Aldhi Chandra
Minggu, 15 November 2020 - 06:01 WIB

Menaker Bahas Kesiapan SDM Pariwisata dengan PHRI di Labuan Bajo

Foto/Dok Kemnaker/Economiczone
Foto/Dok Kemnaker/Economiczone
Dummy

ECONOMIC ZONE - Guna mempersiapkan kompetensi SDM maupun sertifikasi profesi di sektor Pariwisata, Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, melakukan pertemuan dengan persatuan hotel dan restoran se-Labuan Bajo, Sabtu (14/11).

Dalam pertemuan ini, Menaker Ida menyampaikan bahwa Labuan Bajo merupakan destinasi wisata yang benar-benar bisa dikatakan seperti "surga" yang diberikan Tuhan kepada masyarakat Labuan Bajo yang harus dioptimalkan semaksimal mungkin. Apalagi pemerintah telah menetapkan Labuan Bajo sebagai super prioritas destinasi pariwisata.

"Infrastruktur tetap digenjot, tapi ingat harus didukung oleh sumber daya manusia yang unggul. Infrastruktur di labuan bajo ini juga sudah didorong habis-habisan dan apabila tidak mendapat dukungan dari SDM manusia yang unggul, pada akhirnya infrastruktur itu tidak akan memberikan dampak dan efek kepada SDM setempat," kata Menaker Ida.

Menaker Ida menambahkan bahwa pemerintah terus menggenjot kompetensi SDM di sektor pariwisata yang ada di Labuan Bajo, salah satunya melalui UPTP Lombok Timur yang berkonsentrasi pada kejuruan pariwisata.

Lebih lanjut, Menaker Ida mendorong agar peserta pelatihan nantinya dapat langsung terserap masuk pasar kerja terutama di wilayah perhotelan di Labuan Bajo, yang kedepannya tentu membutuhkan SDM perhotelan yang banyak.

"Saya meminta kepada Pak Dirjen Binalattas dan Pak Wagub agar efektivitas dari BLK yang ada di Kupang maupun di Labuan Bajo agar dioptimalkan di tahun 2021, begitupun dengan segala kebutuhan kejuruan yang dibutuhkan, yakni melalui koordinasi dengan PHRI agar bisa identifikasikan kebutuhan kejuruannya seperti apa saja," lanjut Ida.

Sementara itu, Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur, Josef Nae Soi, mengajak kepada PHRI agar bersama melakukan pembangunan di NTT khususnya dengan semua jaringan yang ada disini, serta mengkolaborasikan kesiapan pembangunan SDM.

"Teman-teman di PHRI mari kita kerjasama, kalau teman-teman PHRI ada kesulitan dalam perijinan oleh OPD (organisasi perangkat daerah) silakan menghubungi kami, Menaker Ida datang ke sini untuk mendukung penuh pengembangan kompetensi bagi masyarakat NTT, jadi kalau ada kebutuhan SDM ataupun kebutuhanlogistik segera beritahu kami," ungkap Josef.

Perwakilan PHRI, Silvestre dan perwakilan Komodo Resort, Agustina, menyampaikan aspirasinya kepada Menaker Ida terkait masih minimnya sertifikasi profesi disektor pariwisata.

Menurutnya, baru sekitar 25% tenaga kerja di sektor pariwisata di Labuan Bajo ini yang memiliki sertifikasi profesi kompetensi di bidangnya.

"Dengan dioptimalkannya BLK baik milik pemerintah pusat maupun daerah, Kami berharap kualitas kompetensi SDM yang ada di Labuan Bajo ini segera terwujud, dengan dilengkapinya sertifikasi profesi yang diberikan," ujarnya.
 

TAGS
  1. Menaker
Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
16 jam yang lalu
Kemnaker Gandeng Pemda Perkuat Kerja Sama Pelatihan Kerja
Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) terus memperkuat koordinasi dan kerja sama dengan pemerintah daerah (pemda) tingkat provinsi, Kabupaten/ kota. Hal ini lakukan agar akses program-program pelatihan kerja baik di pusat maupun daerah akan semakin mudah dan terjangkau masyarakat.
 
Industri
17 jam yang lalu
Dengan Fungsi Fleksibel, AQUA Japan Hadirkan Freezer Dual Chamber Series
Berkomitmen menghadirkan produk-produk elektronik yang inovatif, produsen elektronik rumah tangga AQUA Japan tahun ini menghadirkan chest frezeer terbaru, yaitu Dual Chamber series. Terdiri dari seri AQF-305DC dan AQF-385DC. Dilengkapi fitur Dual Temperature Cooling and Freezing,…
 
Nasional
17 jam yang lalu
Kasus COVID-19 Meningkat, Penerapan 3M Harus Diperketat
Pada kamis (3/12), Indonesia mencatatkan rekor baru penambahan kasus COVID-19 hingga 8.369. Di sisi lain, aktivitas masyarakat di luar rumah semakin padat, terlebih menjelang akhir tahun. Agar tetap aman beraktivitas, masyarakat harus terus patuh dan menerapkan protokol 3M (memakai…
 
Nasional
17 jam yang lalu
Pelatihan BLK Komunitas Disesuaikan dengan Kebutuhan Pasar Kerja
Kementerian Ketenagakerjaan melakukan pengembangan program pelatihan vokasi di Balai Latihan Kerja Komunitas (BLKK) agar sesuai dengan kebutuhan pasar kerja dan industri yang ada di sekitar lokasi BLKK.
 
Nasional
17 jam yang lalu
PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk resmi menyandang nama baru menjadi PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk.
Perubahan nama tersebut telah memperoleh persetujuan dari Kementerian Hukum dan HAM dengan surat keputusan Nomor AHU-0032595.AH.01.02 Tahun 2019 tentang Persetujuan Perubahan Anggaran Dasar Perseroan Terbatas Perusahaan Perseroan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk tanggal 24 Juni 2019. …
 
Nasional
18 jam yang lalu
Periode Januari hingga September Tahun ini, PT Golden Energy Mines Tbk (GEMS) Mencatatkan Kinerja Keuangan Yang Ciamik.
Golden Energy meraup pendapatan sebesar US$783,86 juta, tumbuh 4,21% (yoy) dibandingkan pendapatan pada kuartal III tahun lalu sebesar US$752,16 juta.
 
Nasional
18 jam yang lalu
Vaksinasi Dilakukan Bertahap, Protokol 3M Tetap Harus Dilakukan
Pakar Imunisasi dr. Elizabeth Jane Soepardi, MPH mengungkapkan bahwa salah satu cara untuk memutus penyebaran Covid-19 adalah melalui vaksinasi.
Telkomsel