Aldhi Chandra
Kamis, 05 November 2020 - 18:31 WIB

Luncurkan Generasi Djempolan, Kredivo Ajak Milenial Bijak dalam Meminjam dan Berbelanja

Foto/Ist/Economiczone
Foto/Ist/Economiczone
Dummy

ECONOMIC ZONE - Kredivo, perusahaan pembiayaan digital terdepan di Indonesia, meluncurkan ‘Generasi Djempolan’. Serangkaian gerakan literasi keuangan digital ini bertujuan untuk menciptakan generasi milenial yang tidak hanya melek teknologi (digital savvy), tapi juga melek keuangan (financial savvy), serta mampu memanfaatkan fintech dengan baik. Kegiatan yang turut dihadiri oleh komunitas, influencer dan mahasiswa dari berbagai kampus di Makassar ini diharapkan mampu menjadi pendekatan yang inovatif dan efektif untuk mengajak lebih banyak milenial menjadi generasi melek keuangan. 

‘Generasi Djempolan’ ini diinisiasi karena masih ada kesenjangan antara indeks literasi sebesar 38,03% dan inklusi keuangan sebesar 76,19% di Indonesia, hal ini juga membuat urgensi peningkatan literasi keuangan semakin krusial. Selain itu, adanya tren peningkatan keyakinan konsumen untuk bertransaksi digital dalam nominal besar, yang didominasi oleh 85% konsumen generasi Z dan milenial, juga harus diimbangi dengan kemampuan pengelolaan keuangan yang baik terlebih di tengah situasi pemulihan ekonomi nasional ini. Kredivo melihat besarnya potensi dari generasi milenial melek keuangan, terlebih bonus demografi dari generasi ini mampu untuk turut menggerakkan roda ekonomi secara nasional.

Head of Business Development PT FinAccel Finance Indonesia (Kredivo) - Lily Suriani mengatakan, “Saat ini, peran layanan keuangan digital semakin penting seiring dengan meningkatnya transaksi digital selama pandemi. Untuk itu Kredivo sebagai fintech lending turut aktif mengajak milenial agar dapat memanfaatkan akses keuangan digital saat ini secara sehat dan bijak. Sejak berdiri, kami senantiasa menerapkan prinsip bijak meminjam (responsible lending) dan bijak berbelanja (smart spending) bagi para pengguna Kredivo. Melalui inisiatif Generasi Djempolan, kami berharap dapat mengajak lebih banyak lagi milenial untuk melek keuangan dan berkontribusi pada pemulihan ekonomi nasional.”

Menurut Kredivo, ada tiga kriteria utama sebagai Generasi Djempolan: (1) Set Priority, mampu menentukan skala prioritas dan batasan dalam transaksi sesuai dengan kemampuan, (2) Value Over Price, mampu memahami nilai tambah dan jangka panjang dari pengeluaran atau transaksi yang dilakukan, serta (3) Best of Both Worlds, bukan hanya piawai dalam memanfaatkan teknologi untuk kegiatan sehari-hari tapi juga untuk meningkatkan kemampuan pengaturan keuangan mereka. Sebagai bentuk komitmen jangka panjang, Kredivo juga meluncurkan roadmap Generasi Djempolan. Kedepannya, sesuai dengan roadmap tersebut, Kredivo akan fokus memberikan edukasi berbasis teknologi dan keuangan serta menciptakan lebih banyak generasi melek keuangan.

Lebih lanjut, Ekonom, Bhima Yudhistira yang turut hadir dalam peluncuran Generasi Djempolan, juga menekankan pentingnya literasi keuangan digital pada milenial sebagai salah satu faktor pendukung dalam pemulihan ekonomi nasional. “Situasi ekonomi yang semakin menantang saat ini, membuat topik keuangan menjadi semakin penting bagi milenial. Milenial sebagai tulang punggung perekonomian masa depan harus beradaptasi dengan perkembangan layanan keuangan digital yang begitu cepat. Dengan memaksimalkan potensi milenial dengan kemampuannya untuk bijak meminjam dan bijak berbelanja, kami optimis akan berdampak pada pemulihan ekonomi nasional yang sedang berlangsung.” 

Pada kesempatan yang sama, Direktur Group Inovasi Keuangan Digital, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Dino Milano Siregar dalam keynote speech-nya menjelaskan, “Seiring hadirnya digitalisasi, melalui POJK 13 tahun 2018 kami telah membuka ruang bagi para penyelenggara inovasi keuangan digital untuk dapat melakukan kegiatan usahanya dengan memanfaatkan teknologi informasi. Otoritas Jasa Keuangan mendorong masyarakat tak hanya memahami digital tetapi juga paham mengenai layanan jasa keuangan. Untuk itu kami mengapresiasi sekaligus mendukung inisiasi Generasi Djempolan yang dilakukan oleh Kredivo. Hal ini sekaligus untuk menjawab tantangan peningkatan inklusi dan literasi keuangan digital berkelanjutan, termasuk di tengah keterbatasan dan masa pandemi saat ini.”

Senada dengan Dino, Ketua FKD (Forum Komunikasi Daerah) Makassar, Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI), Ilham Syam mengatakan bahwa hadirnya generasi melek teknologi berusia produktif, membuat perusahaan pembiayaan juga harus kreatif dalam upaya memperluas inklusi dan literasi keuangan digital. Lewat Generasi Djempolan dari Kredivo, APPI mengajak para pelaku pembiayaan untuk berkolaborasi menghadirkan program yang bertujuan membangun literasi keuangan digital.

TAGS
  1. Kredivo
Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
08/04/2024 15:05 WIB
Tinjau Arus Mudik di Stasiun Pasar Senen, Jokowi: Semuanya Rapi Sampai di Atas Kereta
Presiden Joko Widodo meninjau secara langsung arus mudik Lebaran di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Senin (8/4/2024). Dalam kunjungannya, Presiden melihat secara langsung kesiapan infrastruktur serta manajemen pelaksanaan mudik yang terpantau baik.Turut mendampingi Presiden dalam peninjauan…
 
Nasional
07/04/2024 20:05 WIB
Berbagi Bersama Insan Pers, BRI Kanwil Jakarta 2 Apresiasi Peran Media Dorong Inklusi Layanan di Sektor Urban
PT Bank BRI, Tbk (BRI) melalui Regional Office BRI Jakarta 2 mengapresiasi peran media massa dalam mendorong literasi keuangan dan inklusi keuangan di wilayah urban Jakarta yang sangat heterogen warganya.
 
Nasional
07/04/2024 15:58 WIB
BTN Mulai Implementasikan Transformasi Human Capital Berbasis Cloud
PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) telah menegaskan komitmen kuatnya untuk menjadi "One of Home of Indonesia's Best Talent" dengan menggulirkan transformasi human capital melalui penerapan teknologi Human Capital berbasis cloud.
 
Nasional
05/04/2024 23:08 WIB
Mudik Asyik Bersama BUMN 2024: TelkomGroup Berangkatkan Lebih Dari 2.000 Pemudik melalui Jalur Darat dan Laut
TelkomGroup laksanakan program mudik gratis bagi karyawan, teknisi, pelanggan, UMKM binaan, serta masyarakat umum.
 
Nasional
05/04/2024 18:09 WIB
Antusiasme Pemudik Sangat Tinggi, Regional Office BRI Jakarta 2 Berangkatkan 1.781 Peserta
Regional Office BRI Jakarta 2 kembali menghadirkan program mudik gratis, sebagai bagian dari Program Mudik Asyik Bersama BUMN 2024. Tahun ini, Regional Office BRI Jakarta 2 kebagian memberangkatkan 1.781 pemudik dari total pemudik yang diberangkatkan oleh BRI yakni sebanyak 8.706…
 
Nasional
05/04/2024 14:11 WIB
Telkomsel Siaga RAFI 2024, Hadirkan Program Mudik Hepi Berangkatkan 1.100 Pemudik ke Kampung Halaman
Melanjutkan peran sebagai perusahaan digital telco service provider terdepan di Indonesia, Telkomsel berkomitmen untuk terus menghadirkan ragam produk dan layanan yang memberikan nilai tambah tidak hanya untuk pelangganTelkomsel, tetapi juga bagi seluruh masyarakat Indonesia di momen…
 
Nasional
05/04/2024 13:55 WIB
CIMB Niaga Optimalkan Layanan Digital Banking pada Libur Idulfitri 1445 H
Untuk mendukung kelancaran aktivitas perbankan nasabah selama periode libur Idulfitri 1445 H, PTBank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) mengoptimalkan layanan melalui fasilitas digital banking yang lengkap. Hal ini dimaksudkan sebagai alternatif saat layanan Kantor Cabang tidak beroperasi…
Telkomsel