Foto/Ist/ECONOMICZONE
Dummy

ECONOMIC ZONE - Berdasarkan keputusan pemerintah, cuti bersama dikurangi 3 hari menjadi 24 – 27 Desember 2020 dan 31 Desember 2020 – 3 Januari 2021. Menyikapi hal tersebut, PT Angkasa Pura II (Persero) selaku operator 19 bandara tetap melakukan monitoring lalu lintas penerbangan dan kesiapsiagaan Angkutan Natal dan Tahun Baru 2020/2021 selama 18 hari atau mulai 18 Desember 2020 hingga 4 Januari 2021. Monitoring lalu lintas penerbangan dan kesiapsiagaan ini dilakukan guna memastikan protokol kesehatan di 19 bandara tetap terjaga dan penerbangan berjalan lancar.

“Posko Nataru akan diaktifkan di seluruh bandara sebagai wadah 3C di antara stakeholder, yakni Coordination, Communication dan Collaboration. Apabila tahun-tahun sebelumnya Posko Nataru hanya digunakan untuk memantau tren lalu lintas penerbangan, dan pada tahun ini dengan adanya pandemi COVID-19, tugas Posko bertambah yakni memonitor operasional bandara dan pelayanan,” kata President Director PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin di Jakarta, Rabu (2/12).

Posko Nataru 2020/2021 akan memiliki key performance indicator [KPI] untuk memonitoring area operasional dan pelayanan guna menjaga kinerja sumber daya manusia [People], keandalan infrastruktur di sisi udara dan darat [Facilities], dan juga penerapan berbagai prosedur [Process] sehingga penerbangan di periode Nataru dapat berjalan lancar.

Salaah satu bentuk monitoring aspek operasional di bandara misalnya memastikan penerapan physical distancing, kelancaran validasi dokumen rapid test/PCR test, dan check in area. Sementara salah satu monitoring aspek pelayanan antara lain memastikan ketersediaan hand sanitizer, pelaksanaan disinfeksi, kebersihan di setiap area.

“Tren lalu lintas penerbangan juga tetap dipantau secara real time setiap hari pada periode monitoring dan kesiapsiagaan, sebagai salah satu upaya kami dalam mengantisipasi dan menjaga operasional bandara tetap berjalan lancar dengan protokol kesehatan yang baik,” terangnya.

PT Angkasa Pura II memperkirakan puncak arus mudik ada pada 23 – 24 Desember 2020 dan 30 – 31 Januari 2020, kemudian puncak arus balik pada 3 Januari 2021. “Kesiapan personel ditingkatkan, infrastruktur di sisi udara dan terminal penumpang dipastikan siap digunakan, dan seluruh prosedur akan dijalankan pada Angkutan Nataru ini, termasuk saat puncak arus mudik dan arus balik,” jelasnya.

Guna mendukung kelancaran keberangkatan dan kedatangan penumpang pesawat, bandara-bandara PT Angkasa Pura II siap memberikan kepastian adanya slot time penerbangan bagi maskapai, alokasi penerbangan tambahan [extra flight] dan perpanjangan jam operasional bandara-bandara apabila dibutuhkan, pada seluruh tanggal misalnya di sepanjang 18 Desember 2020 sampai 4 Januari 2021.

Selama ini PT Angkasa Pura II telah menerapkan protokol kesehatan berkonsep Biosafety Management dan Biosecurity Management. Biosecurity Management dijalankan untuk melindung publik dari bahaya COVID-19, dengan program physical distancing, health screening, passenger touchless processing, facility cleanliness, dan people protection. PT Angkasa Pura II juga mengimbau kepada traveler, pengunjung bandara, staf bandara, staf tenant komersial, agar selalu mengedepankan protokol kesehatan dengan menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan.

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
20 jam yang lalu
Olah 15 Juta Bahan Baku, Bio Farma Produksi 4,7 Juta Dosis Vaksin Covid-19
Bio Farma siap untuk meneruskan proses produksi vaksin Covid-19 menjadi final product setelah menerima 15 juta dosis bulk dari Sinovac pada 12 Januari 2021 yang lalu.
 
Nasional
20 jam yang lalu
Jasa Marga Targetkan Tol Balikpapan-Samarinda Seksi 1 dan 5 Beroperasi Pertengahan Tahun 2021
PT Jasamarga Balikpapan-Samarinda (JBS), kelompok usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk yang mengelola Jalan Tol Balikpapan-Samarinda menargetkan pengoperasian dua seksi terakhir dari Jalan Tol Balikpapan-Samarinda pada pertengahan tahun 2021.
 
Nasional
25/01/2021 18:40 WIB
Pesawat C-130 Hercules Angkut Bansos Dari Lanud Haluoleo Kendari
Pesawat C-130 Hercules A-1337 dari Skadron Udara 32 Lanud Abdulrachman Saleh Malang yang diterbangkan Mayor Pnb Fahmi membawa bantuan sosial untuk para korban bencana alam di Mamuju Majene Sulawesi Barat. Bantuan sebanyak 12 ton lebih tersebut diberangkatkan dari Lanud Haluoleo Kendari,…
 
Nasional
25/01/2021 18:25 WIB
Perkuat Pengembangan Usaha BUMN Klaster Pangan, RNI Gandeng TaniHub Group
PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) (RNI) menggandeng start up agritech ternama PT Tani Group Indonesia (TaniHub Group) dalam kerjasama pengembangan usaha dan bisnis pertanian dan UMKM. Sinergi tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman oleh Direktur Utama RNI…
 
Nasional
25/01/2021 16:17 WIB
Awali 2021, Bridgestone Indonesia Fokus Menambah Mobile Service Untuk Pelanggan Fleet
PT Bridgestone Tire Indonesia (Bridgestone Indonesia), pemimpin global dalam Layanan Mobilitas Berkelanjutan dan Solusi Tingkat Tinggi, di awal tahun 2021 ini mengumumkan fokus bisnisnya untuk kategori ban komersial, yaitu untuk terus menambah layanan mobile service bagi pelanggan…
 
Nasional
25/01/2021 16:12 WIB
Dukung Pelaku UMKM Perluas Pangsa Pasar, Telkomsel dan Gojek Integrasikan Layanan Iklan Digital
Telkomsel bersama Gojek terus memperkuat komitmen dalam mendorong pemberdayaan UMKM di Indonesia melalui pemanfaatan teknologi digital terdepan yang tepat guna, menyusul kerja sama kedua perusahaan yang diumumkan tahun lalu. Kini, kedua perusahaan berkolaborasi untuk mengintegrasikan…
 
Nasional
24/01/2021 10:46 WIB
Antar Langsung PMI ABK Pulang ke Rumahnya, Kepala BP2MI: Saya Nyatakan Perang dan Akan Pasang Badan
Kepala BP2MI Benny Rhamdani, mengantar langsung salah satu Pekerja Migran Indonesia (PMI) Awak Kapal Perikanan (ABK), Tri Septianto, ke rumahnya di Poyoa Kecil, Kotamobagu, Sulawesi Utara, Jumat (22/1/2021) malam setelah sebelumnya ia bersama belasan kawan lainnya telah mengadukan…
Telkomsel