Aldhi Chandra
Jumat, 25 September 2020 - 19:03 WIB

Prodia Scientific Day Bagikan Informasi Imunitas Ditengah Pandemi

Foto/Dok Prodia/Economiczone
Foto/Dok Prodia/Economiczone
Dummy

ECONOMIC ZONE - Lebih dari 230.000 kasus positif Covid-19 terkonfirmasi di Indonesia dan diprediksi masih akan terus bertambah. Mengingat hingga saat ini vaksin dan obat khusus belum ditemukan, menjaga imunitas tubuh merupakan kunci penting agar terhindar dari virus corona jenis baru tersebut ataupun ancaman penyakit lain. Oleh karenanya, Prodia kembali menyelenggarakan Prodia Scientific Day di tahun 2020 dengan mengusung tema "Immunity: Prevention and Prediction”.

The 5 th Prodia Scientific Day 2020 digelar pada tanggal 25 & 26 September 2020, mengundang ratusan peserta, termasuk para profesional medis dari berbagai keahlian di seluruh Indonesia seperti ahli endokrin, kebidanan dan ginekolog, internis, hepatologist, patologi klinis dan sebagainya.

Prodia Scientific Day telah diselenggarakan sejak tahun 2016, dan tahun ini untuk pertama kalinya tamu undangan hadir secara virtual akibat pandemi. Acara tahunan ini menjadi wadah bagi para scientist Prodia dan juga para dokter untuk membagikan informasi terbaru dan berdiskusi dalam bidang kesehatan serta penelitian-penelitian yang telah dilakukan, baik oleh Prodia maupun dokter atau scientist yang bekerjasama dengan Prodia.

Direktur Utama PT Prodia Widyahusada Tbk, Dr. Dewi Muliaty, M.Si mengatakan “Tubuh manusia secara alami memiliki imunitas yang mampu melawan ancaman dari virus, bakteri dan penyebab penyakit lain yang masuk dalam tubuh. Selain betul-betul menerapkan protokol kesehatan, hal penting yang harus dilakukan untuk bertahan di tengah pandemi ini tentu dengan menjaga imunitas. Tahun ini, Prodia Scientific Day membahas lengkap imunitas yang berkaitan erat dengan nutrisi, penyakit seperti kanker hingga prediksi pengembangan laboratorium generasi berikutnya untuk imunitas”. Tutur Dewi.

Menyajikan 11 topik ilmiah menarik, Prodia Scientific Day menghadirkan beberapa pembicara yang kompeten dalam bidangnya. Setelah dibuka oleh Direktur Utama PT Prodia Widyahusada Tbk, Dr. Dewi Muliaty, M.Si, selanjutnya Komisaris Utama PT Prodia Widyahusada Tbk, Andi Wijaya, PhD memaparkan topik pertama yakni “Gut Microbiota and The Immune System”. Selain itu, hadir juga sebagai pembicara yakni Dr. dr. Fiastuti Witjaksono, MS, MSc, SpGK (K) yang memberikan informasi terkait “Nutrition and Immunity: Balancing Diet and Immune Function” di hari pertama.

Pada hari kedua, hadir Prof. dr. Amin Soebandrio, PhD, SpMK(K) yang memberikan informasi terkait “Update on COVID-19 Vaccine and Herd Immunity” dan juga Prof. Siti Budina Kresna dr., SpPK(K) yang memaparkan topik “The Influence of Microbiota on Cancer, Immunity, and Cancer Immunotherapy.”

Dewi berharap The 5 th Prodia Scientific Day 2020 bermanfaat bagi banyak pihak sejalan dengan komitmen Prodia dalam mendukung upaya Pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran COVID -19 di Indonesia. Saat ini, Prodia terus memperbesar kapasitas pemeriksaan SARS-CoV-2 RNA (RT-PCR COVID-19) dengan menggunakan alat fully automated Cobas 6800 di Laboratorium Pusat Rujukan Nasional (PRN) Prodia, Jakarta, sehingga jumlah pemeriksaan RT-PCR COVID-19 dapat ditingkatkan mendekati 2.000 tes/hari.

TAGS
  1. Prodia
Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
30/10/2020 20:07 WIB
‘Agro-Solution’, Cara Produsen Pupuk Memajukan Sektor Pertanian Tanah Air
PT Pupuk Indonesia (Persero) mengembangkan program Agro-Solution. Program tersebut sekaligus bertujuan untuk membantu Pemerintah mewujudkan ketahanan pangan dan meningkatkan kesejahteraan petani.
 
Nasional
30/10/2020 18:32 WIB
Freezer AQUA Japan, Mampu Jaga Kualitas Makanan Saat Listrik Padam
Di saat listrik padam, berbagai aktivitas kita jadi terganggu. Aktivitas menonton televisi, menyeterika, atau aktivitas lain yang menggunakan perlatan elektronik jadi tidak bisa dijalankan. Tidak hanya itu, makanan yang tersimpan di dalam kulkas atau freezer pun berisiko rusak. Kondisi…
 
Nasional
30/10/2020 18:26 WIB
Bakamla RI dan Vietnam Coast Guard Bahas Kerja Sama Melalui Komunikasi Vidcon
Bahas draf Memorandum of Understanding (MoU) tentang keamanan dan keselamatan laut, Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan Kurnia, S.Sos., M.M., dan Komandan Vietnam Coast Guard Letnan Jenderal Nguyen Van Son melaksanakan komunikasi saluran video teleconference di dua tempat yang berbeda,…
 
Nasional
29/10/2020 19:58 WIB
Memaknai Sumpah Pemuda, Peran Penting Energi Pemuda,Tingkatkan Produktivitas
Era revolusi industri 4.0 ini memberikan tantangan sekaligus peluang baru bagi pemuda sebagai generasi digital untuk bersaing dalam tatanan global ini. Dengan deras serta cepatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terus bergulir menuntut generasi muda untuk cepat beradaptasi.…
 
Nasional
29/10/2020 13:13 WIB
Menaker Ida Usulkan 3 Inisiatif Kerja Sama Menaker Se-Asean
Dalam forum The 26th ASEAN Labour Ministers Meeting (ALMM) atau Pertemuan Tingkat Menteri Ketenagakerjaan Se-ASEAN ke26, Indonesia mengusulkan tiga inisiatif kerja sama bidang ketenagakerjaan.
 
Nasional
28/10/2020 16:05 WIB
Berantas Narkoba, Garuda Indonesia Gandeng GRANAT
Maskapai nasional Garuda Indonesia memperkuat komitmen pemberantasan narkoba dengan menggandeng Gerakan Nasional Anti Narkotika (GRANAT).
 
Nasional
28/10/2020 15:54 WIB
Performa Hotel Semakin Membaik, OYO Tetap Optimis pada Industri Hospitality di Indonesia
Dua tahun berlalu sejak resmi beroperasi pada Oktober 2018 silam, OYO terus memperkuat pondasi dan ekosistem bisnisnya di Indonesia, meski di tengah pandemi COVID-19. 
Dummy