Aldhi Chandra
Jumat, 27 November 2020 - 22:21 WIB

Apresiasi Dunia Usaha, Kemnaker Memberikan Penganugerahan Siddhakarya Tahun 2020

Foto/Dok Kemnaker/Economiczone
Foto/Dok Kemnaker/Economiczone
Dummy

ECONOMIC ZONE - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) melalui Direktorat Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas (Binalattas) memberikan penganugerahan Siddhakarya Tahun 2020 di Provinsi Bengkulu, Rabu (25/11/2020).

Pemberian Penghargaan Siddhakarya ini sebagai bentuk upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas industri Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Provinsi Bengkulu. Ada enam perusahaan yang menerima penghargaan tersebut, di mana lima di antaranya jenis usaha mikro (kecil) dan satu usaha menengah.

Penghargaan Siddhakarya tersebut diserahkan langsung oleh oleh Staf Ahli Gubernur Bengkulu Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Pembangunan, Soemarno, mewakili Pemerintah Provinsi Bengkulu dan dihadiri Edi Pujimulyono (Kabag Umum dan Pemberitaan Biro Humas Kemnaker) yang mewakili Direktur Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas (Dirjen Binalattas).

Dalam sambutannya mewakili Dirjen Binalattas, Edi Pujimulyono, menyampaikan bahwa ada dua jenis penghargaan produktivitas dunia usaha yaitu Penghargaan Siddhakarya diartikan Karya Prima, yang merupakan penghargaan kualitas dan produktivitas tertinggi di tingkat Provinsi yang penyerahannya oleh Gubernur pada setiap tahun genap.

Sedangkan Paramakarya diartikan Karya Unggul, merupakan penghargaan kualitas dan produktivitas tertinggi di tingkat Nasional yang penyerahannya oleh Presiden RI pada setiap tahun ganjil.

Tujuan pemberian Siddhakarya adalah pertama, mendorong dunia usaha dunia industri, terutama usaha kecil dan menengah, untuk meningkatkan kualitas dan produktivitas serta daya saing perusahaan, sehingga dapat terus berperan menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Kedua, menyosialisasikan kategori dan kriteria kinerja perusahaan untuk diimplementasikan. Ketiga, memberikan pengakuan dan penghargaan kepada perusahaan kecil, menengah, dan besar yang telah berhasil dalam peningkatan produktivitas dapat dijadikan teladan dan percontohan standar keberhasilan (bench-marking best practice) bagi perusahaan-perusahaan lain.

"Penghargaan ini juga untuk memfasilitasi pengembangan jejaring komunikasi antar pelaku dunia usaha dunia industri, sehingga dapat memanfaatkan pertukaran informasi tentang pengalaman praktis terbaik (best practice)," katanya.

Edy Pujimulyono mengatakan, peningkatan produktivitas merupakan upaya yang perlu dilakukan secara terus-menerus, baik di tingkat Pusat maupun Daerah, baik pada skala makro maupun skala mikro. Upaya-upaya tersebut perlu terus digali dan dikembangkan, yaitu terkait perbaikan sistem manajemen, pengembangan rekayasa, inovasi teknologi, peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia, pengembangan kewirausahaan dan budaya produktif.

"Hal tersebut mengandung makna bahwa produktivitas haruslah merupakan gerakan seluruh komponen bangsa dimulai dari perumusan strategi, kebijakan dan program, sampai dengan pelaksanaannya secara efektif, efisien dan masif serta berkelanjutan," ujar Edy Pujimulyono.

Pemberian Penganugerahan Siddhakarya ini memiliki delapan kriteria dalam menilai performa perusahaan yaitu dengan menggunakan metode Business Excellence Malcolm Baldrige.

TAGS
  1. Kemnaker
Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
10 jam yang lalu
BNI Bantu Korban Gempa Mamuju
PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI turut berduka cita yang mendalam serta turut berbelasungkawa atas jatuhnya korban meninggal dunia dalam bencana gempa Bumi di Majene-Mamuju.
 
Nasional
13 jam yang lalu
Jasa Raharja Sampaikan Santunan Kepada Enam Ahli Waris Korban SJ-182
Jasa Raharja telah menyerahkan santunan kepada enam ahli waris korban kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ-182 yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu, Jakarta.
 
Nasional
14/01/2021 22:37 WIB
Ketum POSSI, Ali Mochtar Ngabalin Kunjungi JICT, Untuk Beri Dukungan Kepada Para Penyelam
Ketum Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) DKI Jakarta, Ali Mochtar Ngabalin, mengunjungi Jakarta International Container Terminal (JICT).
 
Nasional
14/01/2021 22:30 WIB
Korban SJ-182 Jenazah Okky Bisma Diserahkan ke Pihak Sriwijaya Air Dan Juga Keluarga
Sriwijaya Air menerima secara langsung jenazah Okky Bisma, korban jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ-182 yang jatuh di perairan Kep. Seribu dari Tim Disaster Victim Identification (DVI) POLRI.
 
Nasional
14/01/2021 21:11 WIB
BPBD Hulu Sungai Selatan Lakukan Penanganan Darurat Banjir
BPBD Kabupaten Hulu Sungai Selatan melakukan upaya penanganan darurat bencana banjir. Sebanyak 6 kecamatan di wilayahnya terdampak banjir yang terjadi sejak Rabu (13/1), pukul 22.45 waktu setempat.
 
Nasional
14/01/2021 20:41 WIB
TNI AL Kerahkan Pesawat Patroli Maritim Cari Korban Jatuhnya Pesawat Sriwijaya Air SJ-182
TNI AL melibatkan unsur udara Pesawat CN-235 MPA untuk turut membantu pencarian korban kecelakaan Pesawat Sriwijaya Air bernomor register PK-CLC yang jatuh sabtu pekan lalu di Perairan antara Pulau Lancang dan Pulau Laki, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Kamis (14/1/21).
 
Nasional
14/01/2021 20:20 WIB
Dua Rumah Warga Mamuju Rusak Akibat Guncangan Kuat Gempa M5,9
Dua rumah warga Mamuju mengalami kerusakan saat gempa M5,9 terjadi pada Kamis siang (14/1), pukul 13.35 WIB. Beberapa BPBD masih melakukan pendataan terkait dampak gempa yang terjadi di darat sekitar 4 km barat laut Majene Sulawesi Barat.
Telkomsel