EKA
Rabu, 11 November 2020 - 17:50 WIB

Dukung Pengembangan Ekonomi, Pos Indonesia Perluas Kemitraan Agen Pos

Foto/Ist/ECONOMICZONE
Foto/Ist/ECONOMICZONE
Dummy

ECONOMIC ZONE - Dalam rangka mendukung pemberdayaan ekonomi masyarakat, PT Pos Indonesia (Persero) terus melakukan pengembangan jaringan Agen Pos di seluruh daerah di Indonesia. Agen Pos merupakan solusi bisnis kemitraan Pos Indonesia dengan masyarakat. Pola kerja sama yang ditawarkan adalah kemitraan mandiri atau korporasi. Model ini memberi peluang bagi masyarakat membuka usaha baru.

“Konsepnya adalah mengajak masyarakat berwirausaha dalam rangka pemberdayaan ekonomi. Bermodal tekad kuat, masyarakat bisa berkecimpung di bisnis kurir bersama kami dengan konsep saling menguntungkan,” kata VP Market Places and New Business Channel PT POS, Makky Muhammad Makmur dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu (11/11).

Menurutnya, pola kemitraan menjadi Agen Pos mandiri dikhususkan bagi perorangan. Syaratnya memiliki tempat strategis dan perangkat komputer lengkap dengan jaringan internet. Sementara kemitraan Agen Pos konsep Bussiness to Business (B2B) diperuntukkan bagi perusahaan yang telah memiliki jaringan baik cabang atau ritel minimal 100.

“Agen Pos lebih banyak dipusatkan di kawasan bisnis, pusat usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), kawasan pertokoan, industri dan perumahan,” beber dia.

Sejauh ini, respons masyarakat bermitra menjadi Agen Pos cukup tinggi. Secara nasional, tercatat ada puluhan ribu mitra yang telah bergabung menjadi Agen Pos. Di Kota Bandung misalnya, jumlah Agen Pos telah mencapai 292 mitra. Jumlah ini diperkirakan akan terus bertambah.

Pola kemitraan yang dibangun Agen Pos mengedepankan hubungan saling menguntungkan kedua belah pihak. Pos Indonesia, juga terus melakukan pembinaan kepada Agen Pos untuk tumbuh dan berkembang bersama. Diantara melalui pembinaan manajemen dan wirausaha. Mulai dari menggelar training kepada para agen. Tujuannya agar ada upgrade knowledge terhadap produk atau selling skill. Pos Indonesia juga membantu mempromosikan para agen baik melalui brosur atau media digital. Sehingga agen pos semakin dikenal masyarakat.

“Manajemen juga melakukan kunjungan on the spot ke agen pos, baik di tingkat kabupaten atau UPT maupun Pusat. Bahkan, Direktur utama juga ikut melakukan kunjungan langsung, seperti yang baru baru ini di lakukan, ditandai dengan pembubuhan tandatangan pada piagam peresmian Dirutpos meresmikan beroperasinya agenpos “La Riecha” salah satu agenpos yang beroperasi di kawasan Perumahan Margahayu Kencana. Tak hanya meresmikan, Dirutpos juga melakukan kunjungan ke Agenpos Pajar 2 di daerah Mohammad Toha yang merupakan potret sukses salah satu agenpos Bandung. Itu sering kami lakukan untuk mendorong para Agen Pos,” beber dia.

Sebagai apresiasi, Pos Indonesia beberapa tahun terakhir menggelar reward bagi Agen Pos yang mencapai target penjualan. Tahun lalu, Pos Indonesia memberangkatkan beberapa Agen Pos ke luar negeri melakukan perjalanan wisata.

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
9 jam yang lalu
Blue Bird Berikan Penghargaan kepada Ratusan Pengemudi dan Karyawan
Situasi dan kondisi tak menentu dari pandemi COVID-19 tidak mengurungkan niat PT Blue Bird Tbk dalam memberikan apresiasi serta penghargaan kepada pengemudi dan karyawan loyal yang telah bersama perusahaan selama puluhan tahun melalui acara tahunan Satya Lencana.
 
Nasional
10 jam yang lalu
BNSP, Jumlah Tenaga Kerja Bersertifikat Kompetensi Capai 4,9 Juta Orang
Badan Nasional Sertifikasi Kompetensi (BNSP) mengemukakan bahwa hingga tahun 2020, Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) terlisensi telah mencapai 1.827 LSP, dengan rincian LSP P1 sebanyak 1.448l; LSP P2 sebanyak 81; dan LSP P3 sebanyak 308.
 
Nasional
11 jam yang lalu
Pelindo III dan Himbara Sinergi Garap ‘Integrated E-Gate Sytem’ di ‘Greenport’ Labuan Bajo
PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) bersama Bank BNI, Bank BRI dan Bank Mandiri melaksanakan penandatanganan Memorandum of Collaboration.
 
Nasional
11 jam yang lalu
Perkuat Ekosistem UMKM, LinkAja Gandeng Kospin JASA
Koperasi, memiliki peran penting dalam memajukan kesejahteraan dan kemandirian ekonomi para anggota dan masyarakat. Sebagai salah satu upaya mendukung Pemerintah mempercepat terwujudnya koperasi modern, LinkAja resmi bekerjasama dengan Koperasi Simpan Pinjam JASA (Kospin JASA) melalui…
 
Nasional
11 jam yang lalu
Kampanye Menggunakan Masker, Garuda Indonesia-Pertamina Luncurkan Mask Livery Batik Tambal
Maskapai Garuda Indonesia bersama PT Pertamina (Persero) meluncurkan desain mask livery motif batik “Tambal” khas Yogyakarta pada armada Boeing 777-300 ER. Desain mask livery tersebut merupakan hasil karya Johana Angelia Christian, pemenang tahap keempat kompetisi “Fly Your…
 
Bisnis
14 jam yang lalu
Lion Parcel Penuhi Ekspektasi Pasar dengan Harga “ONEPACK” Lebih Ekonomis
Lion Parcel (PT. Lion Express), perusahaan jasa pengiriman terkemuka di Indonesia, terus memenuhi kebutuhan masyarakat akan layanan pengiriman yang cepat dan handal, dengan harga terjangkau. Kali ini, Lion Parcel berinovasi melalui layanan unggulannya “ONEPACK” yang kini dapat…
 
Nasional
30/11/2020 18:30 WIB
Presiden Jokowi: Tidak Ada Tempat di Tanah Air bagi Terorisme
Presiden Joko Widodo mengutuk keras segala bentuk tindak teror dan di luar batas kemanusiaan yang terjadi di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah. Presiden juga menegaskan bahwa tak ada satupun tempat di Tanah Air bagi tindak terorisme tersebut.
Telkomsel