Aldhi Chandra
Senin, 14 September 2020 - 19:29 WIB

BNP Paribas Asset Management dan Citi Indonesia Ikut Andil Dukung Perekonomian Perempuan

Foto/Dok-CitiIndonesia/ECONOMICZONE
Foto/Dok-CitiIndonesia/ECONOMICZONE
Dummy

ECONOMIC ZONE - PT. BNP Paribas Asset Management (PT. BNP Paribas AM) bagian dari BNP Paribas Group bersama dengan Citibank N.A., Indonesia (Citi Indonesia) hari ini meresmikan Program Pemberdayaan Ekonomi Perempuan Muda melalui Program Pengembangan Produk Lokal Unggulan. Program ini  meliputi  rangkaian  pelatihan  yang  dilakukan  secara  daring  bertemakan literasi keuangan dan kewirausahaan bagi kelompok perempuan muda Indonesia. Program  pengembangan  komunitas  ini merupakan inisiatif yang disusun  bersama  dengan  lembaga  terpilih,  Asosiasi  Pusat  Pengembangan  Sumberdaya  Wanita (PPSW ) dan sepenuhnya dibiayai melalui hasil dana sosial reksa dana indeks BNP Paribas IDX 30 Filantropi.

Dalam peluncuran yang dilakukan melalui kegiatan webinar tersebut, sebanyak 60 (enam puluh) pengusaha muda perempuan berpartisipasi  dan  mendapatkan  pengenalan produk  perbankan  dan  investasi,   perencanaan   pengelolaan   keuangan   serta wadah manajemen keuangan secara digital.

Program ini merupakah salah bentuk bentuk nyata dari penyaluran dana  sosial  yang  dilakukan  PT.  BNP  Paribas  AM  melalui salah satu Reksa Dana yang dikelolanya, Reksa Dana  Indeks  BNP  Paribas  IDX30 Filantropi (BNP Paribas IDX30 Filantropi) yang bertemakan Socially Responsible Investment (SRI). Dengan Program tersebut, PT. BNP Paribas AM dan Citi Indonesia bermaksud untuk berpartipasi dalam meningkatkan literasi keuangan serta kemampuan wirausaha  para  perempuan  muda Indonesia, sehingga dapat menjadi bekal bagi para  perempuan  muda  Indonesia  tersebut  untuk  dapat  tetap  bertahan  dan memenuhi kebutuhan keluarga meski di tengah masa pandemi.

Saat ini, Program ini berfokus pada peningkatan kemampuan dan daya saing produk lokal yang dikembangkan oleh pengusaha perempuan di 4 (empat) wilayah di Indonesia, meliputi Aceh, Banten, Pontianak, dan DKI  Jakarta.  Bersama  dengan  PPSW, program ini akan berjalan kurang lebih selama 6 (enam) bulan. Peserta  yang  terpilih  berkesempatan  untuk  meningkatkan kompetensi pada bidang online marketing, manajemen bisnis, hingga desain kemasan produk. PT. BNP Paribas AM dan Citi Indonesia turut memberikan pelatihan secara daring dengan membawakan modul terkait literasi dan perencanaan keuangan.

Maya Kamdani, Direktur PT. BNP Paribas  AM  menjelaskan,  “Di  masa  yang  sulit seperti  ini,  kesejahteraan  ekonomi menjadi hal yang krusial, dan kami ingin mendorong  perempuan  untuk  lebih  produktif  dan  mengoptimalkan  kemampuan  serta  sumber daya yang mereka miliki untuk membantu menopang keluarga. Kami  ingin  menunjukkan  kepada  masyarakat  bahwa  melalui produk investasi bertema SRI, kita bisa ikut andil memberikan dampak yang nyata bagi masyarakat,  terutama  di masa pandemi ketika stabilitas ekonomi membutuhkan aksi kolaboratif. Ini juga  bagian  dari  upaya  kami  untuk  meningkatkan  kesadaran masyarakat bahwa berinvestasi pada produk  bertema  SRI  dapat  menciptakan  dampak  positif bagi  masyarakat  dan perekonomian dalam jangka panjang.”

Puni A. Anjungsari, Country Head of Corporate Affairs, Citi Indonesia lebih lanjut menjelaskan, “Kita harus dapat melihat bahwa dalam setiap tantangan terletak peluang. Produk Reksa Dana ini menjadi  salah  satu  dari  upaya  Citi  Indonesia  yang terintegrasi untuk memberikan  dampak  yang  positif  dan  berarti  bagi  komunitas  di  lingkungan  sekitar  dimana  kami  beroperasi. Hal ini sejalan dengan prinsip kami yang diinisiasi secara global, yaitu, memberikan kesempatan ekonomi yang lebih baik untuk generasi muda. Karena kami percaya bahwa generasi muda adalah harapan dan penggerak roda perekonomian bangsa.”

Fitriani Sunarto, Sekretaris Eksekutif  Asosiasi  PPSW  menambahkan,  “Generasi  perempuan  muda  adalah  yang  paling adaptif terhadap perubahan. Program Pemberdayaan Perempuan Muda ini  berpotensi  untuk  mendorong  perubahan  dari  pola hidup konsumtif menjadi produktif, yang lebih bermanfaat terutama dalam masa pandemi seperti saat ini. Untuk itu kami sangat berterimakasih kepada PT. BNP Paribas AM dan Citi Indonesia yang telah mempercayakan kami sebagai mitra dalam menyalurkan dana sosial BNP Paribas IDX30 Filantropi.”

Penyaluran dana sosial BNP Paribas IDX30 Filantropi senilai Rp 250.000.000 telah dialokasikan khusus untuk pemberdayaan perempuan muda Indonesia melalui program ini. Komitmen ini bertujuan untuk membantu  mengatasi  kesulitan  ekonomi  yang dihadapi oleh kelompok berpenghasilan rendah, di mana perempuan memiliki peran yang signifikan sebagaimana hasil temuan UNFPA dan UN Women (2020)* bahwa 64% dari total pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia adalah perempuan.

Sejak diluncurkan secara eksklusif bersama PT. BNP Paribas AM dan Citi  Indonesia,  ini  merupakan  penyaluran  dana  sosial ketiga dari BNP Paribas IDX30 Filantropi. Sebelumnya pada Mei 2020, dana sosial telah tersalurkan  melalui  Palang  Merah Indonesia dan UNICEF Indonesia untuk bantuan darurat Pandemi COVID-19 di Indonesia.
 

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
7 jam yang lalu
Prodia Scientific Day Bagikan Informasi Imunitas Ditengah Pandemi
Lebih dari 230.000 kasus positif Covid-19 terkonfirmasi di Indonesia dan diprediksi masih akan terus bertambah. Mengingat hingga saat ini vaksin dan obat khusus belum ditemukan, menjaga imunitas tubuh merupakan kunci penting agar terhindar dari virus corona jenis baru tersebut ataupun…
 
Bisnis
7 jam yang lalu
Neem: Rahasia alami Himalaya Since 1930 untuk melawan jerawat
Jerawat telah menjadi masalah yang paling banyak dialami wanita. Namun, menemukan solusi yang tepat untuk jerawat adalah masalah yang berbeda. Dibutuhkan waktu dan kesabaran untuk menanganinya. Prosesnya yang panjang sering menyebabkan wanita merasa insecure dan mencari cara untuk…
 
Nasional
11 jam yang lalu
Tingkatkan Kualitas Layanan ke Masyarakat, Telkom Dukung Pertamina Genjot Digitalisasi SPBU di Seluruh Indonesia
PT Pertamina (Persero) bekerjasama dengan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) mengimplementasikan program digitalisasi SPBU di seluruh Indonesia. Melalui digitalisasi ini, Pertamina dapat memantau kondisi stok Bahan Bakar Minyak (BBM), penjualan BBM serta transaksi pembayaran…
 
Nasional
11 jam yang lalu
Telkomsel Dukung Program Bantuan Kuota Data Internet dari Kemendikbud RI untuk Kenyamanan Belajar Jarak Jauh
Telkomsel terus bergerak maju menunjukan konsistensi dalam mendampingi masyarakat di berbagi fase kehidupan, terutama untuk menghadirkan kemudahan aktivitas digital yang mendukung upaya adaptasi terhadap kebiasaan baru.
 
Nasional
12 jam yang lalu
Semakin Aman, Super App GoBiz Terus Jadi Andalan Mitra Usaha dengan Fitur Kelola Pegawai
Gojek kembali menjawab kebutuhan para mitra usaha dengan menghadirkan fitur Kelola Pegawai pada super app GoBiz (versi 3.19) - aplikasi manajemen bisnis untuk mitra usaha Gojek. Fitur Kelola Pegawai menambah lapisan perlindungan data usaha mitra, memudahkan pemilik usaha dalam mengelola…
 
Nasional
12 jam yang lalu
Berbobot Ringan, Garmin Forerunner 745 Hadir dengan Fitur Berlimpah
Garmin Indonesia hari ini meluncurkan Forerunner 745, jam tangan GPS canggih bagi para pelari dan atlet triathlon yang membutuhkan perangkat pendamping saat berolahraga.
 
Nasional
24/09/2020 14:23 WIB
Pengguna Aplikasi MyPertamina Meningkat 800 Persen di Jateng dan Jogja
PT Pertamina (Persero) terus mengedepankan pelayanan kepada masyarakat yang aman sesuai dengan protokol Covid-19, salah satunya adalah mendorong pelanggan untuk menggunakan pembayaran non tunai melalui aplikasi MyPertamina.
Dummy