Aldhi Chandra
Senin, 14 September 2020 - 19:29 WIB

BNP Paribas Asset Management dan Citi Indonesia Ikut Andil Dukung Perekonomian Perempuan

Foto/Dok-CitiIndonesia/ECONOMICZONE
Foto/Dok-CitiIndonesia/ECONOMICZONE
Dummy

ECONOMIC ZONE - PT. BNP Paribas Asset Management (PT. BNP Paribas AM) bagian dari BNP Paribas Group bersama dengan Citibank N.A., Indonesia (Citi Indonesia) hari ini meresmikan Program Pemberdayaan Ekonomi Perempuan Muda melalui Program Pengembangan Produk Lokal Unggulan. Program ini  meliputi  rangkaian  pelatihan  yang  dilakukan  secara  daring  bertemakan literasi keuangan dan kewirausahaan bagi kelompok perempuan muda Indonesia. Program  pengembangan  komunitas  ini merupakan inisiatif yang disusun  bersama  dengan  lembaga  terpilih,  Asosiasi  Pusat  Pengembangan  Sumberdaya  Wanita (PPSW ) dan sepenuhnya dibiayai melalui hasil dana sosial reksa dana indeks BNP Paribas IDX 30 Filantropi.

Dalam peluncuran yang dilakukan melalui kegiatan webinar tersebut, sebanyak 60 (enam puluh) pengusaha muda perempuan berpartisipasi  dan  mendapatkan  pengenalan produk  perbankan  dan  investasi,   perencanaan   pengelolaan   keuangan   serta wadah manajemen keuangan secara digital.

Program ini merupakah salah bentuk bentuk nyata dari penyaluran dana  sosial  yang  dilakukan  PT.  BNP  Paribas  AM  melalui salah satu Reksa Dana yang dikelolanya, Reksa Dana  Indeks  BNP  Paribas  IDX30 Filantropi (BNP Paribas IDX30 Filantropi) yang bertemakan Socially Responsible Investment (SRI). Dengan Program tersebut, PT. BNP Paribas AM dan Citi Indonesia bermaksud untuk berpartipasi dalam meningkatkan literasi keuangan serta kemampuan wirausaha  para  perempuan  muda Indonesia, sehingga dapat menjadi bekal bagi para  perempuan  muda  Indonesia  tersebut  untuk  dapat  tetap  bertahan  dan memenuhi kebutuhan keluarga meski di tengah masa pandemi.

Saat ini, Program ini berfokus pada peningkatan kemampuan dan daya saing produk lokal yang dikembangkan oleh pengusaha perempuan di 4 (empat) wilayah di Indonesia, meliputi Aceh, Banten, Pontianak, dan DKI  Jakarta.  Bersama  dengan  PPSW, program ini akan berjalan kurang lebih selama 6 (enam) bulan. Peserta  yang  terpilih  berkesempatan  untuk  meningkatkan kompetensi pada bidang online marketing, manajemen bisnis, hingga desain kemasan produk. PT. BNP Paribas AM dan Citi Indonesia turut memberikan pelatihan secara daring dengan membawakan modul terkait literasi dan perencanaan keuangan.

Maya Kamdani, Direktur PT. BNP Paribas  AM  menjelaskan,  “Di  masa  yang  sulit seperti  ini,  kesejahteraan  ekonomi menjadi hal yang krusial, dan kami ingin mendorong  perempuan  untuk  lebih  produktif  dan  mengoptimalkan  kemampuan  serta  sumber daya yang mereka miliki untuk membantu menopang keluarga. Kami  ingin  menunjukkan  kepada  masyarakat  bahwa  melalui produk investasi bertema SRI, kita bisa ikut andil memberikan dampak yang nyata bagi masyarakat,  terutama  di masa pandemi ketika stabilitas ekonomi membutuhkan aksi kolaboratif. Ini juga  bagian  dari  upaya  kami  untuk  meningkatkan  kesadaran masyarakat bahwa berinvestasi pada produk  bertema  SRI  dapat  menciptakan  dampak  positif bagi  masyarakat  dan perekonomian dalam jangka panjang.”

Puni A. Anjungsari, Country Head of Corporate Affairs, Citi Indonesia lebih lanjut menjelaskan, “Kita harus dapat melihat bahwa dalam setiap tantangan terletak peluang. Produk Reksa Dana ini menjadi  salah  satu  dari  upaya  Citi  Indonesia  yang terintegrasi untuk memberikan  dampak  yang  positif  dan  berarti  bagi  komunitas  di  lingkungan  sekitar  dimana  kami  beroperasi. Hal ini sejalan dengan prinsip kami yang diinisiasi secara global, yaitu, memberikan kesempatan ekonomi yang lebih baik untuk generasi muda. Karena kami percaya bahwa generasi muda adalah harapan dan penggerak roda perekonomian bangsa.”

Fitriani Sunarto, Sekretaris Eksekutif  Asosiasi  PPSW  menambahkan,  “Generasi  perempuan  muda  adalah  yang  paling adaptif terhadap perubahan. Program Pemberdayaan Perempuan Muda ini  berpotensi  untuk  mendorong  perubahan  dari  pola hidup konsumtif menjadi produktif, yang lebih bermanfaat terutama dalam masa pandemi seperti saat ini. Untuk itu kami sangat berterimakasih kepada PT. BNP Paribas AM dan Citi Indonesia yang telah mempercayakan kami sebagai mitra dalam menyalurkan dana sosial BNP Paribas IDX30 Filantropi.”

Penyaluran dana sosial BNP Paribas IDX30 Filantropi senilai Rp 250.000.000 telah dialokasikan khusus untuk pemberdayaan perempuan muda Indonesia melalui program ini. Komitmen ini bertujuan untuk membantu  mengatasi  kesulitan  ekonomi  yang dihadapi oleh kelompok berpenghasilan rendah, di mana perempuan memiliki peran yang signifikan sebagaimana hasil temuan UNFPA dan UN Women (2020)* bahwa 64% dari total pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia adalah perempuan.

Sejak diluncurkan secara eksklusif bersama PT. BNP Paribas AM dan Citi  Indonesia,  ini  merupakan  penyaluran  dana  sosial ketiga dari BNP Paribas IDX30 Filantropi. Sebelumnya pada Mei 2020, dana sosial telah tersalurkan  melalui  Palang  Merah Indonesia dan UNICEF Indonesia untuk bantuan darurat Pandemi COVID-19 di Indonesia.
 

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
15 jam yang lalu
Tinjau Longsor Majene, Kepala BNPB: Jalur Ulumanda Sudah Dapat Dilalui Kendaraan
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo meninjau lokasi longsoran material yang menutup jalur menuju lima desa di Kecamatan Ulumanda, Kabupaten Majene, Provinsi Sulawesi Barat, Rabu (20/1).
 
Nasional
21 jam yang lalu
Gempa M5,5 Guncang Maluku Tenggara, Tidak Berpotensi Tsunami
Gempa dengan kekuatan magnitudo 5,5 mengguncang Maluku Tenggara pada Rabu (20/1) siang pukul 11:28 WIB. Gempa tidak berpotensi tsunami.
 
Nasional
21 jam yang lalu
Upaya Pelayanan Kesehatan Pascagempa M6,2 Sulbar
Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia mempersiapkan dua pusat layanan kesehatan dalam melaksanakan pelayanan kesehatan pascagempa M6,2 di Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar).
 
Nasional
21 jam yang lalu
Sebanyak 6.619 Jiwa Terdampak Banjir di Kabupaten Pekalongan
Sebanyak 6.619 jiwa terdampak banjir di Kabupaten Pekalongan, Provinsi Jawa Tengah akibat hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi sejak Senin (18/1) pukul 19.00 WIB.
 
Nasional
19/01/2021 21:39 WIB
Hari Ini Tim DVI Polri Kembali Identifikasi Enam Korban SJ-182
Tim Disaster Victim Identification (DVI) Polri kembali berhasil mengidentifikasi enam jenazah korban pesawat Sriwijaya Air SJ-182 yang jatuh di perairan Kep. Seribu, Jakarta.
 
Nasional
19/01/2021 21:04 WIB
Curah Hujan Tinggi, Penyebab Banjir Bandang Bandang Di Puncak Bogor
 Banjir bandang menerjang Kampung Gunung Mas, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Selasa (19/1/2021). Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Raditya Jati menjelaskan, banjir disebabkan karena hujan dengan intensitas tinggi.
 
Nasional
19/01/2021 20:53 WIB
Bencana Sulut dan Jabar Berlanjut, Bantuan BNI untuk Korban Banjir
Bencana banjir melanda berbagai wilayah di Indonesia, setelah Kalimantan Selatan, kali ini bencana tengah merundung Kota Manado, Sulawesi Utara dan Bogor, Jawa Barat.
Telkomsel