EKA
Senin, 14 September 2020 - 19:39 WIB

PSBB Jakarta, Petugas PLN Tetap Catat Meter ke Rumah Pelanggan

Foto/Dok-PLN/ECONOMICZONE
Foto/Dok-PLN/ECONOMICZONE
Dummy

ECONOMIC ZONE - Untuk menekan angka penyebaran Covid-19, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan kembali lakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Hal ini mengacu pada Pergub Nomor 88 tahun 2020. Menindaklanjuti hal tersebut, sebagai bentuk pelayanan, PLN memastikan petugas pencatat meter akan melakukan pencatatan meter secara langsung ke rumah pelanggan pascabayar dengan tetap memperhatikan Pedoman Pencegahan Pengendalian Covid-19 Kementerian Kesehatan RI untuk antisipasi penyebaran Covid-19.

“Kami pastikan petugas kami akan tetap melakukan pencatatan meter ke rumah pelanggan, Hal ini dilakukan untuk memastikan kesesuaian tagihan rekening listrik dengan penggunaan listrik oleh pelanggan,” kata Executive Vice President Corporate Communication & CSR PLN, Agung Murdifi di Jakarta, Senin (14/9).

Selain itu, demi kenyamanan pelanggan PLN juga menyiapkan layanan Lapor stand meter mandiri (Baca Meter Mandiri) melalui aplikasi WhatsApp Messenger (WA) PLN 123 dengan nomor 08122123123, pelaporan mandiri pelanggan bisa dilakukan pada tanggal 24-27 setiap bulannya. Pelaporan mandiri pelanggan yang valid akan dijadikan prioritas utama dasar perhitungan rekening listrik.

“Jadi kalau pelanggan mengirimkan angka stand kwh meter dan kami nyatakan valid, kami akan menggunakan laporan tersebut sebagai dasar perhitungan rekening. Meskipun petugas catat meter mengunjungi rumah pelanggan,” tambahnya.

Pilihan terakhir, jika lokasi rumah pelanggan tidak bisa didatangi oleh petugas dan pelanggan tidak mengirimkan laporan mandiri melalui WhatsApp, PLN akan menggunakan rata-rata 3 bulan sebagai dasar perhitungan rekening listrik. Implikasinya akan ada penyesuaian tagihan rekening listrik ketika nantinya petugas PLN melakukan pencatatan meter ke rumah pelanggan tersebut. Namun demikian akan ada pemberitahuan tertulis terlebih dahulu.

Pihaknya tidak menutup kemungkinan, potensi pelanggan tidak terbaca masih ada karena ada wilayah yang ditutup karena protokol Covid-19, atau rumah terkunci atau rumah kosong, tentu Petugas tidak bisa melakukan pencatatan. “Jika demikian kami akan menggunakan rata-rata 3 bulan sebagai dasar tagihan rekening listrik. Namun petugas kami akan memberikan surat untuk pemberitahuan sebelumnya,” tambahnya.

Untuk pembayaran listrik atau pembelian token, PLN juga mengimbau pelanggan untuk memanfaatkan layanan online dalam melakukan pembayaran tagihan atau pembelian token listrik. Pembayaran listrik dapat dilakukan di mana saja tanpa harus mendatangi kantor PLN. Di antaranya melalui ATM, Internet Banking, SMS Banking, Aplikasi Dompet Digital (E-Wallet) seperti Link Aja, Gopay, dan sebagainya ataupun melalui aplikasi E-Commerce seperti Tokopedia, Bukalapak, Traveloka, dan sebagainya.

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
8 jam yang lalu
Dukung Mitra UMKM Melaju Bersama, Gojek Beri Akses KUR Bunga 0 Persen dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian
Gojek kembali dipercaya menjadi mitra pilihan pemerintah untuk memfasilitasi kesempatan bagi para mitra usaha dalam mengakses program Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk menjaga kelangsungan usaha di masa pandemi. Mitra usaha Gojek dapat mendaftarkan pinjaman KUR Super Mikro dengan Suku…
 
Nasional
11 jam yang lalu
Pertamina Lubricants Bantu Fasilitas Belajar Online Untuk Panti Asuhan
PT Pertamina Lubricants melalui salah satu pabrik pelumasnya Production Unit Jakarta (PUJ) menyalurkan bantuan fasilitas penunjang pembelajaran online untuk delapan panti asuhan di wilayah sekitar pabrik. Bantuan yang diberikan berupa 220 paket data, 2 modem internet, 10 alat eletronik…
 
Nasional
11 jam yang lalu
Sambut HUT ke-75 KAI, Tiket Kereta Api Diskon 25 Persen
PT Kereta Api Indonesia (Persero) memberikan diskon tiket sebesar 25 persen, sehingga pelanggan cukup membayar 75 persen dari harga normal.
 
Nasional
12 jam yang lalu
BirdKirim, Solusi Layanan Logistik dari Bluebird di masa PSBB
Bluebird sebagai solusi layanan transportasi menawarkan solusi atas kelancaran aktivitas dan kebutuhan masyarakat selama beraktivitas di rumah melalui program layanan logistik yaitu BirdKirim.
 
Nasional
22/09/2020 19:58 WIB
Gagalkan Penyelundupan Sabu, Personel Avsec Bandara Sultan Syarif Kasim II Dapat Penghargaan
PT Angkasa Pura II (Persero) mendukung Badan Narkotika Nasional (BNN) dalam pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran Narkoba di Tanah Air.
 
Nasional
22/09/2020 16:59 WIB
Menaker Ida: Penyaluran Bantuan Subsidi Upah/Gaji Berjalan Lancar
Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, mengungkapkan bahwa penyaluran subsidi upah/gaji berjalan lancar. Data per 18 September 2020 menunjukkan, realisasi penyaluran subsidi gaji/upah tahap I telah mencapai 2.484.429 orang atau 99,38 persen dari total penerima tahap I sebanyak 2,5…
 
Nasional
22/09/2020 16:53 WIB
Qasir Bersinergi dengan Grab Sediakan Layanan bagi Usahawan Mikro di Tengah Pandemi
Qasir, perusahaan rintisan (startup) yang bergerak sebagai penyedia platform point of sales (POS), menjalin kerjasama dengan Grab, perusahaan ride-hailing terbesar di Asia Tenggara di layanan Grabfood miliknya.
Dummy