EKA
Senin, 16 November 2020 - 15:40 WIB

Tren Penerbangan AP II Positif Didorong Protokol Kesehatan Ketat di Bandara

Foto/Ist/ECONOMICZONE
Foto/Ist/ECONOMICZONE
Dummy

ECONOMIC ZONE - Berdasarkan laporan lembaga penyedia data penerbangan global berbasis di Inggris, OAG mengungkapkan pasar penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta berada dalam tren positif. Kapasitas kursi penerbangan (seat capacity) yang tersedia di Bandara Soekarno-Hatta pada Oktober 2020 tercatat sekitar 2 juta kursi, atau naik 0,2 persen dibandingkan dengan September 2020. Di sisi lain, kapasitas kursi pada Oktober 2020 yang sebanyak 2 juta kursi itu sudah mencapai sekitar 57% dari posisi Oktober 2019 saat tidak ada pandemi COVID-19 yakni sebanyak 3,55 juta kursi.

“Demand tumbuh diikuti peningkatan supply. Peningkatan permintaan terhadap penerbangan sendiri didorong karena masyarakat yang semakin percaya untuk naik pesawat, bahwa sektor penerbangan dapat memberikan rasa aman dan nyaman di tengah pandemi sejalan dengan protokol kesehatan yang ketat dan kesigapan yang dijalankan oleh Bandara Soekarno-Hatta, maskapai dan seluruh stakeholder penerbangan lainnya yaitu AirNav Indonesia, TNI/Polri, pihak ground handling dan sebagainya,” kata President Director PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin di Jakarta, Senin (16/11).

Sejak dicanangkan Safe Travel Campaign pada Juli 2020, penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta berangsur pulih. Angkasa Pura juga mengoptimalisasikan slot time penerbangan, mengaktifkan kembali rute yang sempat ditutup, dan meningkatkan frekwensi di rute eksisting. Sementara itu, dorongan diberikan pemerintah melalui kebijakan stimulus passenger service charge (PSC) dalam rangka Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

“Kebijakan pemerintah memberikan insentif PSC membuat harga tiket pesawat lebih rendah sehingga mendorong pasar penerbangan,” terangnya.

Kapasitas kursi penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta pada Oktober 2020 (sekitar 2 juta kursi), lebih banyak dibandingkan dengan bandara lain semisal Bandara Changi (314.084 kursi), Hong Kong (499.370 kursi), Seoul (861.355 kursi), Amsterdam (1,59 juta kursi), Paris Charles de Gaulle (1,32 juta kursi), Chicago O’Hare, (1,91 juta kursi), Frankfurt (1,30 juta kursi), Istanbul (1,51 juta kursi), dan Dubai (1,5 juta kursi).

“Peningkatan penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta berarti juga peningkatan penerbangan di bandara-bandara lainnya, karena itu PT Angkasa Pura II sangat fokus dalam menjaga operasional dan konektivitas Bandara Soekarno-Hatta termasuk di tengah pandemi ini melalui penerapan protokol kesehatan yang ketat,” terangnya.

Protokol kesehatan pencegahan COVID-19 yang diterapkan mendapat pengakuan dunia internasional yakni dari Airport Council International (ACI) yang memberikan sertifikat Airport Health Accreditation (AHA) kepada Bandara Soekarno-Hatta.

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
16 jam yang lalu
Kemnaker Serahkan Anugerah Siddharkarya kepada Enam Perusahaan di Pontianak
Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) kembali memberikan anugerah Siddhakarya Tahun 2020 kepada enam pelaku usaha di Kota Pontianak, Kalimantan Barat, Rabu (2/12/2020). Penyerahan Siddhakarya (Karya Prima) diserahkan langsung oleh Dirjen Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas (Binalattas)…
 
Nasional
17 jam yang lalu
Kolaborasi Paxel & Bluebird Group Lahirkan Layanan Logistik Terbaru
Awal Desember ini, Paxel dan Bluebird Group secara resmi mengumumkan kerjasamanya. Sama-sama mengusung inovasi dan service excellence dalam pelayanan, kedua brand ini sepakat untuk bersinergi menghadirkan layanan-layanan baru yang diharapkan dapat menjawab kebutuhan konsumen yang…
 
Nasional
17 jam yang lalu
Lemonilo Bagikan 20ribu Cemilan & 1000 Hand Sanitizer untuk Anak-Anak Yayasan Pulung Pinasti
Lemonilo membagikan 20ribu cemilan Keripik Jamur Chimi Lemonilo berbagai varian dan 1000 Hand Sanitizer Naturizer yang disalurkan melalui Yayasan Pulung Pinasti pada Rabu (2/12). Bantuan ini diberikan sebagai bentuk kepedulian Lemonilo terhadap anak-anak dan keluarga di sekitar yayasan…
 
Nasional
17 jam yang lalu
Empat Tips Tunjukkan Pesonamu Lewat Media Sosial Selama Pandemi
Peraturan untuk menjaga jarak antara satu sama lain selama pandemi Covid-19 membuat kita harus lebih mengandalkan teknologi komunikasi untuk berinteraksi. Para pekerja kantor mengadakan rapat jarak jauh, para guru dan murid melakukan sekolah virtual, dan bersosialisasi dengan keluarga…
 
Nasional
19 jam yang lalu
AP II Prediksi Puncak Arus Mudik-Balik 23/24 Desember dan 30/31 Desember 2020
PT Angkasa Pura II (Persero) selaku operator 19 bandara tetap melakukan monitoring lalu lintas penerbangan dan kesiapsiagaan Angkutan Natal dan Tahun Baru 2020/2021 selama 18 hari atau mulai 18 Desember 2020 hingga 4 Januari 2021.
 
Nasional
19 jam yang lalu
Dirut BTN Raih Penghargaan Bankers of The Year 2020
Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk meraih penghargaan Bankers of The Year 2020 karena dinilai memiliki prestasi luar biasa selama berkiprah di industri perbankan. 
 
Nasional
02/12/2020 11:21 WIB
Pakar Hukum Internasional, Pemerintahan Sementara Bentukan Wenda Tidak Ada Dasarnya
Dengan memanfaatkan momen 1 Desember, yang oleh kelompok pro Organisasi Papua Merdeka (OPM) selalu diperingati sebagai hari kemerdekaan Papua Barat, UMLWP mendeklarasikan pemerintahan sementara, Senin (1/12/2020). Namun tidak ada kejelasan terkait tempat dan waktu deklarasi ini.
Telkomsel