Aldhi Chandra
Selasa, 28 Juli 2020 - 13:19 WIB

Realisasi PEN BTN Capai Rp 3 Triliun

Foto/Roni.M/ECONOMICZONE
Foto/Roni.M/ECONOMICZONE
Dummy

ECONOMIC ZONE - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. terus memacu penyaluran kredit dari penempatan dana negara. Perseroan mencatat angka realisasi penyaluran kredit mencapai sekitar Rp3 triliun dalam satu bulan penempatan dana atau terhitung sejak 25 Juni hingga 23 Juli 2020. 

Direktur Finance, Planning, and Treasury Bank BTN Nixon LP Napitupulu mengatakan perseroan berkomitmen meningkatkan penyaluran kredit dari penempatan dana negara tersebut. “Kami terus memacu penyerapan anggaran tersebut dengan mengandalkan jaringan dan infrastruktur yang kuat di sektor perumahan. Selama satu bulan ini, kami telah mencatatkan penyaluran kredit sekitar Rp3 triliun,” jelas Nixon di Jakarta, Jumat (24/7). 

Nixon merinci, penyaluran terbesar emiten bersandi saham BBTN ini masih didominasi kredit ke sektor non Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Segmen non-UMKM tersebut menempati porsi sebesar 96% dari total ekspansi atau setara Rp2,8 triliun. Kemudian, porsi sisanya sebesar 4% ditempati segmen UMKM atau setara Rp122,03 miliar. 

Menurut Nixon, langkah perseroan memacu kredit tersebut juga menjadi wujud komitmen Bank BTN membantu pemerintah menanggulangi berbagai dampak ekonomi yang timbul akibat pandemi Covid-19. Upaya lain yang juga telah dilakukan Bank BTN yakni dengan memberikan layanan restrukturisasi bagi para debitur yang terdampak pandemi tersebut. 

Nixon menjelaskan pengajuan restrukturisasi kredit memang mengalami puncak tertinggi pada April dan Mei 2020. Namun, memasuki Juni 2020, permintaan restrukturisasi kredit di perseroan mulai menunjukkan penurunan.

Hingga Juni 2020, lanjut Nixon, Bank BTN telah merestrukturisasi kredit dari 230 ribu debitur dengan total baki debet sekitar Rp36,4 triliun. “Kami proyeksikan angka restrukturisasi kredit tersebut akan terus mengecil hingga Desember 2020 sejalan dengan mulai bergeraknya roda ekonomi. Perhitungan kami posisi restrukturisasi pada Desember 2020 nanti sekitar Rp30 triliun,” tutur Nixon. 

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
13 jam yang lalu
Trafik Penerbangan Terus Meningkat, AP I Tindak Tegas Calon Penumpang yang Tak Patuhi Protokol Kesehatan
PT Angkasa Pura I (Persero) tegas menerapkan protokol kesehatan perusahaan terkait pencegahan penyebaran Covid-19 di lingkungan bandara.
 
Nasional
13 jam yang lalu
KAI Jakarta Gelar Diskon hingga Tiket Gratis, Ini Daftar Lengkapnya
Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 RI, PT KAI (Persero) Daop 1 Jakarta memberikan berbagai promo khususnya untuk layanan angkutan penumpang Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ).
 
Nasional
14 jam yang lalu
Obligasi BTN Oversubscribed 1,8 Kali
Obligasi Berkelanjutan IV Bank BTN Tahap I Tahun 2020 sukses mencatatkan kelebihan permintaan (oversubscribed) sebanyak 1,8 kali pada periode penawaran awal (bookbuilding) yang berlangsung pada 10-23 Juli 2020. 
 
Nasional
12/08/2020 23:53 WIB
Dukung Pemerintah dalam Perangi COVID-19 PTPP Perketat Penyebaran Virus di Lingkungan Perusahaan
PT PP (Persero) Tbk, salah satu perusahaan konstruksi dan investasi terkemuka di Indonesia (“Perseroan”) terus menekan penyebaran Corona Virus-19 (“COVID-19”) yang berada di sekitar lingkungan kerja perusahaan baik di perkantoran maupun di lingkungan proyek.
 
Nasional
12/08/2020 23:43 WIB
Wujudkan Perlindungan Bagi Seluruh Pekerja, Wapres Serahkan Paritrana Award 2019
Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) bersama dengan BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) kembali memberikan apresiasi kepada pemerintah daerah dan para pelaku usaha yang memiliki komitmen serta dukungan terhadap pelaksanaan jaminan sosial…
 
Nasional
12/08/2020 23:37 WIB
Di Depan Pengusaha, Menaker Ida Ungkap Strategi Hadapi Tranformasi Ketenagakerjaan
Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, mengungkapkan berbagai strategi menghadapi transformasi ketenagakerjaan akibat Revolusi Industri 4.0 dan dampak pandemi Covid-19.
 
Nasional
11/08/2020 19:22 WIB
Merambah Bisnis Di Luar Akomodasi, OYO Indonesia Luncurkan Kopi Cinta
Merespon perkembangan budaya ngopi dan meningkatnya permintaan akan produk F&B di jaringan hotelnya, OYO Hotels and Homes, jaringan akomodasi terkemuka di Indonesia kembali meluncurkan inovasi terbaru di industri hospitality dengan meluncurkan brand kopi independen bernama ‘Kopi…
Dummy