Aldhi Chandra
Kamis, 19 November 2020 - 19:52 WIB

Menaker Ida Resmikan Peluncuran Layanan online e-PP dan e-PKB

Foto/Dok Kemnaker/Economiczone
Foto/Dok Kemnaker/Economiczone
Dummy

ECONOMIC ZONE - Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah  telah resmi meluncurkan layanan pengesahan peraturan perusahaan (PP) dan pendaftaran perjanjian kerja bersama (PKB) secara daring atau E-PP dan E-PKB yang terintegrasi dengan Sistem Informasi Ketenagakerjaan (Sisnaker), di Bekasi, Kamis (19/11).

"Nantinya dengan adanya layanan ini kedepan dapat berimplikasi bagi perusahaan maupun pekerja untuk mendapatkan pelayanan yang Mudah, Cepat, Akuntabel dan Data Terjamin, dan juga saya pastikan layanan ini akan terus disempurnakan", kata Ida.

Menaker Ida menjelaskan bahwa Peraturan Perusahaan (PP) dan Perjanjian Kerja Bersama (PKB) merupakan pedoman bagi pengusaha dan pekerja/buruh dalam menjalankan ikatan hubungan kerja di perusahaan, yang memuat syarat-syarat kerja dan tata tertib serta hak dan kewajiban pengusaha dan pekerja/buruh.

"Sebagaimana amanat Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 bahwa PP yang dibuat oleh pengusaha wajib mendapatkan pengesahan dari Kementerian Ketenagakerjaan ataupun Dinas Tenaga Kerja baik di tingkat Provinsi maupun Kabupaten / Kota sesuai kewenangannya,"jelas Ida.

Lebih lanjut, Menaker Ida menyampaikan bahwa Pengesahan PP dan Pendaftaran PKB tersebut bertujuan untuk memastikan bahwa materi yang terkandung di dalam PP atupun PKB tidak bertentangan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan ataupun merugikan salah pihak baik pekerja/buruh ataupun pengusaha.

Sementara itu, Plt.Dirjen PHI & Jamsos, Tri Retno Isnaningsih dalam laporannya menyampaikan bahwa, layanan pengesahan PP dan pendaftaran PKB secara elektronik ini merupakan transformasi dari layanan tatap muka pada Pelayanan Terpadu Satu Atap (PTSA) Kementerian Ketenagakerjaan.

Berdasarkan data, bahwa jumlah perusahaan yang mengesahkan PP melalui PTSA Kemnaker pada Tahun 2018 adalah sebanyak 1.825 perusahaan dan Tahun 2019 adalah sebanyak 2.118 perusahaan. Sedangkan jumlah perusahaan yang mendaftarkan PKB pada Tahun 2018 adalah sebanyak 255 perusahaan dan pada Tahun 2019 adalah sebanyak 280 perusahaan.

"Harapannya dengan transformasi layanan tatap muka menjadi layanan digital ini dapat menjadi salah satu pendorong peningkatan kuantitas pengesahan PP dan pendaftaran PKB",ujar Retno.

Kemudian ditemui ditempat yang sama, Wakil Walikota Bekasi Tri Adhianto Tjahyono mengatakan dengan launching sistem layanan ini di kota Bekasi disamping menjadi salah satu kebanggan tetapi juga menjadi satu kewajiban dan tantangan bagi kami selanjutnya. Dalam hal ini Disnaker Kota Bekasi mampu untuk lebih cepat mengadopsi sistem aplikasi layanan ini.

"Kami terus berupaya untuk menjadi rujukan bagi perangkat daerah kota/kabupaten lain dalam rangka mengerahkan perusahaan untuk menggunakan aplikasi ini untuk keperluan peraturan perusahaan dan perjanjian kerja bersama, demikian pula dalam rangka membangun suasana hubungan industrial yang lebih baik ditingkat kota/kabupaten," kata Tri.

 

 

TAGS
  1. Menaker
Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
16 jam yang lalu
Kemnaker Serahkan Anugerah Siddharkarya kepada Enam Perusahaan di Pontianak
Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) kembali memberikan anugerah Siddhakarya Tahun 2020 kepada enam pelaku usaha di Kota Pontianak, Kalimantan Barat, Rabu (2/12/2020). Penyerahan Siddhakarya (Karya Prima) diserahkan langsung oleh Dirjen Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas (Binalattas)…
 
Nasional
16 jam yang lalu
Kolaborasi Paxel & Bluebird Group Lahirkan Layanan Logistik Terbaru
Awal Desember ini, Paxel dan Bluebird Group secara resmi mengumumkan kerjasamanya. Sama-sama mengusung inovasi dan service excellence dalam pelayanan, kedua brand ini sepakat untuk bersinergi menghadirkan layanan-layanan baru yang diharapkan dapat menjawab kebutuhan konsumen yang…
 
Nasional
17 jam yang lalu
Lemonilo Bagikan 20ribu Cemilan & 1000 Hand Sanitizer untuk Anak-Anak Yayasan Pulung Pinasti
Lemonilo membagikan 20ribu cemilan Keripik Jamur Chimi Lemonilo berbagai varian dan 1000 Hand Sanitizer Naturizer yang disalurkan melalui Yayasan Pulung Pinasti pada Rabu (2/12). Bantuan ini diberikan sebagai bentuk kepedulian Lemonilo terhadap anak-anak dan keluarga di sekitar yayasan…
 
Nasional
17 jam yang lalu
Empat Tips Tunjukkan Pesonamu Lewat Media Sosial Selama Pandemi
Peraturan untuk menjaga jarak antara satu sama lain selama pandemi Covid-19 membuat kita harus lebih mengandalkan teknologi komunikasi untuk berinteraksi. Para pekerja kantor mengadakan rapat jarak jauh, para guru dan murid melakukan sekolah virtual, dan bersosialisasi dengan keluarga…
 
Nasional
19 jam yang lalu
AP II Prediksi Puncak Arus Mudik-Balik 23/24 Desember dan 30/31 Desember 2020
PT Angkasa Pura II (Persero) selaku operator 19 bandara tetap melakukan monitoring lalu lintas penerbangan dan kesiapsiagaan Angkutan Natal dan Tahun Baru 2020/2021 selama 18 hari atau mulai 18 Desember 2020 hingga 4 Januari 2021.
 
Nasional
19 jam yang lalu
Dirut BTN Raih Penghargaan Bankers of The Year 2020
Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk meraih penghargaan Bankers of The Year 2020 karena dinilai memiliki prestasi luar biasa selama berkiprah di industri perbankan. 
 
Nasional
02/12/2020 11:21 WIB
Pakar Hukum Internasional, Pemerintahan Sementara Bentukan Wenda Tidak Ada Dasarnya
Dengan memanfaatkan momen 1 Desember, yang oleh kelompok pro Organisasi Papua Merdeka (OPM) selalu diperingati sebagai hari kemerdekaan Papua Barat, UMLWP mendeklarasikan pemerintahan sementara, Senin (1/12/2020). Namun tidak ada kejelasan terkait tempat dan waktu deklarasi ini.
Telkomsel