Aldhi Chandra
Rabu, 14 Oktober 2020 - 19:01 WIB

Euisun Chung Dilantik sebagai Chairman Hyundai Motor Group, Membuka Babak Baru dalam Sejarah

Foto/Dok-Hyundai/ECONOMICZONE
Foto/Dok-Hyundai/ECONOMICZONE
Dummy

ECONOMIC ZONE - Hyundai Motor Group (Grup) hari ini mengumumkan bahwa Euisun Chung, Executive Vice Chairman, dilantik menjadi Chairman of the Group. Chairman Mong-Koo Chung dilantik menjadi Honorary Chairman.

Hyundai Motor Company, Kia Motors Corporation dan Hyundai Mobis Co. masing-masing telah mengadakan rapat luar biasa hari ini untuk membahas upacara pelantikan. Semua anggota dewan dengan suara bulat mendukung pelantikan Euisun Chung sebagai Chairman of the Group.

Hyundai Motor Group akan membuka babak baru dalam sejarahnya di bawah kepemimpinan Euisun Chung. Menganut visi 'Bersama untuk Masa Depan yang Lebih Baik,' Grup akan mengembangkan dan memperoleh teknologi serta kemampuan utama untuk mengatasi ketidakpastian pasar, termasuk COVID-19.

Dalam pidato pengukuhannya, Euisun Chung menyampaikan arah masa depan Grup sebagai salah satu perusahaan yang fokus pada 'pelanggan,' 'kemanusiaan,' 'masa depan,' dan 'kontribusi sosial.'

"Semua tujuan dan upaya kami harus berpusat pada pelanggan. Langkah pertama menuju kebahagiaan pelanggan adalah memungkinkan mereka untuk fokus pada kehidupan mereka sendiri melalui kualitas sempurna dari produk dan layanan kami," kata Chairman Chung yang baru dilantik.

Selama bertahun-tahun, Chung telah menekankan pendekatan yang berpusat pada pelanggan dan kepuasan pelanggan, serta menerapkan konsep tersebut secara lebih luas kepada seluruh umat manusia.

"Demi kebebasan bergerak dan kemakmuran umat manusia, kami akan mengembangkan teknologi paling inovatif dan teknologi kemudi otonom yang andal di dunia, menawarkan pengalaman mobilitas yang paling baru," kata Chairman. Chung memelopori transformasi Grup dari produsen mobil menjadi penyedia solusi mobilitas masa depan.

Grup akan menawarkan solusi mobilitas yang disesuaikan dengan gaya hidup pelanggan dan terus mengembangkan kepemimpinan pasarnya di berbagai bidang, termasuk kemudi otonom, elektrifikasi, sel bahan bakar hidrogen, robotika, dan Urban Air Mobility (UAM).

Grup baru-baru ini membentuk usaha Motional Inc. dengan Aptiv untuk mengembangkan dan menyebarkan teknologi kemudi otonom penuh yang terkemuka di industri. Grup pun bekerja sama dengan mitra di seluruh dunia untuk menyediakan layanan mobilitas yang memenuhi berbagai kebutuhan di berbagai wilayah.

Lebih lanjut, Chung meramalkan adanya kemungkinan yang kuat akan energi hidrogen dan mendukung pertumbuhan ekosistem hidrogen, dengan penerapan luas teknologi sel bahan bakar di luar mobil.

"Teknologi sel bahan bakar hidrogen kelas dunia kami akan digunakan tidak hanya di mobil, tetapi juga di berbagai bidang, sebagai solusi energi ramah lingkungan untuk masa depan umat manusia," kata Chung. "Kami juga akan mewujudkan imajinasi masa depan kami melalui Robotika, Urban Air Mobility (UAM), Smart City, dan inovasi lainnya. Kemajuan inovatif ini akan menawarkan pengalaman hidup yang lebih tinggi bagi umat manusia."

Dalam sambutannya, ia juga menekankan pentingnya kontribusi sosial kepada komunitas di mana Grup beroperasi, dan mencerminkan komitmennya yang telah ada sejak lama kepada komunitas dan generasi masa depan.

"Hyundai Motor Group bertujuan untuk menjadi perusahaan yang dihargai karena mewujudkan impian umat manusia akan pergerakan yang aman dan bebas serta kehidupan yang damai, selain itu berbagi manfaat dengan pelanggan di seluruh dunia."

Transformasi Grup di bawah Chung juga terjadi secara internal, dengan penekanan pada fleksibilitas dan ketangkasan seperti yang dilakukan perusahaan teknologi. Di bawah kepemimpinannya, Grup mempercepat upayanya menuju budaya perusahaan yang lebih sehat dengan memberdayakan karyawannya dan mendorong komunikasi horizontal.

"Jika setiap karyawan menganggap dirinya sebagai pelopor, dan menyalurkan energi positif itu ke dalam perkembangan kita dan generasi mendatang, saya yakin kita akan dapat memanfaatkan peluang baru dari krisis," kata Chung. "Saya akan menumbuhkan budaya perusahaan yang menghormati komunikasi dan kemandirian. Saya akan membantu menumbuhkan lingkungan kerja yang kreatif, tempat dimana bakat dihormati dan diwujudkan sepenuhnya."

Grup juga akan merampingkan proses pengambilan keputusan agar lebih tepat waktu dan transparan, serta memperkuat komunikasi dengan pasar untuk meningkatkan nilai pemegang saham.

Chung telah diakui atas visinya yang inovatif dan untuk memimpin bisnis utama Grup melalui kesuksesan selama dua tahun terakhir sebagai Executive Vice Chairman.

Dia mengarahkan perputaran bisnis Kia Motors selama masa jabatannya sebagai Presiden, dan memimpin pertumbuhan Hyundai Motor di tengah krisis keuangan global dan berhasil meluncurkan merek mewah Genesis sebagai Vice Chairman.

Mong-Koo Chung, Honorary Chairman of the Group yang baru, baru-baru ini menyatakan keinginannya untuk pindah dan meminta Euisun Chung untuk memimpin pertumbuhan dan inovasi Grup di masa depan melampaui tantangan saat ini.

Honorary Chairman, Chung diakui secara luas atas kontribusinya terhadap kemajuan industri otomotif global, dan ia dilantik menjadi Hall of Fame Automotive pada tahun 2020.

Beliau membawa Kia Motors ke dalam Grup selama krisis keuangan Asia pada 1990-an dan mengubah perusahaan itu menjadi pembuat mobil global yang sukses. Ia juga mengembangkan Hyundai dan Kia menjadi perusahaan otomotif global dan memajukan Korea sebagai negara terdepan dalam industri otomotif.

Kunci suksesnya Hyundai Motor Group adalah menjadikan kualitas sebagai prioritas nomor satu. Honorary Chairman Chung menetapkan sistem konstruksi pabrik standar untuk memastikan produksi berkualitas tinggi yang konsisten untuk kendaraan Hyundai dan Kia di seluruh dunia, dan membangun salah satu pusat penelitian dan pengembangan terbesar di dunia untuk memperkuat daya saing Grup.

Honorary Chairman Chung juga memperkenalkan paradigma baru dalam hal manajemen yang berkelanjutan dengan pembangunan pabrik baja terintegrasi Hyundai Steel Co., sehingga membantu memaksimalkan sinergi dalam Grup dengan struktur bisnis sirkulasi sumber daya pertama di dunia.

Euisun Chung menegaskan bahwa dia akan melanjutkan dan membangun warisan dari Founding Chairman Juyung Chung dan Honorary Chairman Mong-Koo Chung.

"Melanjutkan warisan mereka, saya ingin mengantarkan Hyundai Motor Group ke masa depan baru yang berani kepada Anda semua," kata Chairman Chung. "Mungkin ada rintangan dalam perjalanan menuju masa depan baru. Tapi semangat Hyundai Motor Group selalu membuat hal yang tidak mungkin menjadi mungkin dengan mendorong optimisme dan semangat tim."

■ Profil Chairman Euisun Chung

Pendidikan

BA, Korea University

MBA, University of San Francisco

Pengalaman
2018 Executive Vice Chairman, Hyundai Motor Group
2009 Vice Chairman, Hyundai Motor Company
2005 President, Kia Motors Corporation
2003 Head of Business Strategy Planning, Kia Motors Corporation
          Executive Vice President, Business Planning Division, Hyundai Motor Company
2002 Senior Vice President, Domestic Sales Division, Hyundai Motor Company
1999 Director, Procurement / Sales Support Division, Hyundai Motor Company
 

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
28/10/2020 15:54 WIB
Performa Hotel Semakin Membaik, OYO Tetap Optimis pada Industri Hospitality di Indonesia
Dua tahun berlalu sejak resmi beroperasi pada Oktober 2018 silam, OYO terus memperkuat pondasi dan ekosistem bisnisnya di Indonesia, meski di tengah pandemi COVID-19. 
 
Nasional
28/10/2020 15:47 WIB
GoFood Rayakan 1 Tahun Berdirinya Komunitas Partner GoFood
Genap satu tahun mendukung UMKM kuliner untuk #MelajuBersamaGojek, GoFood hari ini memaparkan komitmennya terhadap Komunitas Partner GoFood (KOMPAG) untuk tahun 2021.
 
Bisnis
27/10/2020 21:29 WIB
DBS Indonesia Dukung Program Wirausaha Sosial Kurangi Sampah Makanan di Indonesia
Berdasarkan data dari Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian dan Badan Pangan Dunia (FAO), sampah makanan atau food waste di dunia jumlahnya mencapai 1,3 miliar ton. Sementara itu, di Indonesia sendiri, berdasarkan data The Economist Intelligence Unit tahun 2016, setiap satu…
 
Nasional
27/10/2020 21:13 WIB
SLOM+3 Sepakat Tingkatkan Kerja Sama ASEAN Bidang Ketenagakerjaan
Sekjen Kementerian Ketenagakerjaan, Anwar Sanusi, mengatakan bahwa negara-negara ASEAN dan 3 negara mitra yaitu RRT (Cina), Jepang, dan Republik Korea (Korea Selatan), sepakat untuk meningkatkan kerja sama bidang ketenagakerjaan. Kesepakatan peningkatan kerja sama ketenagakerjaan…
 
Industri
27/10/2020 20:37 WIB
Tips Berkendara di Musim Penghujan Ala Adira Insurance
Memasuki penghujung tahun, Indonesia mulai memasuki musim hujan. Seperti halnya sedia payung sebelum hujan, pengendara mobil juga perlu mempersiapkan "payung" ketika menghadapi musim penghujan seperti saat ini.
 
Nasional
27/10/2020 15:32 WIB
RUPSLB XL Axiata Tetapkan Susunan Direksi Baru
PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) mempunyai sususan direksi yang baru hasil Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB), 27 Oktober 2020.
 
Nasional
27/10/2020 15:28 WIB
Menaker Ida: Cuti Bersama bagi Sektor Swasta Bersifat Fakultatif
Pemerintah melalui Surat Keputusan Bersama (SKB) tiga menteri, yakni Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, dan Menteri PAN-RB telah sepakat menetapkan Libur Nasional dan Cuti Bersama tahun 2020.
Dummy