EKA
Rabu, 02 September 2020 - 16:42 WIB

Angkutan Barang Sumbang 43 Persen Pendapatan KAI Semester I/2020

Foto/Dok-KAI/ECONOMICZONE
Foto/Dok-KAI/ECONOMICZONE
Dummy

ECONOMIC ZONE - PT Kereta Api Indonesia (KAI) terus berusaha meningkatkan pendapatan perusahaan dengan mengoptimalkan lini bisnis angkutan barang. Meski ada pertumbuhan dari bisnis angkutan penumpang, bisnis angkutan barang kini menjadi sumber pendapatan utama KAI.

“Pada Semester 1 2020, pendapatan dari Angkutan Barang mencapai 43 persen dari total pendapatan KAI,” ujar VP Public Relations KAI, Joni Martinus di Jakarta, Rabu (2/9).

Terdampaknya Angkutan Penumpang oleh pandemi Covid-19, membuat KAI terus berupaya memaksimalkan bisnis angkutan barang melalui berbagai langkah. Hasilnya, volume angkutan barang di bulan Agustus mencapai 3,9 juta ton, meningkat 6 persen dibanding bulan Juli sebanyak 3,7 juta ton.

KAI telah melakukan penandatanganan kontrak baru dengan beberapa perusahaan untuk angkutan barang, salah satunya angkutan batu bara. Hal ini tampak pada meningkatnya volume angkutan batu bara sebesar 8% menjadi 2,8 juta ton di bulan Agustus dari sebelumnya 2,7 juta ton di bulan Juli. Angkutan batu bara sendiri mencapai 72% dari total angkutan barang KAI pada Agustus 2020 atau sebanyak 2,8 juta ton.

“Konsumsi industri yang semakin meningkat membuat angkutan batu bara kembali stabil, setelah sempat turun pada titik terendah yaitu hanya 2 juta ton pada bulan Juni 2020,” jelasnya.

Mulai pulihnya perekonomian juga terlihat pada kenaikan angkutan barang di berbagai komoditi pada bulan Agustus dibandingkan bulan Juli. Angkutan semen naik 10% menjadi 368 ribu ton dari 333 ribu ton, peti kemas naik 8% menjadi 339 ribu ton dari 315 ribu ton, CPO naik 22% menjadi 24 ribu ton dari 20 ribu ton, dan BBM naik 2% menjadi 181 ribu ton dari 178 ribu ton. “Peningkatan ini juga menunjukkan kembali bergeraknya sektor industri dan perekonomian yang ditunjukkan melalui tumbuhnya pergerakan barang,” katanya.

KAI akan terus mengoptimalkan layanan angkutan kereta barang sambil terus memulihkan bisnis angkutan penumpang. KAI akan terus memperluas pasar angkutan barang dengan melakukan berbagai langkah. Seperti melakukan penandatanganan kontrak baru dengan perusahaan batu bara swasta di Sumatera Selatan, menjajaki rute-rute baru untuk berbagai komoditi, menguji coba integrasi first mile dan last mile untuk angkutan retail, dan berbagai langkah lainnya untuk peningkatan volume angkutan barang.

“Melalui angkutan barang, KAI turut mendukung pemulihan perekonomian nasional dengan menghadirkan layanan distribusi logistik yang ramah lingkungan, cepat, tepat waktu, aman, dan dapat diandalkan,” pungkasnya.

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
3 jam yang lalu
Greenfields Meluncurkan Produk Susu Terbarunya
Ahli produk susu dan produk olahan susu, Greenfields hari ini meluncurkan produk susu terbarunya, Greenfields Fresh Jersey Milk, produk susu sapi Jersey pertama dan satu-satunya di Indonesia. Greenfields Fresh Jersey Milk terbuat dari 100% susu sapi Jersey segar yang diperah dan…
 
Nasional
3 jam yang lalu
Menaker Ida: Hari ini Subsidi Upah/Gaji Tahap IV Cair
Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, memastikan penyaluran subsidi upah/gaji tahap IV telah dicairkan bagi pekerja/buruh yang berhak menerima sesuai kriteria Peraturan Menteri Ketenagakerjaan RI (Permenaker) Nomor 14 Tahun 2020 tentang Pedoman Pemberian Bantuan Pemerintah Berupa…
 
Nasional
8 jam yang lalu
Menaker Ida Ajak Mahasiswa Kembangkan Softskill dan Akhlakul Karimah
Memasuki era revolusi industri 4.0 yang ditandai dengan penggunaan teknologi pada otomasi dan pertukaran data secara cepat dalam segala aspek, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah meminta kalangan mahasiswa untuk terus mengembangkan soft skills dan akhlakul karimah. Karena kompetensi…
 
Nasional
8 jam yang lalu
Dukung Mitra UMKM Melaju Bersama, Gojek Beri Akses KUR Bunga 0 Persen dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian
Gojek kembali dipercaya menjadi mitra pilihan pemerintah untuk memfasilitasi kesempatan bagi para mitra usaha dalam mengakses program Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk menjaga kelangsungan usaha di masa pandemi. Mitra usaha Gojek dapat mendaftarkan pinjaman KUR Super Mikro dengan Suku…
 
Nasional
11 jam yang lalu
Pertamina Lubricants Bantu Fasilitas Belajar Online Untuk Panti Asuhan
PT Pertamina Lubricants melalui salah satu pabrik pelumasnya Production Unit Jakarta (PUJ) menyalurkan bantuan fasilitas penunjang pembelajaran online untuk delapan panti asuhan di wilayah sekitar pabrik. Bantuan yang diberikan berupa 220 paket data, 2 modem internet, 10 alat eletronik…
 
Nasional
11 jam yang lalu
Sambut HUT ke-75 KAI, Tiket Kereta Api Diskon 25 Persen
PT Kereta Api Indonesia (Persero) memberikan diskon tiket sebesar 25 persen, sehingga pelanggan cukup membayar 75 persen dari harga normal.
 
Nasional
11 jam yang lalu
BirdKirim, Solusi Layanan Logistik dari Bluebird di masa PSBB
Bluebird sebagai solusi layanan transportasi menawarkan solusi atas kelancaran aktivitas dan kebutuhan masyarakat selama beraktivitas di rumah melalui program layanan logistik yaitu BirdKirim.
Dummy