Aldhi Chandra
Rabu, 09 September 2020 - 22:33 WIB

Dorong Integrasi Industri Pangan, RNI dapatkan Insight dari Jonan

Foto/Dok-RNI/ECONOMICZONE
Foto/Dok-RNI/ECONOMICZONE
Dummy

ECONOMIC ZONE - PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) (RNI) terus melakukan berbagai persiapan di tengah integrasi bisnis BUMN Pangan yang saat ini sedang didorong oleh Kementerian BUMN. Hal tersebut disampaikan oleh Direktur SDM RNI J. Nanang Marjianto, Selasa, 8 September 2020, di Jakarta, di sela pelaksanan seminar “Kiat Sukses Membangun Budaya dan Organisasi Holding dalam Integrasi Bisnis BUMN Pangan” yang dihadiri oleh para Direktur Utama BUMN Klaster Pangan serta pembicara Ignasius Jonan.

Nanang mengatakan, berbagai persiapan dan pembenahan untuk memperkuat integrasi bisnis pangan terus dilakukan baik di sisi internal maupun eksternal, salah satunya adalah benchmarking dan belajar kepada tokoh-tokoh yang sukses melakukan transformasi diberbagai bidang.

“Dalam mewujudkan transformasi, kami tidak hanya menata organisasi dan bisnis modelnya, tapi juga perlu mendapat pembekalan dan insight dari berbagai tokoh transformatif, salah satunya Bapak Ignasius Jonan,” ujarnya.

Nanang beharap, melalui seminar budaya organisasi ini RNI serta BUMN Klaster Pangan mendapatkan banyak insight untuk membangun organisasi korporasi yang solid guna mewujudkan transformasi bisnis menuju BUMN pangan yang berdaya saing global. Ia menambahkan, transformasi RNI salah satunya dilakukan dengan memperkuat kolaborasi antar BUMN Klaster Pangan guna mewujudkan mata rantai pangan yang terintegrasi dari hulu hingga hilir. “Untuk itu, kita terus benahi infrastruktur penunjang dari mulai budaya organisasi, tata kelola perusahaan, hingga kompetensi SDM. Agar sebagai Ketua Klaster, RNI memiliki agility yang baik dalam mengkoordinasi serta mendorong berbagai sinergi dan aksi korporasi di lingkup Klaster Pangan,” ujarnya.

Di aspek tata kelola, Nanang mengatakan, improvement terbaru telah dilakukan adalah perolehan sertifikat Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) SNI ISO 37001:2016. Diraihnya sertifikat SMAP menunjukan komitmen perseroan dalam mengeliminir potensi praktek suap di lingkungan perusahaan guna mewujudkan organisasi yang bersih dan anti korupsi.

Sementara itu dalam budaya organisasi, ia menambahkan, RNI bersama BUMN Klaster Pangan telah melakukan penyeragaman corporate value. Hal tersebut sejalan dengan semangat baru Kementerian BUMN yang telah menerapkan AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif) sebagai Core Value SDM BUMN.

“Penerapan AKHLAK sebagai Core Value BUMN Klaster Pangan untuk mendukung peningkatan kinerja perusahaan sebagai lokomotof pembangunan, mesin pertumbuhan ekonomi, dan akseletator dalam penyedia lapangan kerja,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Pengembangan dan Pengendalian Usaha RNI Febriyanto, mengatakan, saat ini bersama 8 BUMN Klaster Pangan RNI tengah menjalankan beberapa program peningkatan produktivitas komoditas pangan. Salah satunya adalah Food Estate Sukamadi 1.000 ha di Subang. Program ini merupakan pilot project pengelolaan lahan pertanian berbasis teknologi Precision Farming yang bertujuan untuk meningkatkan akurasi pendataan serta efisiensi dan Corporate Farming untuk mendorong kesejahteraan petani mitra melalui integrasi proses hulu (produksi) hingga hilir (pemasaran).

Dalam kolaborasi ini RNI yang bertindak sebagai avalist berbagi peran dengan PT Sang Hyang Seri (Persero) dan PT Pupuk Kujang yang berperan mengawal proses kemitraan dan produksi on farm, serta PT Pertani (Persero) yang berperan sebagai avalist serta mengawal proses giling hingga pengemasan.

Sementara itu, dalam paparannya Jonan yang saat ini menjabat sebagai Komisaris Independen PT Unilever Indonesia Tbk tersebut, mengatakan, Klaster BUMN Pangan merupakan klaster yang sangat kompleks karena memiliki regulator serta stakeholder yang sangat beragam. Hal tersebut menjadi tantangan tersendiri, sehingga RNI sebagai Ketua BUMN Klaster Pangan harus memiliki daya tahan perusahaan yang kuat.
 

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
10 jam yang lalu
Presiden Minta OJK dan Pelaku Industri Keuangan Jaga Kepercayaan Pasar dan Masyarakat
Di tengah pandemi Covid-19 yang terjadi selama tahun 2020, kerja sama antara sejumlah pemangku kepentingan telah berjalan dengan baik. Mulai dari Kementerian Keuangan, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bank Indonesia, hingga Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).
 
Nasional
10 jam yang lalu
Kunker ke Sumbar, Menaker Tinjau BLK Komunitas Thawalib Gunung Padang
Menteri Ketenagakerjaaan, Ida Fauziah, meninjau Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas Thawalib Gunung Padang yang berlokasi di Pondok Pesantren Thawalib Gunung, Kota Padang Panjang, Sumatera Barat, Minggu (17/1/2021).
 
Nasional
19 jam yang lalu
Sebanyak 42 Orang Meninggal Dunia Akibat Gempa M6,2 di Sulawesi Barat
Berdasarkan data per 15 Januari 2021 pukul 20.00 WIB, Pusat Pengendali Operasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana melaporkan jumlah korban meninggal dunia akibat gempa M6,2 yang terjadi pada Jumat (15/1), pukul 01.28 WIB atau 02.28 waktu setempat di Provinsi Sulawesi Barat menjadi…
 
Nasional
19 jam yang lalu
Lebih dari Dua Puluh Ribu Jiwa Terdampak Banjir di Kalimantan Selatan
Sebanyak 21.990 jiwa terdampak banjir di Kabupaten Tanah Laut, Provinsi Kalimantan Selatan akibat hujan dengan intensitas tinggi menyebabkan air sungai di Kecamatan Pelaihari meluap yang terjadi pada Minggu (3/1) pukul 10.30 WITA. Hal ini berdasarkan data yang dihimpun oleh Pusat…
 
Nasional
20 jam yang lalu
Masa Transisi Perban Pembebasan Biaya Penempatan PMI Diperpanjang 6 Bulan, Kepala BP2MI Siap Mundur dari Jabatan Jika Tidak Berjalan
Kepala Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI), Benny Rhamdani menyatakan implementasi pembebasan biaya penempatan bagi Pekerja Migran Indonesia (PMI) sesuai Peraturan BP2MI nomor 9 tahun 2020 tentang Pembebasan Biaya Penempatan PMI, akan diperpanjang masa transisinya…
 
Nasional
20 jam yang lalu
Satgas Minta Tokoh Muda Ajak Kaum Milenial Sukseskan Vaksinasi
Sejumlah tokoh publik dari kalangan muda terlihat mengikuti vaksin perdana yang dimulai oleh Presiden Joko Widodo bertempat di Istana Merdeka, Rabu (13/1/2021). Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito menjelaskan, bahwa dilibatkannya generasi muda itu untuk mewakili…
 
Nasional
20 jam yang lalu
Ajang Balap Endurance “24H SERIES Powered by Hankook” Musim 2021 Resmi Dimulai
Ajang balap ketahanan (endurance race) 24H SERIES musim 2021 resmi dimulai kemarin, 14 Januari 2021. Seri balapan yang berlangsung selama 11 bulan ke depan ini dibuka dengan pertandingan perdana di Dubai selama tiga hari.
Telkomsel